Bagaimana Hukum Memakai Bulu Mata Palsu Menurut Islam?

Komentar

bulu mata via thewedding.id

Memiliki bulu mata yang panjang, lebat, dan cantik merupakan idaman setiap perempuan. Karena itu banyak yang melakukan tambal sulam, bahkan memakai bulu mata PALSU.

Lantas apa Islam mentolerir hal ini?

Bulu mata adalah rambut kecil yang kerap kali cewek hias. Entah dipakaikan bulu mata palsu, diberi maskara, atau dihias dengan eyeliner di bagian dekat kulitnya.

Dalam Islam peraturan-peraturan kehidupan memang bisa didapatkan dari hadis dan firman Allah. Bagaimana bulu mata dalam Islam?

Apakah memakai bulu mata palsu haram? Dikutip dari muslimah, bulu mata yang dikenakan di kelopak mata atau di bagian manapun pada mata, jika ia terbuat dari rambut maka tidak ragu lagi keharamannya. Karena ini termasuk perbuatan menyambung rambut, dan terdapat hadits Nabi yang berisi laknat terhadap al washilah (wanita yang menyambung rambut) dan mustaushilah (wanita yang meminta disambung rambutnya).

Jika ia terbuat dari bahan lain, namun bentuknya mirip dengan bulu mata yang terbuat dari rambut, maka hukumnya tidak berbeda. Karena orang yang melihatnya akan mengatakan bahwa ia washilah (wanita yang menyambung rambut).

Jika ia terbuat dari bahan yang selain rambut dan tidak menyerupai bulu mata yang terbuat dari rambut, maka ini hukumnya minimal makruh. Karena di sini tetap ada penyambungan. Hanya saja memang yang terlarang dalam nash adalah menyambung yang berupa rambut dan yang semakna dengannya serta yang semisalnya dengannya dalam hukum dikarenakan adanya unsur tasyabbuh. Jika ada unsur tasyabbuh (menyerupai rambut bulu mata) maka haram untuk menyambungnya apapun bahannya.


ilustrasi kutu bulu mata via miignon.com

Kutu di bulu mata dikenal sebagai demodex folliculitis, yaitu parasit yang bisa ditemukan pada folikel rambut di bagian wajah kita. Kutu-kutu ini dapat ditemukan di hidung, pipi, dagu, alis, dan khususnya di daerah bulu mata.

Saking kecilnya, bisa jadi pada satu folikel bulu mata terdapat lebih dari duapuluh lima kutu, lho. Demodex folliculitis termasuk hewan yang tidak suka cahaya. Mereka lebih suka keluar dari folikel rambut dan kemudian merangkak di sekitar kulit penderitanya di malam hari.a

Meskipun bisa dianggap tidak berbahaya, tetapi jika jumlah kutu yang bersarang di bulu mata terlalu banyak, dapat mengakibatkan bulu mata menjadi rontok dan kulit wajah menjadi terinfeksi.

Kutu-kutu ini umunya datang karena kebiasaan menerapkan riasan yang terlalu berlebihan sehingga menyebabkan penimbunan minyak dan kotoran di kulit. Apalagi, situasi ini akan bertambah parah jika dibarengi dengan kebiasaan malas mencuci muka sebelum tidur atau selesai beraktivitas.

Baca Juga : Meski Tersembunyi, Bolehkah Wanita Memakai Gelang Kaki? Begini Hukumnya Dalam Islam


Bulu Mata Fungsi

ilustrasi fungsi bulu mata via agustinegozali.com

Tanpa kita sadari Tuhan telah menciptakan mata kita satu paket dengan pelindungnya yaitu bulu mata. Apa bulu mata fungsi untuk manusia? Berikut ini beberapa bulu mata fungsi yang harus Anda tahu.

1. Melindungi mata dari debu
Bulu mata yang menempel pada ujung bagian luar kelopak mata kita bukan hanya sebagai hiasan, bulu mata kita mempunyai fungsi yang sangat luar biasa yaitu dapat melindungi mata kita dari berbagai bahaya yang dapat masuk ke mata seperti debu. Jika debu masuk ke mata maka dapat membahayakan kesehatan mata dan merusak mata. Beberapa penyakit mata yang disebabkan oleh debu seperti mata merah, kering dan belekan.

2. Menghalangi hewan kecil yang hendak masuk ke mata
Bulu mata fungsi juga dapat menghalangi hewan kecil yang hendak masuk kemata. Sehingga hewan tersebut akan tersangkut di bulu mata kita. Dan mata kita akan tetap terlindungi oleh bulu mata dari gangguan dan bahaya hewan kecil yang dapat membuat mata kita sakit.

