Rogoh Sedikit Kocek Saja, Rubah Desain Dapur Minimalis Sederhana Jadi Lebih Elegan

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 02 Oct 2018

Rogoh Sedikit Kocek Saja, Rubah Desain Dapur Minimalis Sederhana Jadi Lebih Elegan

Desain dapur minimalis via karyapemuda.com

Banyak pertanyaan masuk mengenai biaya, berapa sih biaya bikin dapur minimalis? 

Tentunya setiap rumah dan daerah berbeda tergantung berapa besar biaya tukang dan bahan.

Tapi secara kasar Anda bisa menghitung dari kebutuhan-kebutuhan berikut ini.

Sebuah desain yang sederhana dan sangat fungsional. Desain dapur minimalis sederhana akan kami sampaikan dalam artikel ini. 

Simak lebih lengkapnya disini bila Anda ingin membuat dapur minimalis dan sederhana.

Artikel ini menyajikan beberapa desain dapur minimalis yang simpel, beberapa tips membuat dapur minimalis cantik elegan akan kami bahas juga disini. Sehingga membuat dapur Anda terlihat elegan dan menawan.

Salah satu area yang memiliki peran penting dalam melancarkan aktivitas keluarga dalam kehidupan sehari-hari adalah dapur. Oleh karena itu, dapur perlu didesain mengikuti kebutuhan penghuninya. 

Desain dapur minimalis modern merupakan salah satu desain dapur yang dapat dijadikan pilihan untuk memfasilitasi gaya hidup keluarga yang ingin kegiatan serba praktis dan nggak mau repot.

Apakah Anda dan keluarga memiliki prinsip yang sama? Jika iya, kali ini Kami memiliki 7 rekomendasi desain dapur minimalis inspirasi yang bisa Anda tiru dan aplikasikan di rumah.

7 Inspirasi Dapur Minimalis Modern Untuk Keluarga Masa Kini

Dibawah ini adalah rekomendasi desain dapur yang bisa Anda coba:

1. Dapur minimalis modern dengan ekstra storage

Sebagai salah satu area yang membutuhkan banyak peralatan sekaligus digunakan untuk menyimpan persediaan makanan, dapur memerlukan storage atau tempat penyimpanan yang memadai. 

Desain dapur minimalis modern yang satu ini memanfaatkan seluruh sisi dinding untuk dipasang lemari penyimpanan. 

Dengan desain dapur minimalis modern seperti ini, kamu nggak perlu lagi khawatir lagi dapur terlihat berantakan.

2. Efisien dengan desain dapur yang menyatu dengan ruang makan

Konsep dapur minimalis modern yang menyatu dengan ruang makan bisa menjadi solusi untuk mengakrabkan hubungan antar anggota keluarga. 

Dengan konsep dapur minimalis modern seperti ini, Anda tetap bisa berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya saat masak di dapur.

Nggak hanya itu, proses penyajian makanan pun akan lebih mudah. Anggota keluarga bisa langsung menyantap makanan yang baru saja dimasak.

3. Dapur minimalis modern yang hemat energi

Dapur adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang membutuhkan banyak energi karena pada dasarnya  memasak membutuhkan pasokan air, gas, serta listrik. 

Untuk menjalankan prinsip hemat energi, desain sapur minimalis modern sebaiknya menyediakan ruang masuk untuk cahaya alami seperti jendela dan menggunakan lampu yang memiliki daya listrik rendah sekaligus tahan lama.

Rogoh Sedikit Kocek Saja, Rubah Desain Dapur Minimalis Sederhana Jadi Lebih Elegan

Dapur impian via marketrumah.com

4. Konsep dapur bersih untuk kesehatan anggota keluarga

Dapur termasuk area di dalam rumah yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan keluarga, maka dari itu Anda perlu memperhatikan faktor kebersihan dapurmu. 

Menerapkan tema serba putih pada dapur minimalis modern bisa membantumu menjaga kebersihan dapur.

Yang terpenting adalah Anda juga harus menerapkan perilaku bersih dan tindakan preventif, seperti segera mencuci piring kotor dan merendam rak cuci dengan larutan disinfektan, agar dapur minimalis modern tetap higienis dan terbebas dari kuman.

5. Dapur minimalis modern tanpa lemari atas

Dapur minimalis modern tanpa lemari atas bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memperoleh kesan minimalis yang maksimal. 

Selain itu, dengan menghilangkan kabinet atas, dapur yang mungil tampilannya bisa terlihat lebih lapang sehingga dapur bisa lebih nyaman dan leluasa untuk digunakan. 

