Sejarah Gerbang Lod di Israel yang Menjadi Tempat Terbunuhnya Dajjal

Komentar

Sumber gambar The-Chantary Blog

“Sesungguhnya Isa Bin Maryam Akan Membunuh Dajjal Di Bab Lud (Gerbang Lod).”
Sekarang ini gerbang Lud menjadi tempat berkumpulnya pemikir yahudi dan perdagangan di israel

Dajjal muncul menjelang datangnya hari kiamat dengan membawa kehancuran dan kerusakan di muka bumi.

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, Dajjal akan berhenti membuat kehancuran di bumi setelah terbunuh oleh Nabi Isa di kota Lud, seperti didalam hadist berikut:

“Sesungguhnya Isa Bin Maryam Akan Membunuh Dajjal Di Bab Lud (Gerbang Lod).” (Hr Ahmad, Turmudzi, Dan Nu’Aim Bin Hamad).

Dalam suatu riwayat dikatakan bahwa Nabi Isa Alaihis Salam akan turun kembali ke muka bumi di akhir zaman, dan akan membantu manusia. Ia akan memberangus musuh yang paling nyata, yakni Dajjal.

Ya, sosok Dajjal begitu membahayakan manusia, khususnya kaum Muslimin. Sebab, ia adalah sosok yang mampu menggoyahkan keimanan seseorang.

Baca juga : Bukan Untuk Menakuti, Tapi Ketahui Inilah Tanda-tanda Kematian Seseorang Dalam Medis

Apa yang terlihat benar darinya ternyata salah, dan apa yang terlihat salah ternyata benar. Sehingga, banyak orang terkecoh dengan hal ini.

“Tidak ada satu orang kafir pun yang masih hidup, semuanya terbunuh. Lalu, Isa berhasil menyusul Dajjal di Pintu Lod dan membunuhnya. Lalu, beberapa kaum Muslimin diselamatkan Allah ke hadapan Isa bin Maryam. Ia mengusap wajah mereka dan memberitahukan kepada mereka tentang kedudukan mereka di surga.” (HR Muslim, Ahmad, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah, dan Hakim).

Menurut Dr Syaudqi Abu Khalil dalam Athlas Hadith Al-Nabawi, Lod adalah kota yang terletak di dekat baitul maqdis, Palestina.

Kota Lod terletak di dataran Sharon, yaitu 15 km di tenggara Tel Aviv, Israel.

Kota seluas 12.226 km per segi itu sudah muncul sejak Periode Kanaan. Temuan tembikar di daerah tersebut menunjukkan Kota Lod telah eksis sejak 5600 hingga 5250 sebelum Masehi.

Pada abad ke-15 SM, kota Lud berkembang sebagai pusat pemikir Yahudi dan perdagangan.

Akan tetapi, saat tahun 70 Masehi, Lud ditaklukkan oleh penguasa Romawi. Pada perang ini, Roma sukses menjadikan penduduk di sana sebagai budak dan menghancurkan kota tersebut.

Didalam Kota Lod Terdapat Dinding Pemisah Antara Yahudi dan Bangsa Arab

Sumber gambar republika.co.id

Di dalam Kota Lod terdapat sebuah dinding setinggi tiga meter yang dibangun untuk memisahkan distrik Yahudi dari distrik bangsa Arab.

Pertumbuhan daerah Arab sangat minim, sementara Pemerintah Israel telah mendorong pembangunan di daerah Yahudi.

Beberapa layanan, seperti lampu jalan dan pengumpulan sampah hanya dilakukan di distrik Yahudi.

Hal itu mengingatkan kita ketika Berlin terbagi dua oleh Tembok Berlin karena berlakunya dua kekuatan di sana, yaitu Amerika Serikat di Berlin Barat dan Uni Soviet di Berlin Timur.
Top