Beragam Olahan Limbah Organik, Sangat Bermanfaat

Komentar

limbah organik via satujam.com

Bisa jadi duit, berikut bermacam-macam barang jadi yang bisa dijual dan bahanya cuma dari limbah.

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu bahwa didalam Pengertian Limbah Adalah buangan yg dihasilkan oleh suatu proses produksi baik Produksi Industri maupun Produksi Rumah Tangga (Domestik), dan Macam – Macam Limbah sendiri ada beberapa macam yakni Limbah Sampah, Limbah Black Water (Air Kakus) dan Limbah Air Buangan (Grey Water).

Adapun Jenis – Jenis Limbah jika ditinjau menurut Bahan Kimia Senyawanya maka dibagi menjadi 2 Macam Limbah yakni Limbah Senyawa Organik dan Limbah Senyawa Anorganik. Yuk kita bahas limbah organik yang memiliki banyak manfaat.

Apa saja limbah organik dan anorganik ?

limbah organik vs anorganik via materi4belajar.logspot.com

Berikut ini pengertian apa saja limbah organik dan anorganik itu.

1. Pengertian Limbah Organik dan Contohnya
Pengertian Limbah Organik adalah limbah yg masih bisa diuraikan kembali oleh suatu Bakteri, dan jika dilihat secara umum Pengertian Limbah Organik itu sendiri berasal dari berbagai macam sisa aktivitas Manusia, Hewan, ataupun Tumbuhan. Limbah Organik atau sampah organik sendiri bisa didaur ulang menjadi berbagai macam hal, seperti misalnya kotoran hewan atau manusia yang bisa dijadikan sebagai sumber gas.

2. Pengertian Limbah Anorganik dan Contohnya
Pengertian Limbah Anorganik adalah sisa limbah atau sampah yang sudah tidak dapat diuraikan kembali oleh Bakteri (dekomposer). Beberapa Contoh Limbah Anorganik itu sendiri diantaranya adalah Sisa Sabun Cuci, Sampah Kantong Plastik, Sisa Kain yang sudah tidak digunakan, Limbah Hasil Pabrik, Limbah Minyak, kemudian Sampah Botol Plastik berbagai macam minuman, dan juga sampah yang berasal dari Logam. Dari Macam – Macam Contoh Limbah Anorganik tersebut bisa dioleh kembali dan untuk Pengolahan Limbah Anorganik ini sendiri dapat dilakukan dengan cara daur ulang atau recycle.

Itulah pengertian apa saja limbah organik dan anorganik itu. Selajutnya apa saja contoh limbah organik itu ? Simak yuk!

Apa saja contoh limbah organik ?

Berikut adalan apa saja contoh limbah organik :

1. Daun daun kering
2. Kulit buah
3. Makanan sisa yang basi
4. Buah busuk
5. Tissue bekas pakai
6. Kapas bekas pakai
7. Kertas bekas
8. Serbuk kayu sisa olahan mebel
9. Bangkai hewan
10. Kotoran hewan dan manusia
11. Minyak goreng bekas pakai
12. Air bekas cucian beras
13. Ampas kopi
14. Ampas teh
15. Jerami sisa panen padi
16. Kulit kerang
17. Kulit kacang tanah
18. Makanan kadaluarsa
19. Potongan rambut manusia
20. Ampas tahu dari pabrik tahu

Itulah apa saja contoh limbah organik yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Namun, tahukah anda bagaimana karakteristik limbah organik itu ?

Bagaimana karakteristik limbah organik ?

karakteristik limbah organik via pelajaran.co.id

Limbah organik mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, daun-daunan kering, potongan-potongan kayu, dan sebagainya. Limbah organik terdiri atas bahan-bahan yang besifat organik seperti dari kegiatan rumah tangga maupun kegiatan industri.

Limbah ini juga bisa dengan mudah diuraikan melalui proses yang alami. Limbah ini mempunyai sifat kimia yang stabil sehingga zat tersebut akan mengendap kedalam tanah, dasar sungai, danau, serta laut dan selanjutnya akan mempengaruhi organisme yang hidup didalamnya. Limbah organik relatif lebih aman dibandingkan limbah anorganik dan limbah berbahaya. Bahkan sebagian dari limbah organik tersebut ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung

Karakteristik Limbah Organik
  • Karakter Fisik
  • Bentuk zat
  • Suhu
  • Bau
  • Warna
  • Kekeruhan

Karakteristik Kimia
  • Bahan Organik
  • BOD ( Biologycal Oxygen Demand )
  • DO ( Dessolved Oxygen )
  • COD ( Chemical Oxygen Demand )
  • pH
  • Logam Berat

Karakteristik Biologi
Karakteristik biologi digunakan untuk mengukur kualitas air terutama air yang dikonsumsi sebagai air minum dan air bersih.

