Hati-Hati, Kosmetik Oplosan Bisa Menimbulkan Kerusakan Fatal Pada Tubuh

Komentar

Gamabr ilustrasi dilansir dari plus.google.com

Viral, kosmetik oplosan dan pernah di "endorse" artis...

Bunda wajib waspada, karena menurut dokter kosmetik jenis tersebut sungguh sangat berbahaya.

Pastikan produk kosmetik yang bunda beli ada izin BPOM, serta bunda harus jeli...

Terungkapnya kasus kosmetik ilegal yang berawal dari aduan masyarakat lalu di telusuri polisi hingga ditemukanlah sebuah rumah kecantikan di Kediri, Jawa Timur yang dijadikan tempat praktik, sekaligus menjajakan berbagai jenis produk kecantikan bermerek Derma Skin Care, atau DSC.

Rumah kecantikan itu dikelola seorang perempuan berinisial KIL, kini tersangka dan ditahan.

"Produk-produk yang dibuat tersangka belum mendapatkan izin dari BPOM dan Dinas Kesehatan tapi sudah dijual," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Markas Polda Jatim, Surabaya, pada Selasa 4 Desember 2018 seperti yang dilansir dari viva.co.id.

Ratusan produk kecantikan yang diamankan kepolisian dari rumah tersangka, beragam jenis mulai dari merk terkenal yang kemudia di oplos jadi produk DSC.

Direktur Krimsus Polda Jatim, Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan mengatakan bahwa tersangka KIL sudah menjalankan praktik ilegalnya sejak dua tahun lalu.

Produk kecantikan hasil olahan tersangka dijual secara manual dan online. "Produk kecantikan tersangka ini sudah beredar di enam kota besar di Indonesia," ujarnya.

Untuk melancarkan bisnis ilegalnya, kata Yusep, tersangka bekerja sama dengan enam artis yang lagi kondang sebagai endorse atau pendukung di media sosial Instagram.

Tersangka mampu menggandeng artis sebagai endorse, karena meraup keuntungan berlimpah dari bisnis ilegalnya itu. "Omzetnya tiga ratus jutaan per bulan," katanya.

Kosmetik Oplosan Sangat Berbahaya

Beberapa orang melihat hasrat manusia menjadi cantik hanya sebagai cara meraih keuntungan.

Sayangnya, efek kosmetik semacam ini untuk kesehatan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Dikutip dari liputan6.com, menurut Eddy Karta, seorang dokter ahli kulit, kosmetik sejenis bisa menimbulkan aneka jenis kerusakan pada tubuh, baik ringan maupun berat.

Kenyataannya di Indonesia, produk kosmetik berbahaya bukan hanya produk berharga murah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan puluhan produk kosmetika mengandung merkuri, rhodamine dan zat warna berbahaya, beredar di pasar Indonesia.

Sebagian di antaranya berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Alhasil, konsumen harus jeli memilih produk. Konsumen sebaiknya memastikan ada izin BPOM tertera pada kemasan produk.
Top