Begini Cara Mempersiapkan Anak Cucu Untuk Menerangi Alam Kubur Orangtuanya

Komentar

Gambar diolah dari liputanislam.com

Masya Allah sungguh sangat membahagiakan untuk setiap orangtua yang sudah meninggal.

Hingga mereka akan heran, Ya Allah bagaimana semua ini bisa terjadi nikmat yang engkau berikan ini ?

Ini karena perbuatan-perbuatan yang dilakukan anak cucumu.


Alam kubur menjadi tempat pertama manusia setelah hidup di dunia, di alam barzah seseorang akan melihat dan mendapatkan balasan dari apa yang dikerjakannya selama didunia.

Jika dialam kubur mendapatkan banyak ampunan dan selamat dari siksa dari malaikat-malaikat Allah, Insya allah perjalanan selanjutnya hingga ke surga akan mudah, Amin.

Namun sebaliknya jika di alam kubur saja sudah mengalami kesusahan dengan banyaknya penderitaan dan siksaan karena balasan atas perbuatan didunia maka celakalah kita, Naudzubillah.

Persiapkan Mulai Sekarang Bekal Untuk di Alam Akhirat Kelak

Dialam kubur ada kalanya seseorang akan merasa gelap karena kurangnya amal-amal baik dan sebab dari kemaksiatan dan kemungkaran yang dikerjakan.

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda tentang kubur seorang wanita berkulit hitam yang bertugas membersihkan masjid, wanita itu meninggal, kemudian beliau menyalatkan wanita itu di atas kuburnya,

إِنَّ هَذِهِ الْقُبُورَ مَمْلُوءَةٌ ظُلْمَةً عَلَى أَهْلِهَا وَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يُنَوِّرُهَا لَهُمْ بِصَلَاتِي عَلَيْهِمْ

“Sungguh kuburan-kuburan ini penuh dengan kegelapan atas penghuninya dan sungguh Allah‘Azza wa Jalla akan meneranginya untuk mereka dengan shalatku atas mereka.” (HR. Muslim)

Ibnu ‘Alan di Syarh Riyadhus Shalihin menerangkan maknanya, “sesungguhnya kubur penuh kegelapan karena tidak ada jendela yang bisa dimasuki cahaya. Tidak bisa menyinari (menerangi)-nya kecuali amal-amal shalih dan syafa’at yang diterima oleh Allah Ta’ala.”

Baca juga : Bagaimana Anak Mau Sehat, Dari Bayi Saja Sudah Mencium Asap Rokok Orangtuanya

Anak Cucu Kita yang Bisa Menerangi Kita Di Alam Kubur Karena Amal Baiknya

“Dari Abu Hurairah – Radhiyallahu ‘Anhu – berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda: ‘Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla meninggikan derajat seorang hamba-Nya yang Shaleh di surga, sehingga hamba tersebut bertanya: ‘Ya Rabb, Bagaimanakah semua ini (bisa menjadi) milikku?, Allah berfirman menjawabnya: ‘Karena Istighfar anakmu untuk dirimu’.”_ (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Hikmah dan Pelajaran yang Harus Diajarkan Orangtua Kepada Anaknya

1. Ajarkan Anak Cucu Kita Memperbanyak Istighfar

Allah akan meninggikan derajat kita karena amal baik dan banyaknya istighfar yang di mohonkan anak cucu kita kepada Allah SWT.

2. Anak Cucu yang Sholeh dan Sholihah adalah Aset Orangtua di Akhirat

Beruntunglah setiap orangtua yang memiliki anak shaleh shalihah, kelak mereka akan berkumpul bersama kita di surga dan mampu memberikan syafaat kepada orangtuanya.

Baca juga : Kebiasaan Inilah Ciri-ciri Orang yang Tidak Takut Dengan Azab Allah

3. Anak Cucu yang Sholeh Sholihah Menjadi Amal Jariyah Orangtuanya

“Jika seorang manusia wafat, maka semua amalannya akan terputus kecuali tiga perkara ; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat (bagi oranglain), dan doa anaknya yang shalih untuknya” (HR Muslim : 1631.

Salah satu keutamaan mendoakan orang-orang mukmin laki-laki ataupun perempuan adalah sebagaimana dalam hadis Ubadah bin Shamit radhiyallahu’anhu riwayat Ath-Thabarani :

Baca juga : Baca Doa Ini Setiap Usai Shalat Agar Selamat dari Bencana dan Mara Bahaya

«من استغفر للمؤمنين وللمؤمنات كتب الله له بكل مؤمن ومؤمنة حسنة»

Artinya : “Barangsiapa yang memohonkan ampunan untuk orang-orang mukminin dan mukminat ,maka Allah akan menuliskan baginya satu kebaikan dari setiap mukmin dan mukminah yang didoakan”. (Dinilai hasan oleh Al-haitsami dalam Al-Majma’ : 10l2101 dan Al-Albani dalam Shahihul-jami’ : 6026)

Ini menunjukkan bahwa seorang anak memang seharusnya memohonkan kepada keluarga, orangtua, sudara sesama muslim karena faedah dari setiap doa-doa yang dibaca akan kembali pada dirinya, semoga bermanfaat.
Top