3. Menyaring intensitas cahaya yang masuk ke mata
Dengan adanya bulu mata, mata tidak secara langsung akan terkena cahaya tetapi akan disaring terlebih dahulu oleh bulu mata kemudian jika memang cahaya bersifat aman maka mata akan dapat menerima pancaran atau sinar cahaya tersebut, dan biasanya jika bulu mata cahaya berbahaya maka mata akan menolak untuk melihat cahaya tersebut dengan cara menutup mata dan menghalangi cahaya tersebut masuk kemata dengan bulu mata.

4. Menghasilkan lemak yang dapat mencegah kedua kelopak mata lengket
Kelenjar meibow pada bulu mata berfungsi untuk mencegah kedua kelopak mata lengket saat berkedip. Hal ini karena kelenjar meibow menghasilkan lemak yang bersifat seperti minyak sehingga menimbulkan efek tidak lengket pada mata.

5. Mempercantik mata
Selain mempunyai fungsi kesehatan bulu mata berfungsi mempercantik penampilan mata. Apalagi untuk seorang wanita maka bulu mata sangat mempengaruhi kecantikan dan penampilan hingga pada alat meke up sekarang terdapat bulu mata palsu yang sering kali di pasang pada mata untuk menambah kesan cantik.

Kadang sempet kesel kan kalau tiba-tiba bulu mata terpotong atau memang sengaja Anda potong, dan akhirnya menyesal karena memotong bulu mata. Apakah bulu mata bisa tumbuh lagi setelah dipotong? Anda gak perlu menyesal, karena bulu mata yang terpotong atau dipotong bisa tumbuh lagi.

Dikutip dari prelo, hal ini dikatakan oleh dr. Nadia Octavia dalam situs online konsultasi dokter. dr. Nadia ini menjelaskan kalau gak perlu khawatir dengan bulu mata tersebut, karena walaupun terpotong, bulu mata itu akan tumbuh lagi sesuai dengan semula dan bukan memanjang sepert rambut.


ilustrasi bulu mata rontok via cewekbanget.grid.id

Setiap orang pasti pernah menemukan bulu matanya rontok. Tentu saja kondisi tersebut merupakan hal yang wajar. Kehilangan sehelai atau dua helai bulu mata merupakan hal yang normal. Kenapa bulu mata rontok? Penyebab kerontokan bulu mata bisa disebabkan karena banyak faktor.

Dilansir dari Live Strong, kondisi kerontokan bulu mata yang berlebihan dinamakan alopecia areata. Hal ini merupakan gejala kelainan pada sistem imun, dimana kelainan tersebut menyebabkan imun menyerang dan merusak bagian jaringan tertentu dalam tubuh.

Tidak hanya karena kelainan sistem imun, stye atau bintitan juga dapat merontokan bulu mata, karena kondisi peradangan yang terjadi di akar folikel rambut bisa juga disebut blefaritis (radang kelopak mata).

Faktor penuaan, menggosok mata secara berlebihan karena alergi, hormon yang tidak seimbang, kemoterapi, stres serta trauma juga dapat berpotensi menyebabkan kerontokan pada bulu mata.

Biasanya kerontokan pada bulu mata juga bisa disebabkan karena kesalahan ketika memakai atau membersihkan makeup yang berlebihan di bagian mata. Mulai dari penggunaan maskara, salah menggunakan bulu mata palsu atau prosedur pemanjangan bulu mata, sampai dengan menggosokan bulu mata secara berlebihan ketika membersihkan make up.

Bisakah minyak zaitun menebalkan bulu mata? Kegunaan minyak zaitun bisa diaplikasikan untuk memperpanjang bulu mata. Minyak zaitun diperoleh dari ekstrak buah zaitun yang mengandung polifenol sebagai antioksidan dan vitamin E yang dapat membuat bulu mata jadi sehat dan cantik alami. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat dimanfaatkan untuk menangkal segala efek radikal bebas.


ilustrasi minyak zaitun untuk bulu mata via caramedika.com

Pengaplikasian minyak zaitun untuk bahan alami dalam memperpanjang bulu mata juga sangat mudah. Caranya adalah:
  1. Pastikan area mata sudah bersih dari makeup seperti mascara maupun eyeliner.
  2. Gunakan cotton bud sebagai aplikator dan oleskan secara perlahan ke bagian bulu mata. Hati-hati saat mengaplikasikan agar tidak terkena mata.
  3. Diamkan beberapa saat, dan gunakan kapas yang dibasuh dengan air hangat untuk membersihkan bekas minyak zaitun yang menempel pada bulu mata.
  4. Agar hasil bulu mata panjang dan lentik lebih maksimal gunakan secara teratur minimal 1 minggu 3 kali.


Nah, itulah penjelasan tentang bulu mata yang dapat kami sampaikan. Apapun kondisinya, setiap muslimah hendaknya bertaqwa kepada Allah Jalla wa ‘ala dan hendaknya ia ridha dengan apa yang Allah takdirkan kepadanya serta ridha terhadap keadaan fisik yang Allah ciptakan untuknya. Semoga bermanfaat.
Top