Fakta Baru, Gempa Misterius Terdeteksi Alat Sensor Seluruh Dunia! Kiamat Sudah Dekat?

Komentar

Gambar ilustrasi dilansir dari tribunnews.com

Naudzubillah...

Apapun itu kiamat pasti datang, tinggal kita memilih kembali kepada Allah atau terus berbuat maksiat.

Baru-baru ini para ahli geologi dibuat terkejut dengan munculnya sebuah gelombang seismik misterius yang menjalar ribuan kilometer ke seluruh dunia.

Berikut fakta-faktanya....

Para ahli geologi dibuat terkejut dengan munculnya sebuah gelombang seismik misterius yang menjalar ribuan kilometer ke seluruh dunia.

Gelombang seismik misterius yang tidak bisa dirasakan oleh seorang pun di permukaan Bumi itu tertangkap sensor gempa di Afrika, Kanada, Selandia Baru, dan Hawaii.

Penemuan gelombang seismik tersebut berawal dari aktivitas penggiat gempa bumi di Selandia Baru yang sedang memantau tampilan data real-time seismogram online milik Survei Geologi Amerika Serikat.

Dilansir dari ABC Australia, menurut data seismogram tersebut, gelombang seismik itu bermula dari lepas pantai Mayotte, sebuah kepulauan Perancis di Samudra Hindia yang terletak di antara Madagaskar dan Afrika.


Laporan ABC Australia

Data tersebut kemudian diunggah di Twitter yang langsung mendapat respons dari para ahli geologi di seluruh dunia.

Mereka merasa heran ada getaran gempa yang tidak bisa dirasakan manusia tapi terpantau oleh sensor gempa di seluruh dunia.

Para ahli juga merasa bingung dalam menyimpulkan asal usul gelombang seismik yang aneh itu.

Tidak seperti gempa bumi pada umumnya, bacaan dari getaran atau tremor Mayotte memperlihatkan gelombang frekuensi rendah yang konsisten.

Getaran halus itu berlangsung lebih dari 20 menit. Seolah planet kita berdering seperti lonceng.

Padahal getaran gempa bumi tradisional menghasilkan sentakan dari berbagai gelombang frekuensi tinggi yang menimbulkan guncangan hebat.

Memicu Spekulasi di Jagat Maya

Kemunculan gelombang seismik misterius itu memicu spekulasi tentang penyebab dan asal usulnya.

Ada yang menyebut gelombang seismik aneh itu disebabkan oleh uji coba nuklir rahasia. Sementara yang lain mengatakan penyebabnya adalah monster laut atau meteor jatuh.

Namun Goran Ekstrom, seorang ahli seismologi di Universitas Columbia, mengatakan kepada National Geographic, bahwa penyebab gelombang seismik tersebut bukan seperti yang diutarakan oleh orang-orang.

Profesor Ekstrom mengemukakan bahwa fenomena seismik tersebut adalah sebuah gempa bumi yang terjadi secara lambat.

Gempa bumi lambat lebih tenang daripada gempa tradisional karena terjadi akibat pelepasan stres secara bertahap yang dapat berlangsung selama periode waktu yang signifikan.

"Tetap mengalami deformasi yang sama, tetapi tidak disertai oleh sentakan," kata Profesor Ekstrom seperti dikutip dari ABC.

Bisa Karena Perpindahan Magma di Perut Bumi

Sejak Mei tahun ini, area di lepas pantai Mayotte telah mengalami apa yang dikenal sebagai 'kolam gempa bumi' yaitu tempat terjadinya ratusan peristiwa seismik selama beberapa hari atau minggu.

Tetapi aktivitas geologi ini telah berkurang secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, analisis oleh Survei Geologi Prancis menunjukkan bahwa gelombang aneh itu menandakan adanya gerakan massa magma di bawah kerak bumi, seperti runtuhnya ruang dapur magma.

Republik Demokratik Kongo pernah mengalami peristiwa serupa pada tahun 2002. Saat itu sebuah gempa bumi lambat dan gelombang seisimik frekuensi rendah telah dikaitkan dengan runtuhnya ruang dapur magma di bawah Gunung Nyiragongo.

Baca Juga: Tanda Datangnya Hari Kiamat, Gempa Bumi dan Kebenaran Sabda Rasulullah Saw!

Sebelum Kiamat, Gempa Bumi Tejadi di Mana-mana

Dikutip dari islampos.com, Gempa bumi akan terjadi di mana-mana sebelum datangnya kiamat. Gempa bumi ini berlagsung secara terus menerus. Gempa bumi bisa menjadi rahmat dari Allah SWT. Tapi, bisa pula berupa hukuman kepada manusia akibat merebaknya kerusakan.

Salah satu bentuk kerusakan ialah adanya bencana alam. Ini memang sesuatu yang ilmiah. Hadir bukan atas dasar keinginan manusia. Melainkan sudah menjadi kehendak Allah SWT.

Hal inilah yang akan terjadi sebelum kiamat. Gempa bumi terjadi di mana-mana. Dan berlangsung secara terus menerus.

Gempa bumi ini bisa merupakan rahmat dari Allah SWT kepada umat ini dan penghapus dosa-dosanya. Seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari, bahwa Rasulullah bersabda, “Umatku adalah umat yang dirahmati Allah. Mereka tidak akan mendapat azab di akhirat. Allah menjadikan azab mereka di dunia, dengan peperangan, gempa bumi dan fitnah (musibah),” (HR. Ahmad dan Hakim. Imam Hakim menilai hadis ini berkualitas shahih).

Gempa bumi itu juga bisa merupakan hukuman untuk manusia akibat merebaknya kerusakan. Sehingga, gempa bumi itu menjadi azab dan hukuman bagi penduduk pada satu masa.

Abu Hurairah RA meriwayatkan, bahwa Rasulullah bersabda, “Hari kiamat belum akan terjadi sampai ilmu diangkat dan gempa bumi banyak terjadi di mana-mana,” (HR. Bukhari).

Abdullah ibn Hawalah al-Azdi RA meriwayatkan, bahwa Rasulullah bersabda, “Wahai ibnu Hawalah, apabila engkau melihat khilafah sudah memasuki tanah-tanah suci, maka gempa bumi, malapetaka, perkara-perkara besar, dan hari kiamat lebih dekat kepada manusia ketimbang tanganku ini dari kepalamu,” (HR. Abu Daud).

Apapun itu Wallahu A'lam...
Top