Beruntungnya Orang yang Tahu Dibalik Alasan Dipilihnya Hari Senin dan Kamis Untuk Berpuasa

Komentar

Sumber gambar tribunnews,com

Sungguh beruntung kita menjadi umat Rasulullah.

Seandainya mereka tahu jika di hari kamis itu ada keutamaan yang mereka ketahui, maka mereka akan berlomba-lomba untuk mengamalkan kebaikan ini.

Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah untuk dikerjakan adalah puasa senin dan kamis.

Puasa yang dilakukan setiap pekan di dua hari tersebut memiliki keutamaan untuk menghapus dosa dan meninggikan derajat kita dihadapan Allah SWT.

Lantas, tahukah kamu asal-muasal puasa pada hari senin dan kamis?

Suatu ketika seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “ Ya Rasulullah, kenapa engkau berpuasa pada hari senin dan kamis? “ seketika Rasul pun menjawab, “Ketahuilah saudaraku. Hari senin dan kamis adalah hari dimana aku dilahirkan, hari aku diutus, dan dihari itu wahyu diturunkan untukku” (HR. Muslim, Ahmad, dan Abu Daud) “

Baca juga : Biar Nggak Salah Faham dan Tidak Banyak yang Terprovokasi, Seperti Inilah Bendera HTI

Lalu bagaimana dengan hari Kamis ya Rasul?” Apa isitimewahnya hari itu?” tanya sahabat lagi. Dengan tenang Rasulullah menjawab, “Tahukah engkau Saudaraku? Bahwa pada hari itu (kamis) semua amal ibadah umat manusia dikumpulkan dihadapan Allah oleh para malaikat.

Tidakkah engaku merasa bahagia jika di saat amalmu sedang diperiksa, engkau sedang dalam keadaan beribadah kepada-Nya?” Sebagaimana dalam suatu hadits diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,     

 صَائِمٌ وَأَنَا عَمَلِىيُعْرَضَ أَنْفَأُحِبُّوَ الْخَمِيسِا لاِثْنَيْنِ يَوْمَ الأَعْمَا لُتُعْرَض 

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari senin dan kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa. “ (HR. Tirmidzi no. 747)

Semoga dalil-dalil di atas semakin menyemangati untuk beramal sholih dan hanya Allah yang memberi taufik.
Top