Penting Diketahui! Ini Jumlah Sebenarnya Kitab yang Diturunkan Allah Kepada Nabi dan Rasul

Penulis Alif Hamdan | Ditayangkan 06 Nov 2018
Penting Diketahui! Ini Jumlah Sebenarnya Kitab yang Diturunkan Allah Kepada Nabi dan Rasul
Ilustrasi buku (sumber via konsultasisyariah.com)

Wajib tahu!!

Mungkin kebanyaakan orang hanya mengetahui 4 kitab saja. Sebenarnya jumlah kitab yang diturunkan Allah kepada nabi dan rasul yakni sangat banyak. 

Berikut penjelasan lengkapnya..

Kewajiban bagi setiap muslim adalah mengimani secara global semua kitab yang Allah turunkan kepada para nabi dan rasul-Nya.

Allah ajarkan prinsip ini dalam al-Quran,

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِه

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.” (QS. al-Baqarah: 285)

Allah juga berfirman,

وَقُلْ آمَنْتُ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنْ كِتَاب

“dan katakanlah: “Aku beriman kepada semua Kitab yang diturunkan Allah” (QS. as-Syura: 15)

Yang dimaksud mengimani secara global adalah kita meyakini keberadaan kitab-kitab yang telah Allah turunkan kepada para utusan-Nya dan meyakini kebenaran berita maupun ajaran yang ada di dalamnya.

Sementara mengimani kitab-kitab langit secara lebih terperinci, seperti al-Quran, taurat, injil, atau suhuf-suhuf yang diturunkan kepada sebagian nabi. Seperti yang Allah firmankan,

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقاً لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَأَنْزَلَ التَّوْرَاةَ وَالْأِنْجِيلَ

“Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil.” (QS. Ali Imran: 3)

Allah juga berfirman, menceritakan suhuf Ibrahim dan Musa,

إِنَّ هَذَا لَفِي الصُّحُفِ الْأُولَى* صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى

Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu, (yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa. (QS. al-A’la: 18-19)

Sementara mengenai jumlahnya, apakah sampai ratusan kitab dan apa saja namanya, selama kita tidak memiliki dalil shahih tentang itu, maka sikap yang benar adalah diserahkan kepada ilmu Allah.

Baca Juga :

Terdapat sebuah hadis dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu, bahwa beliau pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berapa jumlah kitab yang telah Allah turunkan?”

Jawab Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مِائَةُ كِتَابٍ وَأَرْبَعَةُ كُتُبٍ أُنْزِلَ عَلَى شِيثٍ خَمْسُونَ صَحِيفَةً وَأُنْزِلَ عَلَى أَخْنُوخَ ثَلَاثُونَ صَحِيفَةً وَأُنْزِلَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ عَشَرُ صَحَائِفَ وَأُنْزِلَ عَلَى مُوسَى قَبْلَ التَّوْرَاةِ عَشَرُ صَحَائِفَ وَأُنْزِلَ التَّوْرَاةُ والإنجيل والزبور والقرآن

Ada 104 kitab. Yang diturunkan kepada Nabi Syits 50 Suhuf, diturunkan kepada Nabi Ukhnukh (Idris) 30 Suhuf, yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim 10 Suhuf, yang diturunkan kepada Nabi Musa sebelum taurat 10 Suhuf. Allah juga menurunkan Taurat, Injil, dan al-Qur’an. (HR. Ibnu Hibban 361, Abu Nua’im dalam Hilyah al-Auliya, 1/167)

Kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi dan Rasul semuanya berjumlah 104 kitab, dengan rincian sebagai berikut :

1. 10 kitab kepada Nabi Adam AS (Bapaknya manusia)

2. 50 kitab kepada Nabi Syis AS (Nabi Syis adalah putera Nabi Adam yang paling ganteng yang wajahnya mirip dengan Nabi Adam, usianya 712 tahun)

3. 30 kitab kepada Nabi Idris AS (Kakek dari ayah Nabi Nuh AS, di sebut Idris karena banyak mempelajari Kitab-kitab, Nabi Idris merupakan orang pertama yang menuls menggunakan qalam, menciptakan ilmu nujum dan hisab, beliau juga orang pertama yang menjahit pakaian, karena sebelumnya orang menggunakan kulit sebagai pakaian, dan beliau jugalah orang pertama yang membuat senjata untuk memerangi orang-orang kafir), seperti yang dilansir oleh alkaubiyah.com

4. 10 kitab kepada Nabi Ibrahim AS

5. Kitab Injil kepada Nabi Isa AS

6. Kitab Taurot kepada Nabi Musa AS

7. Kitab Zabur kepada Nabi Daud AS

8. Kitab suci Al-Qur’an kepada Nabi kita Muhammad SAW

Di antara kitab-kitab tersebut hanya Al-Qur’an lah yang mendapat jaminan dari Allah SWT, terjaga keaslian  dan kesuciannya, sebagaimana Allah katakan di dalam surat Al-Hijr ayat 9

انا نحن نزلنا الذكر وانا له لحافظون

Sesungguhnya kami yang menurunkan Al-Qur’an, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya. (Al-Hijr : 9)


Al-Qur’an merupakan penyempurna dari kitab-kitab terdahulu, seluruh ma’na-ma’na dari kitab-kitab terdahulu itu terkandung di dalam Al-Qur’an Al-karim.

Dan kita sebagai umat Islam wajib beriman kepada semua kitab-kitab Allah, karena beriman kepada kitab merupakan salah satu rukun iman.
SHARE ARTIKEL