Waspada Biduran Akut yang Muncul Karena 5 Hal Ini Yang Tidak Disadari

Komentar

Sumber gambar sumberpengobatanherbaldenature

Penyakit ini memang muncul secara tiba-tiba disaat cuaca yang sedang panas dan berangin seperti saat ini.

Waspadai jika biduran tidak segera diobati bisa menjadi penyakit akut yang berbahaya.

Kondisi panas yang seperti saat ini pernahkah anda mengalami kulit tiba-tiba banyak sekali muncul bercak merah dan sangat gatal.

Nah, kalau gejala ini  muncul di kulit Anda, berarti Anda mengalami biduran atau kaligata. Dalam istilah kedokteran disebut Urtikaria.

Dalam beberapa kasus, biduran kronis kadang-kadang dapat dipicu karena adanya penyakit tiroid, rheumatoid arthritis, diabetes tipe 1, penyakit celiac, masalah hormonal atau dalam beberapa kasus yang lebih langka kanker.

Walaupun begitu, umumnya biduran disebabkan oleh objek-objek di sekitar kita.

Seperti hal-hal berikut ini:

1. Sengatan Serangga

Serangga yang menyengat seperti lebah, kumbang juga bisa mengakitbatkan biduran.

Umumnya sengatan hewan-hewan ini mengakibatkan sensasi rasa gatal dan panas pada kulit. Semakin digaruk semakin gatal dan menyebar ke bagian kulit yang lain.

2. Getah

Sama seperti minyak pada tumbuhan beracun, beberapa tanaman memiliki getah yang bisa menyebabkan reaksi berupa ruam, bentol, dan gatal-gatal yang kemudian berkembang menjadi biduran. Kondisi ini bisa terjadi terutama jika ruam yang muncul tidak segera diobati.

Baca juga : Kebiasaan Inilah Ciri-ciri Orang yang Tidak Takut Dengan Azab Allah

3. Terlalu Banyak Terkena Sinar Matahari

Solar urticaria, juga dikenal sebagai alergi matahari adalah alergi langka terhadap sinar matahari. Reaksi yang muncul adalah gatal-gatal pada kulit yang terpapar matahari.

Alergi seperti ini bisa berkembang menjadi gangguan kesehatan kronis, tetapi pada dasarnya gejala untuk kondisi ini bisa diobati.

4. Bulu Hewan Peliharaan

Reaksi alergi akibat rambut hewan yang umum adalah hidung meler, mata berair, atau bersin-bersin. Tetapi bisa juga reaksi yang muncul berupa sesak napas, bercak merah pada kulit, dan gatal-gatal.

5. Udara yang terlalu dingin atau panas

Urtikaria atau biduran juga bisa disebabkan karena suhu udara yang terlalu tinggi. Orang-orang yang biasa tinggal di dataran tinggi kadang bisa mengalami reaksi seperti ini saat berada di dataran rendah yang bersuhu panas.
Top