Mengungkap Misteri Planet Mars yang Katanya Terdapat Kehidupan, Benarkah?

Komentar

planet mars via pemburuombak.com

Ternyata sebelum ilmuwan meneliti tentang planet adanya kehidupan di Planet Mars.

Dalam Al Qur'an dengan jelas ditulis seperti ini!


Apa planet mars itu? Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Kenapa dinamakan Mars? Karena namanya diambil dari dewa perang Romawi, yaitu Mars. Planet Mars juga dijuluki sebagai “planet merah” karena dari jauh terlihat kemerah-merahan.

Apakah planet mars terbesar di tata surya? Planet mars bukan termasuk planet terbesar di tata surya. Setelah Merkurius, planet yang terkecil kedua di tata surya adalah Planet Mars.

Siapa penemu planet mars? Penemuan satelit Mars, Phobos dan Deimos, terjadi di 1877 ketika ahli astronomi asal Amerika Serikat bernama Asaph Hall, Sr. mengidentifikasi setelah pencarian lama, walaupun keberadaannya pernah di spekulasi sebelumnya.

Dikutip dari sangatmisteri.blogspot, seiring dengan perkembangan teknologi, Mars diyakini oleh ilmuwan memiliki tanda-tanda kehidupan di dalamnya. Kehidupan di planet mars menurut Al Quran ternyata juga ada.

Surah As-Syuuro (42) ayat 29
Artinya : “Dan diantara ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan)Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata yang dia sebarkan pada keduanya. Dan dia maha kuasa mengumpulkan apabila dikehendakinya.”

Arti dari Samawat secara umum memang langit, tetapi seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi yang tumbuh dengan cepat, langit disini bukan berarti hanya di bumi saja, tetapi tiap-tiap planet memiliki langit, sedangkan planet di dunia ini tidak terhitung jumlahnya.

Dalam ayat tersebut juga ada kata Dabbah atau makhluk-makhluk melata. Jika anda berpikir bahwa yang dimaksud dengan makhluk-makhluk melata tersebut adalah binatang melata, anda salah besar. Berikut penjelasan lebih lanjut.

Surah An-Nuur (24) ayat 45
Artinya : “Allah menciptakan setiap Dabbah dari Alma’i. Diantara mereka (Dabbah) itu ada yang berjalan atas perutnya, dan diantara mereka ada yang berjalan atas dua kaki, dan ada yang berjalan atas empat kaki. Allah menciptakan yang dia kehendaki dan sesungguhnya allah menentukan atas tiap sesuatu.”

Dari arti ayat tersebut, dijelaskan bahwa Dabbah yang berjalan atas perutnya (ular,buaya, dan hewan reptile lainnya), Dabbah yang berjalan atas dua kaki (MANUSIA, ayam, dan lain-lain) dan dabbah yang berjalan atas empat kaki (kambing, sapi, kerbau, domba, dan lain-lain). Jadi Dabbah itu bukan hanya hewan saja, tetapi manusia juga termasuk Dabbah. Jika masih kurang jelas penjelasan di atas, anda bisa baca dua ayat di bawah ini.

Surah Al-anfal (8) ayat 22
Artinya : “Bahwa sejahat-jahat Dabbah pada allah adalah orang-orang pekak dan tuli dan mereka tidak berpikir.”

Surah al-anfal (8) ayat 55
Artinya : “bahwa sejahat-jahat Dabbah pada allah adalah orang-orang kafir dan mereka tidak beriman.”

Dari kedua ayat diatas, cukup jelas bahwa maksud dari orang-orang pekak, kafir, tidak berpikir dan tidak beriman, adalah manusia.

Jadi, kesimpulan dari pendapat ilmuwan dan Al Quran di atas tentang adanya kehidupan di planet Mars adalah bukan suatu yang mustahil jika ada kehidupan di planet Mars, karena ilmuwan sudah menemukan beberapa bukti adanya kehidupan di Mars dan Al-Quran pun sudah menjelaskan bahwa manusia atau binatang lainnya bisa saja hidup di planet selain Bumi ataupun Mars.

Baca Juga : Menguak Misteri Candi Borobudur, Benarkah Peninggalan Nabi Sulaiman?

7 Misteri Planet Mars

ilustrasi fakta planet mars via youtube.com

Walaupun sudah banyak wahana antariksa yang dikirimkan baik untuk mengorbit maupun mendarat di Mars, sang planet merah nyatanya masih menyimpan banyak misteri yang belum ditemukan jawabannya. Apa saja yg ada di planet mars? Dikutip dari Infoastronomy, inilah 7 misteri planet mars yang belum terpecahkan.

1. Mars Memiliki Dua "Wajah" 
Para ilmuwan telah dibingungkan beberapa dekade terakhir atas perbedaan dua wilayah di Mars. Perbedaan tersebut merupakan perbedaan permukaan. Belahan utara Mars diketahui memiliki permukaan yang halus dan rendah, bahkan menjadi permukaan terhalus di Tata Surya. Menurut penelitian, wilayah tersebut terbentuk oleh air yang pernah mengalir di permukaan Mars.

Sementara itu, bagian selatan permukaan Mars tampak kasar, banyak kawah, serta memiliki banyak tebing curam setinggi 4 km hingga 8 km. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pernah ada batu luar angkasa yang menabrak bagian selatan Mars di masa lalu.

2. Metana di Mars 
Metana molekul organik paling sederhana pertama kali ditemukan di atmosfer Mars oleh wahana antariksa Mars Express milik Agensi Antariksa Eropa (ESA) pada tahun 2003. Di Bumi, sebagian besar gas metana di atmosfer dihasilkan oleh kehidupan di permuukaan.

