Psikolog: Merasa Tidak Cantik Bisa Sebabkan Gangguan Mental dan Penyakit Lainnya

Komentar

Ganbar ilustrasi dilansir dari republika.co.id

Setuju dong kalau wanita itu semuanya cantik?

Karena merasa tidak cantik dan jadi minder bukanlah persoalan sepele.

Bahkan menurut psikolog, minder karena merasa tidak cantik bisa mengakibatkan gangguan mental dan beberapa penyakit berikut ini!

Faktanya, 84% wanita Indonesia merasa tidak cantik. Penelitian yang dilakukan Dove di 2017 itu tentu saja mengejutkan sekaligus miris.

Jika wanita terus merasa seperti itu, maka bisa mengalami gangguan mental serta berbagai penyakit.

Hal tersebut diungkapkan psikolog klinis Tara de Thouars, dalam acara Dove 'Ragam Kecantikan Wanita Indonesia' di restoran Eastern Opulence, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2018).

Terlebih menurut Tara, ranah digital kini semakin kuat. Hadirnya media sosial berbasis fotografi seperti Instagram bisa membuat wanita jadi sering membandingkan diri dengan penampilan orang lain.

Misalnya saja selebgram, influencer atau artis.

"Kita sering membandingkan diri. Biasanya ketika kita melihat foto orang lain, kita mencari kelebihan dari orang lain tersebut kemudian membandingkan dengan diri kita. Kemudian secara mental jadi drop," ujar Tara, seperti dilansir dari detik.com.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, ketika wanita sudah terlalu mendalam merasa tak cantik maka akan berpengaruh pada kesehatan mental.

Berawal dari seringnya membandingkan diri, kemudian minder dan lama-kelamaan terjadi gangguan mental.

"Bisa jadi depresi, gangguan tidur atau gangguan makan atau bisa juga jadi anoreksia buat yang ingin kurus," ungkap psikolog yang praktek di RSJ Sanatorium Dharmawangsa itu.

Baca Juga:

Setiap orang memiliki kecantikan yang berbeda dan keunikan masing-masing

Tara menyarankan bahwa wanita tidak perlu terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain.

Karena menurut Tara, setiap orang memiliki kecantikan yang berbeda dan keunikan masing-masing.

"Cantik bukan membandingkan tapi menyadari. Karena sebenarnya persepsi cantik berubah-ubah tergantung dengan wajah yang sering kita lihat," pungkasnya.

Nah mulai sekarang jangan lagi minder untuk para wanita, karena pada dasarnya wanita seluruhya diciptakan Allah dengan paras yang cantik.

Namun hanya keimanan lah yang membedakan kecantikan sejati seorang wanita.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top