Manfaat Gotong Royong Lengkap dengan Gambar Gotong Royong

Komentar

Kerja bakti via revolusimental.go.id

Ingin melihat gambar gotong royong? Ingin tahu apa saja manfaat dan contoh dari gotong royong? Yuk simak penjelasan lengkapnya disini.

Gambar Gotong Royong di Sekolah dan di Masyarakat. Selamat pagi, dapat berjumpa lagi bersama kita yang selalu setia buat update dan share. Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai manfaat gotong royong beserta gambar gotong royong disekolah. “Kaget lihat kelas sudah ganti warna. Kemarin itu baru datang sekolah kan pertama berbaris, terus sudah datang dari yayasan, ngecat." Ternyata gotong royong juga memiliki beberapa manfaat. Apa saja itu? Yuk simak bersama dan lihat gambar gotong royong disekolah dan masyarakat.

Manfaat dan Contoh Gotong Royong Bagi Masyarakat dan Sekolah

1. Menumbuhkan rasa solidaritas.

Jika kebudayaan gotong royong tetap terjaga dalam kehidupan bermasyarakat tentunya solidaritas antar warga akan terjalin dengan baik.

2. Menumbuhkan sikap kebersamaan.

Dalam suatu lingkungan tentunya harus terjalin kerukunan antar penghuninya. Dengan adanya gotong royong kita sering kali berinteraksi dengan tetangga dan masyarakat sekitar sehingga akan menumbuhkan sikap kebersamaan dalam sebuah lingkungan, baik lingkup RT, RW, maupun lingkup yang lebih besar.

3. Meringankan beban pekerjaan

Sewaktu saya kecil dulu gotong royong menjadi hal yang sering dilakukan oleh penduduk desa baik dalam pembuatan rumah, jembatan, pengerasan jalan, dll. Dengan pengerjaan yang dilakukan orang banyak tentu pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan & lebih ringan dalam mengerjakannya.

Dengan mengetahui banyak manfaat gotong royong bagi masyarakat tentunya kita semua tidak ingin kehilangan budaya yang sangat mulia tersebut. Namun apa daya, tuntutan pekerjaan & rutinitas kehidupan sehari-hari mau tidak mau pasti akan melunturkan kebudayaan khas Indonesia ini.

Contoh Gotong Royong Di Masyarakat Dan Di Sekolah

Di Masyarakat

Contoh gotong royong dalam masyarakat sangatlah mudah kita temukan dilingkungan kita, diantaranya adalah:
•    Membersihkan jalan kampung dan selokan.
•    Membangun poskampling dengan swadaya masyarakat sekitar dan,
•    Membersihkan gorong-gorong di lingkungan dusun.

Di Sekolah

•    Membersihkan lingkungan kelas dan lingkungan sekolah.
•    Mengecat pagar sekolah.
•    Membersihkan dan menanam tanaman di taman sekolah.

Gambar Gotong Royong


Semangat via hulungsungaiutara.kalsel.polri.go.id


Kerjasama via sdnlianganggang2.blospot.com


Semangat bersama via karebatoraja.com


Kebersamaan via basasunda.com


Kebersihan via kknm.unpad.ac.id

Semoga artikel manfaat gotong royong dan gambar gotong royong bagi masyarakat Indonesia di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi sekaligus motivasi untuk senantiasa menjaga kebudayaan luluhur kita. Semoga bermanfaat.
Top