Clift Sangra Bongkar Isi Surat Wasiat Suzzanna, Misteri Pemakaman Diam-diam Akirnya Terungkap

Komentar

Clift Sangra tunjukkan surat wasiat Suzzanna youtube/trans tv

Masih saja bikin merinding...

Setelah 10 tahun berlalu, Clift Sangra akhirnya memerlihatkan surat wasiat Suzzanna sebelum meninggal dunia.

Terkuak, ini alasan Ratu horor Suzzanna dimakamkan diam-diam dan membuat bayak penggemarnya penasaran.

Kepergian Suzzanna, sang Ratu Horor Indonesia masih menyisakan misteri. Banyak yang penasaran dengan penyebab kematian Suzzanna karena pemakamannya berlangsung secara diam-diam.

Kini, setelah 10 tahun berlalu, Clift Sangra akhirnya memerlihatkan surat wasiat Suzzanna sebelum meninggal dunia.

Clift Sangra pernah mengatakan kalau ia menguburkan Suzzanna secara diam-diam karena permintaan sang Ratu Horor sebelum meninggal dunia.

Dalam acara Rumpi, Clift Sangra juga mengatakan Suzzanna tidak ingin ada bunga selain melati di pemakamannya.



"Sebelum meninggal, Suzzanna juga pernah bilang 'Pah kalau besok aku udah meninggal, tolong ya makamku tidak boleh ada bunga lain selain melati'," ujar Clift Sangra.

Clift Sangra tak mengerti alasan Suzzanna tidak ingin ada bunga selain melati di tanah pemakamannya.

Ia hanya menjalankan perintah Suzzanna sebelum meninggal untuk membuang bunga selain melati yang ada di pemakaman.

"Dari kecil sudah suka melati, saya kenal itu sudah suka melati. Jadi kalau ada yang nanti ngasih mawar atau kantil (Suzzanna bilang) tolong makamku disapu bersih, dibuang ya pah," katanya.

Terkait pemakaman yang berlangsung diam-diam, Clift Sangra akhirnya menunjukkan surat wasiat Suzzanna sebelum meninggal.


Clift Sangra tunjukkan surat wasiat Suzzanna youtube/trans tv

Sejak 2004 silam, Suzzanna sudah menulis surat wasiatnya mengenai prosedur pemakamannya yang hanya boleh dilakukan oleh suaminya, Clift Sangra.

Suzzanna meminta pihak keluarga dan orang lain tidak ikut campur dalam pemakamannya di hari kepergiannya.

Ia juga tidak berkenan jenazahnya diletakkan ke dalam peti mati dan dilihat banyak orang.

"Jadi kurang lebih begini pernyataannya (di surat wasiat) Rabu 26 Mei 2004, Nyonya Suzzanna lahir di Bogor agar pada supaya nanti pada saat meninggal dunia tidak merepotkan keluarga dan orang lain.

Saya menunjuk suami saya yaitu Clift Andro Natalia (Clift Sangra) untuk menangani segala urusan yang berkenaan dengan pemakaman diri saya.

Oleh karena itu, saya mohon kepada pihak keluarga saya atau siapa pun tidak usah ikut campur dalam urusan pemakaman. Cukup kematian atau pemakaman diri saya ditangani oleh suami saya dan kalau sekiranya diperlukan seorang dokter untuk keperluan visum serta perangkat kerukunan lingkungan yaitu RT dan RW

Saya juga tidak berkenan atas kematian saya diadakan upacara keluarga. Apalagi jenazah saya sampai ditaruh di peti mati dan dipertontonkan," ucap Clift Sangra membaca surat wasiat Suzzanna.

Sebelum meninggal, Clift sempat menanyakan alasan Suzzanna tidak ingin orang lain melihat jenazahnya atau mengurus pemakamannya.

Ternyata Suzzanna tidak ingin orang lain menyaksikan penampilannya dalam keadaan pucat dan kaku.

"Aku mau kalau aku meninggal yang ada dipikiran orang itu aku Suzzanna yang cantik seperti di film, Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong. Jangan mereka lihat aku di peti mati dalam keadaan kaku dan pucat. Jadi mau image di masyarakat Suzzanna itu tetap cantik seperti di film, itu tujuannya," jelas Clift Sangra.

Suzzanna juga menuliskan surat wasiatnya lagi pada 2007 yang menerangkan tentang pembagian warisan.


Clift Sangra tunjukkan surat wasiat Suzzanna youtube/trans tv

Dalam surat wasiat tahun 2007, Suzzanna menuliskan dua orang yang berhak menerima harta warisannya adalah suaminya Clift Sangra dan anaknya Rama Yohannes.

"Harta kekayaan saya yang ada pada saat saya meninggal dunia, baik yang berupa benda bergerak maupun benda tetap yang berupa deposito maupun bangunan rumah tinggal serta di mana pun lokasi dan wujudnya.

Diserahkan kepada suami saya Clift Andro Natalia, anak saya Rama Yohannes secara bersama untuk bagian yang sama," ucap Clift Sangra membaca isi surat wasiat.

Selain itu, Suzzanna juga menegaskan tidak akan memberikan harta kekayaan peninggalannya kepada anaknya, Kiki Maria.


Clift Sangra tunjukkan surat wasiat Suzzanna youtube/trans tv

"Untuk anak saya Kiki Maria dengan ini saya menyatakan bahwa dia tidak berhak mewarisi harta kekayaan peninggalan saya yang masih ada," lanjut Clift Sangra.

Keputusan Suzzanna tidak memberikan warisan kepada Kiki Maria pun bukan tanpa alasan.

Suzzanna menuliskan dalam surat wasiatnya bahwa ia ingin mendidik Kiki Maria agar mampu menghormati seorang ibu.

Ia juga menceritakan bahwa Kiki Maria sudah menyakiti hatinya sebagai seorang ibu yang telah melahirkan, membesar dan merawatnya penuh kasih sayang.

Meski begitu, Suzzanna menjelaskan jika ia sudah banyak memberikan harta kekayaannya kepada Kiki Maria semasa hidup.

Kiki Maria telah mendapatkan bagian berupa uang tunai, deposito, bangunan rumah tinggal dan beberapa kebutuhan hidup selama Suzzanna hidup, meski Kiki sudah berumah tangga.

Suzzanna menulis surat wasiat itu dalam keadaan sadar dan melibatkan notaris. Clift Sangra juga menunjukkan tanda tangan asli di atas materai yang tertera di surat wasiat Suzzanna.

Bahkan surat wasiat Suzzana tersebut sudah didaftarkan dan disahkan oleh Balai Harta Peninggalan Semarang.
Top