Kunci Kebahagian, Inilah 3 Nikmat yang Sering Dilupakan Manusia Menurut Ibnu Qoyyim

Komentar

Image from blognyafitri.com

Manusia adalah tempatnya lupa dan salah. 

Entah berapa ribu kali Allah memberikan nikmat kepada kita. Mungkin kita tak akan bisa menghitungnya.

Kita juga pasti sering lalai dalam mensyukuri nikmat.

Menurut Ibnul qoyyim inilah 3 nikmat yang sering dilupakan...

Manusia tidak akan pernah bisa menghitung nikmat yang telah Allah Subhanallahu Wata’ala berikan semenjak lahir hingga datangnya kematian. Mereka juga sering lalai untuk mensyukuri nikmat-nikmat tersebut.

Baca Juga :

Dijelaskan Ibnul Qoyyim rahimahullah dari kitab karangannya, Al Fawaid, hal. 165-166, Darul Aqidah, beliau mengatakan bahwa nikmat itu ada 3 macam.

1. Nikmat yang nampak di mata hamba.

Saat ini kita mungkin hanya tahu nikmat yang nampak di hadapan saja, seperti motor, mobil, rumah, dsb.

2. Nikmat yang diharapkan kehadirannya.

Begitu juga kita sering mengharapkan nikmat lainnya seperti berharap agar istiqomah dalam agama ini, berharap dapat melanjutkan studi ke luar negeri, dsb.

3. Nikmat yang tidak dirasakan.

Namun, ada pula nikmat yang mungkin tidak kita rasakan, padahal itu juga nikmat.

Ibnul Qoyyim menceritakan bahwa ada seorang Arab menemui Amirul Mukminin Ar Rosyid, seperti yang dilansir oleh isslampos.com

Orang itu berkata, Wahai Amirul Mukminin. Semoga Allah senantiasa memberikanmu nikmat dan mengokohkanmu untuk mensyukurinya. Semoga Allah juga memberikan nikmat yang engkau harap-harap dengan engkau berprasangka baik pada-Nya dan kontinu dalam melakukan ketaatan pada-Nya. Semoga Allah juga menampakkan nikmat yang ada padamu namun tidak engkau rasakan, semoga juga engkau mensyukurinya. Ar Rosyid terkagum-kagum dengan ucapan orang ini. Lantas beliau berkata, Sungguh bagus pembagian nikmat menurutmu tadi.

Wallahu A'lam
Top