Itulah karakteristik limbah organik yang ada di sekitar kita. Apasih fungsi limbah organik itu ? Simak berikut ini!

Fungsi limbah organik

Berikut ini adalah fungsi limbah organik bagi kehidupan manusia.

Diolah Menjadi Kompos dan Pupuk Sederhana
Sebenarnya sudah lama diketahui bahwa sampah organik seperti sisa sayuran dan dedaunan dapat dijadikan kompos. Namun belum banyak orang yang mengolahnya menjadi kompos dan dimanfaatkan untuk pertanian.

Tambahan Pakan Ternak
Sampah organik yang berupa dedaunan biasanya dapt dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti kambing, sapi, kerbau dan binatang herbivora lainnya. Namun baru baru ini, sampah organik tidak hanya dapat menjadi bahan pakan untuk binatang herbivora saja. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa UNDIP berhasil membuat pelet untuk pakan ikan dan ayam.

Dijadikan Kerajinan Tangan
Sampah organik kering sebenarnya dapat diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual dan bervariasi. Banyak beberapa orang memanfaatkankannya menjadi bahan kerajinan. Seperti enceng gondong yang sudah kering dan biasanya hanya dibakar, ada masyarakat yang mengolahnya kembali dan membuat tas dari bahan ini.

Menjadi Biogas dan Listrik
Limbah sampah organik yang beragam pastinya akan memerlukan cara pengolahan yang beragam pula. Produk lain yang dapat dihasilkan dari sampah organik adalah biogas dan lisrik.

Itulah fungsi limbah organik yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Namun, apakah semua limbah organik bisa dimanfaatkan ? Berikut ulasannya.

Apakah semua limbah organik bisa dimanfaatkan ?

Jawabanya adalah Tidak! Karena ada sebagian limbah organik yang mengandung racun atau kotoran yang justru berbahaya. Jadi tidak semua limbah organik dapat didaur ulang dan difungsikan. Jadi apa saja limbah organik yang dapat difungsikan ? Apa saja limbah organik yang bisa diolah menjadi barang kerajinan ? Berikut ulasanya.

Apa saja limbah organik yang bisa diolah menjadi barang kerajinan ?

Berikut ini merupakan apa saja limbah organik yang bisa diolah menjadi barang kerajinan unik. Simak ya!

Lampu Hias dari  Limbah Tempurung Kelapa


lampu hias dari  limbah tempurung kelapa via asbakzm.wordpress.com

Ini ada satu lagi lampu hias dari limbah organik kering, jika tadi terbuat dari botol plastik, kali ini lampu hiasnya terbuat dari tempurung kelapa. Cara membuatnya tinggal siapkan tempurung kelapa yang sudah kering, jika belum maka kamu harus mencemurnya terlebih dahulu, lalu bersihkan dari serabut yang menmpel hingga halus.

Setelah halus potong tempurung kelapa sesuai dengan apa yang kamu inginkan, pastikan kamu sudah tentukan bentuk apa yang ingin kamu buat. Jika sudah, tinggal tempelkan bagian satu persatu sesuai dengan keinginanmu, pastikan menempelkan dengan rapi agar terlihat bagus.

Walau bahannya dari bahan bekas tapi jika kita membuatnya serapi mungkin maka hasilnya nanti akan terlihat berkelas.

Kerajinan Limbah dari Kulit Kerang

kerajinan limbah dari kulit kerang via bisnisukm.com

Sering kali ketika kita melintas di daerah pesisir banyak sekali yang menjual kerajinan dari kulit kerang. Beraneka ragam kerajinan dari kulit kerang mulai dari lampu hias, fas bunga, wadah tisu, asbak dan masih banyak lagi yang dapat kita jumpai kerajinan dari kulit kerang ini.

Harganya pun berfariasi antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari kerumitan untuk membuatnya, semakin rumit, semakin banyak bahan yang dibutuhkan maka harganya akan semakin tinggi.

