Pada Hari Kiamat, Orang-Orang Ini Akan Bangkit Dengan Wajah Penuh Cahaya

Komentar

Orang-orang yang wajahnya bersinar saat penghitungan amal di padang mahsyar (sumber via infoyunik.com)

MasyaAllah,..

Seperti yang kita ketahui kelak di padang mahsyar matahari sampai satu jengkal dengan kepala kita. Bagaimana coba rasanya?

Namun, Inilah Orang-orang yang kelak di padang mahsyar akan berwajah penuh cahaya, dan tak akan kepanasan, karena sudah melakukan amal perbuatan ini.

Kiamat menjadi hari yang ditakuti oleh umat manusia. Bagaimana tidak, ketika hari itu tiba berarti menandakan berakhirnya peradaban dunia. Setelah kiamat terjadi, manusia akan kembali di bangkitkan di Padang Mahsyar.

Dalam sebuah surat di Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa manusia akan dibangkitkan dengan wajah yang berbeda-beda sesuai dengan amalan yang mereka lakukan selama di dunia.

Bagi orang yang banyak berbuat dosa maka akan dibangkitkan dengan wajah yang hitam dan suram.

Namun ada pula yang dibangkitkan dengan wajah putih berseri dan ceria karena amalan yang telah mereka kumpulkan selama di dunia.

Lantas, siapa sajakah orang yang akan dibangkitkan dengan wajah berseri lagi ceria tersebut?

Baca Juga :

Berikut orang-orang yang kelak di padang mahsyar wajahnya akan cerah seperti cahaya :

1. Orang yang Jika Mendengar Adzan Segera Mengambil Wudhu

Orang pertama yang dibangkitkan dengan wajah ceria saat hari kiamat adalah orang yang jika mendengar adzan bergegas untuk segera mengambil wudhu.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa jika hari kiamat telah tiba maka Allah SWT akan mengumpulkan suatu kaum yang wajahnya laksana bintang-bintang di angkasa. Dan para malaikat bertanya kepada mereka, “Apa amalan yang kalian kerjakan selama hidup di dunia?”

Mereka pun menjawab,
“Setiap kami mendengar adzan, segera kami bergegas mengambil air wudhu atau bersuci.”

2. Orang yang Rajin Salat Berjamaah dan Mengambil Wudhu Sebelum Adzan

Selain golongan di atas, ada pula golongan orang yang wajahnya ceria saat dibangkitkan di hari kiamat yakni mereka yang rajin salat berjamaah dan mereka berwudhu sebelum adzan berkumandang.

Orang yang wajahnya berseri-seri laksana rembulan yang memancarkan sinar terangnya. Para malaikat bertanya, “Apakah yang kalian kerjakan sewaktu hidup di dunia?”

Mereka menjawab,
“Kami selalu mempersiapkan diri untuk shalat berjamaah. Jauh sebelum azan dikumandangkan, kami telah berwudhu.”

3. Orang yang Saat Waktu Salat Tiba Telah Berada di Masjid dan Berwudhu Sebelum Adzan Berkumandang 

Orang terakhir yang datang dengan wajah ceria saat hari kebangkitan adalah mereka yang saat waktu salat tiba sudah berada di masjid dan mereka berwudhu sebelum adzan berkumandang. 

Mereka akan datang dengan wajah berseri-seri laksana matahari yang memancarkan cahaya terang benderang.

Seperti biasa, para malaikat pun bertanya kepada mereka, “Amalan apa yang telah kalian lakukan selama hidup di dunia?” 

Mereka menjawab,
“Kami secara tekun mengikuti shalat berjamaah. Setiap waktu shalat tiba, kami telah siap di masjid, sebelum adzan dikumandangkan"

Seperti yang dilansir oleh infoyunik.com, dari ketiga golongan yang datang dengan wajah ceria dapat disimpulkan bahwa mereka semua adalah orang yang menjaga wudhunya.

Seperti yang kita ketahui bahwa wudhu menjadi salah satu hal untuk mensucikan diri sebelum melaksanakan salat. Selain itu, berwudhu juga dilakukan ketika  hendak menyentuh Al-Qur’an yang menjadi kitab suci umat muslim.

Dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhori juga telah dijelaskan bahwa Rasulullah dapat mengenali umatnya yang memiliki wajah putih berseri karena mereka selalu menjaga wudhunya, tidak hanya wajah mereka yang bercahaya tetapi juga tangan, kaki, dan dahinya.

Maka beruntunglah bagi kaum muslimin yang senantiasa menjaga wudhu mereka selama hidup mereka di dunia.

Hal itu karenakan wudhunya tersebut dapat menjadi penerang bagi dosa-dosa kecil yang pernah diperbuat selama di dunia.

Demikianlah informasi mengenai orang-orang yang dibangkitkan dengan wajah ceria dan penuh cahaya saat hari kiamat kelak.

Ternyata mereka merupakan golongan yang senantiasa menjaga wudhunya sebelum melaksanakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Semoga kita termasuk dalam golongan yang demikian itu. Aamiin

Wallahu A'lam.
Top