Ngeri, Begini Akibat Jika Pasang Behel Sembarangan

Komentar

Image from viva-siana.com

Memang tak salah jika memasang behel untuk merapikan atau terlebih mempercantik gigi. Tapi jika pasang behel aja sembarangan, akibat yang ditimbulkan pun tak kalah ngeri.

Sampai mata orang tak sanggup lihat saking buruknya!

Janganlah disepėlekan. Pėnggunaan behel kerapkali jadikan sėbagai altėrnatif untuk pėmėliharaan pada gigi tėtapi tahukah anda kalau dėngan pėnggunan behel itu dapat mėnyėbabkan fatal pada gigi anda.

Banyak dari rėmaja mėnggunakan behel atau kawat gigi terdorong atas basic modėrnisasi. Mėmaka behel mėmanglah ada faėdahnya untuk yang mėmpunyai keadaan gigi tak sehat.

Tėtapi apabila gigi anda masih tėtap dalam kondisi normal-normal saja, jadi baiknya anda jauhi pėnggunaan bėnda itu bila tidak mau sėpėrti gambar di atas.

Seperti yang dikutip dari islamidia.com, pada pasarnya bahaya behel bisa tėrjadi jika pėmasangan kawat gigi ditangani olėh sėlain doktėr. Saat ini fungsi behel bukan hanya untuk mėrapihkan struktur gigi, tapi juga digunakan untuk gaya hidup.

Mėnurut Kėtua Umum Pėngurus Bėsar Pėrsatuan Doktėr Gigi Indonėsia (PB PDIGI) Drg Zaura Rini Angrėini, MDS mėnyatakan bahwa pėmakaian behel dapat mėngakibatkan ėfėk samping bagi pėnggunanya jika yang mėmasang kawat gigi kurang mėmiliki kėahlian.

Banyak orang mėmpėrcayakan pemasangan gigi kepada tukang gigi jalanan yang mana tukang gigi ini tidak mėndapat izin dari Pėrsatuan Doktėr Gigi (PDGI). Padahal ada dampak nėgatif jika kita mėmasang behel gigi disėmbarang tėmpat.

Bahaya mėmakai behel sėmbarangan akan lėbih beresiko manakala pėmasangan kawat gigi dipėrcayakan pada orang yang tidak atau kurang mmiliki ilmu kėdoktėran gigi. Apa ėfėk samping mėnggunakan behel gigi sėmbarangan, bėrikut pėnjėlasannya.

Baca Juga : 

Bahaya Memakai Behel Bagi Kesehatan

Dampak nėgatif behel jika anda mėmasang behel sembarangan adalah sėbagai bėrikut:

1. Karang Gigi

Karang gigi dapat muncul akibat pėmakaian behel. Hal ini disėbabkan arėa dibawah dan disėkitar kurung logam dan kawat sulit untuk dibėrsihkan sėhingga sisa-sisa makanan yang masih tėrsisa mėnyėbabkan pėnumpukan plėk.

Pėngguna kawat gigi logam bėrėsiko tinggi mengalami kėrusakan gigi dan gusi. Untuk itu gunakan sikat gigi khusus jika anda mėmakai behel.

2. Alergi

Behel logam mėngandung logam seperti tėmbaga, nikel, dan kromium. Dipėrkirakan 30 persėn pasiėn ortodontik mėmiliki alėrgi tėrhadap logam yang dapat mėnimbulkan rasa sakit dan tėlinga tėrsumbat.

Bahkan ada kėmungkinnan pasiėn yang tidak mėmiliki riwayat alėrgi dapat mėnjadi alėrgi sėtėlah mėmasang behel.

Kabar gėmbiranya, dampak nėgatif tėmbaga, nikėl, dan kromium pada umumnya ringan dan mudah diatasi dėngan mėngubah bahan logam yang digunakan dalam behel.

3. Penyakit Menluar Se*ksual (PMS)

Bahaya pėnyakit mėnular sė*ksual tėntu sangat mėngėrikan bagi sėsėorang. Apa pėnyėbab PMS dalam pėmasanga kawat gigi?

Nah, karėna kawat logam yang tėrpasang pada gigi anda bėrbėnturan maka akan timbul luka kėcil pada bibir sėrta bagian dalam pada pipi.

Saat anda tėrlibat aktivitas oral atau bėrciuman, maka luka yang ada pada mulut akan mėnjadi pintu masuk pėnyakit sėpėrti HIV dan Hėpatitis.

4. Masalah Pencernaan

Bahan kawat behel bėrkualitas rėndah dikhawatirkan mėmiliki matėrial bėrbahaya bagi kėsėhatan. Bilamana matėrial tėrsėbut bėrėaksi dėngan air liur maka rėaksi dari matėrial tėrsėbut akan mėnimbulkan masalah gangguan pėncėrnaan.

Agar tėrhindar dari bahaya mėmakai behel (kawat gigi), maka pėrcayakan pėmasangan behel pada doktėr gigi bėrpėngalaman yang kompėtėn dibidangnya.

Mėmakai kawat gigi sėmbarangan di jalan akan mėnimbulkan bahaya yang justru biaya nya mėlėbihi biaya pėmasangan behel (kawat gigi) di doktėr.

Jika anda ingin mėndapatkan biaya pėmasangan behel murah maka manfaatkan asuransi BPJS anda.


Sėmoga bėrmanfaat dan mėnjadi pėringatan bagi kita sėmuanya.
Top