Kerajinan Limbah dari Kulit Jagung

kerajinan limbah dari kulit jagung via becreativeina.blogspot.com

Salah satu contoh dari limbah organik basah adalah kerajinan bunga yang terbuat dari kulit jagung, pasti kamu tidak menyangka jika gambar diatas terbuat dari kulit jagung. Sangat indah untuk hiasan kamar atau ruang tamu dengan modal yang relatif lebih murah.

Cara membuat bunga nya yaitu dengan memotong kulit jagung sesuai bentuk bungan yang kita inginkan, kemudian rekatkan dengan lem, pastikan bentuknya rapi, cara agar rapi yaitu menempelkannya dengan hati-hati.

Kerajinan Limbah dari Kulit Bawang

kerajinan limbah dari kulit bawang via kerajinanindonesia.id

Terlihat cantik bukan? itu adalah kerajinan yang terbuat dari kulit bawang, kamu bisa menggunakannya untuk hiasan atau juga bisa untuk acara pernikahanmu, pasti akan terlihat unik, dan pastikan sebelum mengolah kulit bawang untuk menjemurnya terlebih dulu agar bau dari bawangnya hilang. Limbah organik untuk kerajinan memiliki nilai tinggi loh, karena proses pembuatan yang rumit.

Tas dari Limbah Pelepah Pisang

tas dari limbah pelepah pisang via pernakpernikdbebong.wordpress.com

Tas yang cantik ini ternyata terbuat dari limbah pelepah pisang, tak disangka bukan limbah bisa menjadi produk secantik gambar diatas. Tentu limbah organik untuk kerajinan yang sudah diolah menjadi tas atau yang lainnya mempunyai nilai harga yang tinggi.

Setelah mengetahui apa saja limbah organik yang bisa diolah menjadi barang kerajinan unik. Lantas, bagaimana proses pengolahan limbah organik tersebut ?

Bagaimana proses pengolahan limbah organik ?

Proses pengolahan masing-masing bahan limbah organik secara umum sama. Pengolahan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin. Prosesnya yaitu:

a. Pemilahan bahan limbah organik
Sebelum didaur ulang bahan limbah organik harus diseleksi terlebih dahulu untuk menentukan bahan mana yang masih dapat dipergunakan dan mana yang sudah seharusnya dibuang. Pemilahan bahan dapat dilakukan secara manual dan disesuaikan dengan tujuan penggunaan bahan yang telah dirancang.

b. Pembersihan limbah organik
Limbah organik yang sudah terseleksi harus dibersihkan dahulu dari sisa sisa bahan yang telah dimanfaatkan sebelumnya. Misalnya saja kulit jagung, maka kulit jagung harus dipisahkan dari tongkol dan rambutnya. Lalu apakah tongkol dan rambutnya juga akan didaur ulang atau tidak itu tergantung dari perancangan produk.

c. Pengeringan
Bahan limbah organik yang sifatnya basah harus diolah dengan cara dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, agar kadar air dapat hilang dan bahan limbah dapat diolah dengan sempurna.

d. Pewarnaan
Pewarnaan pada bahan limbah organik yang sudah kering merupakan selera. Jika dalam desain diperlukan bahan limbah yang diberi warna maka bahan limbah perlu diwarnai terlebih dahulu sebelum diproses sebagai produk kerajinan. Proses pewarnaan yang umum dilakukan pada bahan limbah organik basah adalah dengan cara dicelup atau direbus bersama zat warna tekstil agar menyerap. Sedangkan bahan limbah organik kering dapat diwarnai dengan cara divernis/dipolitur, dapat pula dicat menggunakan cat akrilik atau cat minyak.

e. Pengeringan setelah pewarnaan
Setelah diberi warna, bahan limbah organik harus dikeringkan kembali dengan sinar matahari langsung agar warna pada bahan baku dapat kering sempurna tidak mudah luntur.

f. Finishing sebagai proses akhir agar siap pakai
Bahan limbah organik yang sudah kering dapat difinishing agar mudah diproses menjadi karya. Proses finishing juga berbagai macam caranya, seperti diseterika untuk limbah kulit agar tidak kusut, dapat pula digerinda, atau diamplas.

Demikian tadi penjelasan kita mengenai limbah organik, semoga kita bisa memanfaatkan limbah yang ada disekitar kita, selain untuk merawat lingkungan kita juga mendapatkan untung dari limbah yang telah kita kelola, mulai sekarang mari kita berfikir maju dan menumbuhkan pemikiran-pemikiran yang kreatif.
Top