Cara Cek Keberangkatan Haji Anda Sesuai Nomor Porsi Melalui Situs Kemenag

Komentar
kemenag haji via salamatour.com

Bingung menunggu keberangkatan ibadah haji yang tak kunjung pasti? Sekarang Anda gak usah bingung, Anda bisa memastikannya dengan mengunjungi situs Kemenag Haji.

Banyak sekali orang yang mendaftarkan diri untuk pergi ke tanah suci demi menjalankan ibadah haji. Akibatnya kuota keberangkatan haji seringkali menjadi tidak seimbang dan membuat waiting list atau daftar tunggu menjadi semakin bertambah lama.

Nah bagi yang sudah mendaftar untuk pergi haji, jemaah akan memiliki nomor porsi dan berharap untuk bisa segera berangkat haji.

Untuk mengetahui perkiraan keberangkatan, sekarang jemaah bisa memantaunya secara online melalui situs Kemenag Haji. Dengan hadirnya situs ini diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi calon jemaah haji.

Lalu, bagaimana cara mengeceknya di situs Kemenag Haji? Berikut caranya, cara ini kami kutip dari suatu sumber.

Baca Juga : Cara Mudah dan Resmi Daftar Haji Melalui Pemerintah

Cara Cek Keberangkatan Haji Sesuai Nomor Porsi 


ilustrasi keberangkatan haji via borneonews.co.id

Untuk mengetahui perkiraan keberangkatan, kita bisa memantaunya secara online melalui fasilitas yang diberikan Kemenag, yaitu situs Kemenag Haji.

Pengecekan perkiraan keberangkatan dapat dilakukan menggunakan nomor porsi. Seseorang bisa mendaftarkan nomor porsi haji jika telah mendaftar dan memenuhi persyaratan pendaftaran haji sesuai ketentuan, baik keuangan, administrasi dan syarat lainnya.

Apa Itu Nomor Porsi Haji?

Nomor Porsi adalah nomor antrian haji yang diterbitkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Nomor tersebut berisi perkiraan tanggal keberangkatan dalam kalender Hijriah dan Tahun Masehi.

Nomor Porsi didapatkan setelah Anda melakukan pendaftaran sebagai calon jamaah haji. Sebelum Anda mendaftar, maka Anda tidak bisa mendapatkannya. Seperti yang kita tahu, jumlah antrian jamaaah haji di Indonesia sangat banyak. Alangkah baiknya jika melakukan pendaftaran lebih awal sehingga antrian menjadi lebih singkat.

Cara Cek Tanggal Keberangkatan Dengan Nomor Porsi

Untuk selanjutnya, ikuti langkah mudah ini untuk mengecek nomor porsi dan memeriksa keberangkatan haji Anda melalui situs Kemenag Haji :

1. Setelah calon jemaah haji melakukan pembayaran setoran awal haji sebesar 25 juta ke BPS (bank), calon jemaah haji akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH yang mencantumkan nomor porsi haji.


ilustrasi nomor porsi haji via daftarhajiumroh.com

2. Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit dan nomor porsi yang tertera di bukti setoran awal di bank.

3. Masukkan nomor porsi haji tersebut pada formulir cek porsi haji dan tekan tombol CEK.

4. Jika Anda jemaah haji plus, mintalah bantuan travel haji plus tempat Anda mendaftar, bila Anda belum dapat nomor porsi sebagai bukti legal, Anda adalah jamaah yang terdaftar di Depag.

5. Jamaah harus sabar dalam menunggu antrian berangkat, walaupun haji plus saat ini harus antri beberapa tahun.

6. Dengan mendapat nomor porsi berarti Anda adalah jemaah haji kuota Depag Resmi (Haji non-kuota tidak ada nomor porsi)

7. Jika Anda tidak bisa melihat estimasi pemberangkatan calon haji, bisa jadi website Kemenag sedang dalam maintenance server atau server sedang overload.

Anda bisa melakukan cek porsi haji, nanti atau keesokan harinya.

Catatan : 
Perkiraan berangkat dapat berubah, sesuai dengan regulasi. Tergantung kondisi sistem saat itu, pengecekan ini bisa saja tidak memberikan informasi yang diinginkan dikarenakan beberapa kendala.

Untuk validitas informasi sebaiknya hubungi kantor Kemenag urusan haji di wilayah Anda. Selalu cek tanggal keberangkatan Anda secara berkala agar persiapan bisa lebih matang.

Baca Juga : 5 Tabungan Haji Terbaik Buat Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci

Nah, itulah cara mengecek keberangkatan haji Anda melalui situs Kemenag Haji yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan impian haji Anda segera terwujud.
Top