Masya Allah, Mengamalkan Doa ini, Allah Mudahkan Masuk Surga dan Dijauhkan dari Neraka

Komentar

Sumber gambar inspirasidata.com

Jika kita perhatikan tidak ada yang memberatkan dari doa yang Rasulullah ajarkan kepada kita, bacaan ayat ini tidak panjang dan mudah di hafal.

Tapi kenapa masih enggan dan berat sekali untuk mengamalkan ? Padahal akan menghindarkan kita dari panasnya api neraka..

Semua orang tahu jika Neraka adalah tempat yang penuh dengan keburukan dan penuh dengan hukuman yang sangat pedih untuk manusia yang memiliki banyak dosa.

Sebagai manusia yang beriman tentunya kita tidak ingin terjerumus kedalam api neraka karena dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

Maka Rasulullah SAW pun tidak rela jika umatnya menjadi penghuni neraka, Oleh karena itu Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk mengamalkan doa-doa untuk memohon perlindungan dari api neraka dan memohon untuk dimasukan kedalam surga.

Baca juga : Gempa Dahsyat Ternyata Juga Pernah Terjadi di Zaman Nabi, Hingga Tanah Terbalik

Doa Setelah Shalat Shubuh Agar Dijauhkan Dari Neraka

Sebagaimana diriwayatkan dalam hadist:

”Apabila kamu selesai shalat subuh, becalah doa berikut sebelum kamu berbicara dengan orang lain: ’Allahumma aajirnii minan naar’ 7 kali. Jika pada hari itu kamu mati maka Allah akan menetapkan bahwa kamu jauh dari neraka. 

Jika kamu selesai shalat maghrib, ucapkanlah doa ini sebelum kamu berbicara dengan orang lain: ’Allahumma aajirnii minan naar’ 7 kali. Jika malam itu kamu mati, maka Allah tetapkan bahwa kamu jauh dari neraka.”

Hadis ini diriwayatkan Imam Ahmad dalam musnadnya no. 18054, Abu Daud no. 5079, dan Ibn Hibban 5/367, dari jalur al-Harits bin Muslim, dari bapaknya Muslim bin harits at-Tamimi secara marfu’.

Hadits ini mengajarkan kepada kita beberapa hal. Pertama, berlindung dari api neraka dapat dengan berdoa menggunakan kalimat yang pendek dan bisa dihafal dengan mudah serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Baca juga : Seumur Hidup Shalat Tidak Diterima Hanya Karena Kebiasaan Ruku' dan Sujud, Ini Sering Kita Lakukan!

Doa Memohon Surga dan Berlindung Dari Neraka

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a'uudzu bika minan-naar.

Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka.

HR. Abu Daud no. 792, Ibnu Majah no. 910, dan Ahmad (3/474). Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

”Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah dia dari neraka.” (HR. Ahmad 12585, Nasai 5521, Turmudzi 2572 dan yang lainnya. Hadis ini dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth dan dinilai shahih oleh al-Albani).

Itulah beberapa doa yang dapat menjauhkan kita dari neraka dan memohon untuk dimasukkan kedalam surga.

Jika kita perhatikan tidak ada yang memberatkan dari doa yang Rasulullah ajarkan kepada kita, bacaan ayat ini tidak panjang dan mudah di hafal.

Tapi kenapa masih enggan dan berat sekali untuk mengamalkan ?

Wallahu a'lam, semoga bermanfaat.
Top