Pada desain dapur minimalis modern seperti ini, Anda bisa memasang beberapa ambalan untuk menggantikan fungsi kabinet dapur.

6. Desain dapur space savvy untuk dapur di apartemen dan hunian mungil

Untuk Anda yang tinggal di hunian kecil atau apartemen, ruang yang terbatas menjadi kendala utama dalam menerapkan konsep dapur minimalis modern yang ideal.  

Tapi, perusahaan desain Standard Studio menerapkan desain dapur minimalis modern yang kreatif sebagai solusi untuk menyiasati luas dapur yang terbatas.

Desain dapur yang diterapkan dibuat menyiku dengan bentuk letter L. Dapur minimalis bentuk L ini mengikuti bidang ruangan yang telah ada sebelumnya.

7. Personalisasi dapur minimalis modern dengan kabinet modular

Anda juga bisa memiliki dapur minimalis modern dengan menggunakan kabinet-kabinet modular. 

Keuntungan dari menggunakan kabinet modular adalah Anda bisa dengan mudah merangkai dan memasangnya sendiri, bahkan Anda bisa memadukan warna partisi kabinet yang berbeda-beda di desain dapur modular.

Sama halnya dengan dapur konvensional, dapur minimalis modern yang menggunakan kabinet modular juga bisa dipasang menyesuaikan dengan ukuran dapur.

Dari ketujuh desain dapur minimalis idaman modern ini, desain dapur yang mana yang bisa menfasilitasi kebutuhan Anda dan keluarga? 

Model dapur minimalis elegan serta modern saat ini banyak yang menjadi peminatnya, selain tidak membutuhkan ruangan yang besar desain dapur ini juga sangat cantik, apa lagi jika ditambah dengan desain dapur minimalis full color. 

Wah, pasti kita tidak akan bosan ketika melihat dapur kita yang cantik dan elegan.

Rogoh Sedikit Kocek Saja, Rubah Desain Dapur Minimalis Sederhana Jadi Lebih Elegan

Dapur minimalis via sun-ebank.com

Lalu berapa biaya bikin dapur minimalis? 

Biaya Membangun Dapur Minimalis 

Biaya Membangun Dapur Budget Sekitar 4 Juta:

Kabinet bawah

  • Material: Cor beton ditambah multipleks
  • Finishing: Keramik
  • Dimensi: 240 cm x 60 cm x 80 cm
  • Harga: Rp. 1.400.000,-

Kabinet atas

  • Material: Multipleks
  • Finishing: HPL
  • Dimensi: 150 cm x 40 cm x 80 cm
  • Aksesoris: Rak piring dan ambalan
  • Harga: Rp. 1.900.000,-

Backpanel

  • Material: Glass Block
  • Finishing: –
  • Dimensi: 380 cm x 15 cm x 80 cm
  • Harga: Rp. 900.000,-

Table top

  • Material: Keramik
  • Finishing: Keramik
  • Dimensi: 250 cm x 60 cm x 10 cm
  • Harga: Rp. 300.000

Biaya untuk membangun dapur dengan perhitungan diatas maka hanya akan menghabiskan biaya 4juta lebih sedikit, dan untuk berjaga jaga dengan adanya rencana tak terduga yang bisa menyita biaya diluar rencana, maka harus anda siapkan paling tidak total yang anda rencanakan adalah 5-juta yang sudah digabung dengan biaya tambahan di luar agenda tersebut. 

Contoh estimasi perhitungan pembangunan dapur diatas adalah sample untuk membangun dapur ukuran kecil, sedangkan untuk dapur berukuran besar bisa anda kembangkan sendiri dengan penambahan luas kemudian dikalikan dengan harga harga yang kami jabarkan diatas.

Untuk memberikan gambaran seperti apa sih penampakan dari dapur yang dibangun dengan biaya 4-5 jutaan?

Tidak usah bingung karena disini kami juga akan memberikan contoh gambar dapur kecil yang mungkin bisa anda jadikan ide dalam membangun dapur budget 4 juta. 

Ukuran dapur ini sudah cocok untuk diterapkan dengan keuangan anda sesuai RAB diatas, yuk langsung saja kita lihat beberapa contoh desain dapur kecil budget 4 juta dibawah ini.

Nah, gimana ingin membuat dapur minimalis yang simpel dan elegan bukan? Semoga informasi diatas bermanfaat serta bisa membantu Anda. Demikian artikel ini kami buat, terimakasih sudah membacanya.

SHARE ARTIKEL