Keberadaan metana di atmosfer Mars membuat para astronom penasaran, bagaimana metana bisa terbentuk di sana? Apakah juga akibat adanya kehidupan seperti di Bumi? Namun, sebenarnya ada cara untuk menghasilkan metana tanpa "campur tangan" kehidupan, seperti aktivitas vulkanik. Saat ini, wahana antariksa yang lain milik ESA, ExoMars, sedang sibuk mempelajari komposisi kimia atmosfer Mars untuk mengetahui lebih lanjut tentang metana ini.

3. Ada Aliran Air di Mars? 
Meskipun ada sejumlah besar bukti yang menunjukkan bahwa air dalam bentuk cair pernah mengalir di permukaan Mars, nyatanya itu tetap menjadi sebuah pertanyaan besar tentang apakah saat ini masih ada airnya atau tidak.

Tekanan atmosfer planet Mars terlalu rendah untuk air dalam bentuk cair bisa bertahan di permukaannya, yakni sekitar 1/100 lebih rendah dari Bumi. Namun, garis-garis gelap yang terlihat di lereng Mars mengisyaratkan bahwa air asin bisa saja ternyata memang mengalir di sana setiap musim semi.

4. Lautan di Mars 
Banyak wahana antariksa yang ditugaskan untuk misi ke Mars telah mengungkapkan sejumlah fitur di Planet Merah yang mengungkapkan bahwa Mars pernah cukup hangat untuk air cair berada di permukaannya. Fitur-fitur tersebut yang kini kering kerontang dulunya merupakan lautan luas, jaringan lembah, delta-delta sungai dan bahkan sumber mata air mineral.

Namun, model-model penelitian terbaru yang mempelajari iklim awal planet Mars tidak dapat menjelaskan bagaimana seperti suhu yang hangat tadi bisa muncul di Mars, ditambah lagi jarak Mars yang cukup jauh dari Matahari, sehingga ada hipotesis yang menyarankan bahwa fitur-fitur tadi mungkin telah terbentuk oleh angin atau mekanisme lainnya.


ilustrasi lautan di mars via sains.kompas.com

5. Adakah Kehidupan di Mars? 
Benarkah di planet mars ada kehidupan? Wahana antariksa nirawak pertama yang berhasil mendarat di Mars, Viking 1, adalah yang memulai misteri ini: Apakah ada bukti kehidupan di Mars?

Misi wahana antariksa Viking 1 tersebut adalah untuk mencari kehidupan di Mars. Viking 1 telah mendeteksi adanya molekul organik seperti metil klorida dan diklorometana di permukaan Mars. Namun, senyawa ini disinyalir bukan berasal dari permukaan Mars, melainkan bekas cairan pembersih yang digunakan untuk mempersiapkan Viking 1 ketika ia masih di Bumi.

Sejauh yang saat ini diketahui, permukaan Mars sangat tidak cocok bagi kehidupan seperti yang kita tahu untuk berkembang biak, bahkan untuk tanaman dan hewan. Mars begitu dingin, terancam radiasi, sangat kering, serta beberapa faktor lainnya. Namun, nyatanya ada banyak contoh kehidupan di Bumi yang ekstrem seperti di Mars, misalnya kehidupan di Antartika dan Gurun Atacama di Cile.

Saat ini belum diketahui apakah Mars memang memiliki kehidupan atau tidak. Kalupun ada, sepertinya hanya berupa kehidupan mikroorganisme, yang jika dikonfirmasi keberadaannya akan menjadi kehidupan lain selain di Bumi.

6. Kehidupan di Bumi Berasal dari Mars? 
Ada sebuah meteorit yang ditemukan di Antartika yang diperkirakan berasal dari Mars. Meteorit tersebut terpental dari Planet Merah saat ada asteroid raksasa yang menabraknya beberapa juta tahun yang lalu.

Setelah diteliti, meteorit tersebut memiliki struktur yang menyerupai dengan batuan yang terbentuk oleh mikroba di Bumi. Temuan ini lantas meningkatkan kemungkinan bahwa kehidupan di Bumi sebenarnya berasal dari Mars. Benar atau tidaknya, inilah salah satu misteri terbesar planet Mars.

7. Bisakah Manusia Hidup di Mars? 
Bisakah planet mars dihuni manusia? Untuk menjawab apakah benar atau tidak kehidupan asing itu memang ada di Mars, kita sebagai manusia mungkin benar-benar harus pergi ke sana dan mencari tahu sendiri.

Misi mendaratkan manusia di Mars sebenarnya sudah dicanangkan NASA pada tahun 1969. Namun, penjelajahan antarplanet bagi manusia menimbulkan tantangan besar dari segi ilmiah dan teknologi. Kala itu, teknologi masih tidak memungkinkan.

Para astronot Mars akan menemui masalah serius terkait makanan, air dan oksigen, serta efek buruk dari gravitasi mikro dan radiasi jika melakukan perjalanan ke Mars. Maka dari itu, NASA mengundurkan misi ambisiusnya itu hingga ke tahun 2030-an mendatang.

Tapi pertanyaannya, apakah manusia bisa hidup di Mars? Jawabannya, tidak. Kondisi di Mars benar-benar berbeda dengan di Bumi. Dengan begitu, agar manusia bisa hidup di sana, kita memerlukan tempat tinggal khusus dan persiapan yang benar-benar matang. Mungkin saja satu dekade mendatang, teknologi yang manusia miliki sudah mumpuni untuk perjalanan antarplanet ke Mars.

Baca Juga : Menguak Fakta Legenda Danau Toba, yang Terkenal Angker dan Sering Minta Tumbal


Nah, itulah informasi terkait misteri planet mars yang dapat kami sampaikan. Benar tidaknya wallahualam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan.
Top