Wajib Tahu! Detail Game Berbahaya yang Dimainkan Anak, Ini Alasannya

Komentar

Image from dream.com

Awas salah bun, niatnya mau memberi hiburan anak namun bisa akibatkan petaka, Lho!!

Main game memang sangat mengasyikkan dan bisa bikin siapa saja, terutama anak-anak jadi lupa waktu. 

Meski bermain game sudah menjadi hal yang “wajar” untuk anak-anak, namun bunda harus perhatikan ini,..

Teknologi digital yang terus berkembang seperti sekarang membuat anak dengan mudah memainkan game. Bukan hanya video game yang dimainkan layar besar menggunakan konsol, tapi juga game yang ada di ponsel termasuk game oneline.

Sekilas mungkin tampak seperti permainan biasa, tapi pada beberapa permainan terdapat aksi kekerasan. Mulai dari menendang, memukul, hingga penuh gambar darah. Tanpa disadari juga muncul adegan yang bernuansa pornografi.

"Bermain game tentu saja sangat menyenangkan bagi anak. Orangtua sering lupa dan tak terlalu memperhatikan kalau unsur kekerasan pada game sangat tinggi. Pada anak, mereka akan sangat suka menirunya," ujar Natalie Chris, seorang pakar pengasuhan anak, dikutip dari MomJunction.

Gerakan pada game seperti bermain pedang, menendang, memukul pun diikuti anak tanpa merasa bersalah. Mereka belum mengerti kalau hal itu tak boleh dicontoh. Untuk itu pastikan orangtua selalu tahu game-game yang dimainkan anak.

"Jangan langsung memberi dan mengizinkannya bermain game begitu saja. Cari tahu dulu isinya, detailnya. Jika dirasa penuh kekerasan dan tak sesuai untuk anak, jangan segan untuk melarangnya," ungkap Chris.

Kini banyak game-game menyenangkan dan bernuansa edukatif untuk anak. Cobalah lebih aktif mencari tahu dan selektif dalam memilih permainan untuk buah hati. Game penuh kekerasan banyak sekali di pasaran, jangan sampai membawa dampak buruk pada perilaku anak.

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan dan ingin tetap mengawasi anak bunda, coba gunakan cara bijak ini.

Salah satu cara bijak tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi pengawasan orangtua atau lebih dikenal dengan parental control.

Aplikasi semacam ini sangat membantu orangtua dalam mengontrol aktivitas anak dengan gadget-nya. Berikut ini kami pilihkan enam (6) aplikasi parental control untuk perangkat Android dan iOS agar kegiatan anak saat bermain gadget dapat dipantau.

1. Kids Place

Aplikasi ini berfungsi untuk melindungi data pribadi dan membatasi akses aplikasi tertentu kepada anak. Kids Place juga memiliki fitur yang dapat mencegah anak-anak mengunduh (download) aplikasi baru, melakukan panggilan telepon, atau aktivitas lainnya yang memerlukan biaya. Menurut deksripsi yang tertera pada toko aplikasi Play Store, aplikasi ini sangat membantu bagi para orangtua yang memiliki anak berumur di bawah emat tahun dan aktif menggunakan gadget.

2. Kid Mode



Fungsi dari Kid Mode tak berbeda jauh dengan aplikasi Kids Place. Namun, aplikasi ini memiliki kelebihan dengan dibekalinya fitur video chat khusus untuk sesama anggota keluarga. Selain itu, Anda pun dapat mengaturnya untuk secara konstan (per minggu atau bulan) mengirimkan email yang berisikan laporan alamat-lamat situs mana saja yang diakses oleh Anak Anda.

3. AppsNotifier

Tak jarang anak-anak membeli atau mengunduh sebuah aplikasi tanpa seijin orang tuanya. Mungkin tak terlalu jadi masalah jika harganya murah. Namun, bagaimana jika harga aplikasi tersebut cukup menguras kantong Anda?  Dengan AppsNotifier, Anda akan terhindar dari masalah ini. Setiap kali ada pembelian aplikasi, AppsNotifier akan memberitahukan Anda melalui e-mail dan memblok aplikasi tersebut dari proses unduh sebelum Anda memasukan kode password persetujuan.

4. Kids Lock

Fitur yang diusungnya secara keseluruhan serupa dengan aplikasi Kids Place. Namun, aplikasi ini disertai fitur lock screen khusus yang hanya bisa diakses oleh para orangtua.

5. Norton Online Family

Jika Anda memberikan akses online internet untuk anak, Anda bisa wajib membekali perangkat mobile Anda dengan Norton Online Family yang dapat memantau aktivitas internet anak. Aplikasi besutan produsen anti virus ternama dunia ini dapat memblok halaman yang tidak Anda inginkan, atau mengetahui dengan siapa dia melakukan chatting, sehingga dapat terhindar dari kejadian cyberbullying ataupun jenis kejahatan cyber lainnya.

6. Phone Control



Aplikasi yang satu ini mungkin lebih dikhususkan bagi para orangtua yang benar-benar paranoid dengan perilaku anaknya ketika menggunakan gadget pintar. Aplikasi Phone Control mampu memonitor semua yang terjadi dengan gadget yang digunakan anak Anda. Aplikasi ini akan memberitahukan semua SMS yang masuk dan keluar, tak terkecuali pengambilan foto, panggilan telepon, dan lokasi gadget. Hebatnya lagi, Anda tak perlu khawatir akan ketahuan sedang mengawasi oleh anak Anda, sebab semua kemampuan tersebut berjalan tanpa sepengetahuan anak Anda, bahkan tampilan icon aplikasi ini pun tak akan muncul di layar menu utama, dan hanya bisa diakses via menu setting aplication.

Demikian, semoga bermanfaat,..
Top