Bergaya Boleh, Bodoh Jangan! Hendak "Selfie", Wanita Ini Tewas Terjatuh dari Lantai 27

Komentar

Potongan video ketika korban terjatuh dari lantai 27 akibat selfie (rakyatku.com)

Bagi para pecinta foto "Selfie", silahkan bergaya, tapi jangan bertindak bodoh.

Pelajaran berharga bagi kita semua, seorang wanita tewas terjatuh dari lantai 27 akibat hendak melakukan foto selfie.

Begini fakta-faktanya!

Seorang perempuan tewas terjatuh dari lantai 27 sebuah apartemen di Panama ketika hendak berswafoto ( selfie).

Dari video yang beredar terlihat perempuan bernama Sandra Manuela Da Costa Macedo duduk di balkon apartemennya di Luxor Tower, Panama City, Sabtu (13/10/2018).

Begin fakta-fakta yang terjadi!

Kehilangan keseimbangan

Dari potongan rekaman, terlihat perempuan bernama Sandra Manuela Da Costa Macedo terjatuh dari balkon lantai 27 dari apartemennya di Panama City saat melakukan selfie.(IG/elsiglodigital).

Dikutip dari Daily Mirror, Minggu (14/10/2018), Macedo (nama korban) kehilangan keseimbangan dan terjatuh saat berfoto menggunakan tongkat narsis (tongsis).

"Dia gila. Lihat, lihat dia. Lihat, dia terjatuh," teriak si perekam video. Paramedis datang setelah penghuni melapor pukul 10.00 waktu setempat.

Media lokal memberitakan, Macedo sudah tewas ketika paramedis datang. Polisi menyatakan mereka segera menginvestigasi insiden tersebut.

Diduga terjatuh akibat hembusan angin

Otoritas penegak hukum fokus kepada teori bahwa hembusan angin diduga menjadi penyebab perempuan berusia 27 tahun itu terjatuh dan tewas.

Dinas Pemadam Kebakaran Panama mengunggah sebuah kicauan di Twitter berisi imbauan agar warga tidak menciptakan risiko hanya karena selfie.

"Lebih penting kehilangan semenit dalam hidup Anda daripada Anda kehilangan hidup hanya dalam satu menit," terang dinas pemadam kebakaran, seperti dikutip dari kompas.com.

Bukan hanya Macedo, lebih dari 259 kasus orang tewas di seluruh dunia karena selfie

Dikutip dari liputan6.com, Tim peneliti All India Institute of Medical Sciences yang berbasis di New Delhi, baru saja menemukan lebih dari 259 kasus orang tewas di seluruh dunia karena selfie selama enam tahun terakhir.

Penelitian itu dianalisis dari 259 berita yang berhubungan dengan kematian karena selfie sejak Oktober 2011 hingga November 2018.

Penelitian All India Institute of Medical Sciences itu juga telah diterbitkan Journal of Family Medicine and Primary Care periode Juli-Agustus.

Kasus kematian akibat selfie di Indonesia

Di Indonesia sendiri, kasus kematian akibat berfoto selfie sudah sering terjadi.

Dikutip dari kumparan.com, setidaknya ada 5 kasus Selfie berujung maut di Indonesia, diantanya sebagai berikut:


1.  Terpeleset ke kawah Gunung Merapi 

Erri Yunanto (21), mahasiswa Universitas Atma Jaya, Yogyakarta dikabarkan terpeleset dan jatuh ketika melakukan selfie di atas Puncak Garuda, Gunung Merapi pada Sabtu (16/5/2015).

Pada Senin (18/5/2015) tim penyelamat gabungan mengevakuasi tubuh Erri dalam kondisi tewas. Sebanyak 70 orang dikerahkan untuk mengangkat tubuh Erri dari kawah sedalam 200 meter.


2. Hanyut di Pantai Bajul Mati 

Pada 1 Januari 2016, lima orang pria diberitakan hanyut setelah melakukan selfie di Pantai Bajul Mati, Malang Jawa Timur. Diketahui kelimanya tergulung ombak besar dan tenggelam di laut.

Dalam peristiwa tersebut, satu orang selamat dan empat orang lainnya ditemukan tewas.


3. Terseret arus di bendungan

Tiga orang perempuan dikabarkan hanyut di bendungan dekat objek wisata Citumang, Pangandaran, Jawa Barat pada Senin, (29/2/2016).

Ketika mereka sedang selfie di bawah bendungan, air di bendungan itu tiba-tiba saja meluap hingga menyebabkan ketiganya terseret arus dan hanyut.

Seorang perempuan, Mubarokah (19) berhasil selamat sedangkan dua rekannya, Desi Rahayu (22) dan Santi Susanti (20) belum ditemukan.

Baca Juga:

4. Terpeleset di Air Terjun

Agung Reynaldi (16), warga Cengkareng, Jawa Barat dilaporkan tewas setelah selfie di lokasi wisata air terjun Curug Ngumpet, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (5/4/2016).

Sebelum tewas tenggelam, korban pergi bersama delapan teman-temannya ke air terjun tersebut.

Selanjutnya korban mengabadikan momen dengan selfie di bawah air terjun. Ketika berjalan mundur, korban tiba-tiba terpeleset, kemudian tenggelam.


5. Tertabrak kereta

Selvi Hani (16), tewas setelah tertabrak kereta api di perlintasan Benteng Sungai Ular, Desa Sumandi Hulu, Deli Serdang pada Minggu (26/1/2015).

Mulanya Selvi bersama ketiga kawannya pergi untuk jalan-jalan sore. Ketika melintas di rel kereta api Benteng Sungai Ular, ketiganya berhenti dan mengabadikan momen bersama.

Nahas, saat berselfie, tiba-tiba kereta datang dan menghantam tubuh Selvie hingga terpental dan tewas. Sedangkan ketiga teman Selvi berhasil selamat setelah melompat ke area persawahan.

Semua kasus diatas sudah sepatutnya menjadi pelajaran bagi kita semu.

Sekali lagi, silahkan bergaya dengan foto selfie, tapi berselfie dengan cara yang bodoh jangan.
Top