Katanya Bahaya Mandi Malam Sangat Besar, Lalu Bagaimana Jika Junub Malam Hari?

Komentar

bahaya mandi malam via satujam.com

Menurut medis katanya mandi malam hari itu berbahaya? Lalu bagaimana jika suami istri melakukan hubungan di malam hari? Apa sholat subuhnya ditinggalkan?

Nah, bukan melawan fakta para ilmuwan. Tapi begini Islam memberikan petunjuk, yang bikin manusia tetap sehat dan ibadah lancar.

Sering kali kita mendapat teguran dari orang tua atau orang-orang terdekat saat kita mandi di malam hari. Mereka bilang mandi malam-malam tidak baik bagi kesehatan. Benarkah mandi malam bahaya? Lantas, apa manfaat dan bahaya mandi di malam hari?

Selama ini kita tahu bahwa mandi adalah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi.

Dalam Islam mandi menjadi salah satu perkara penting karena berkaitan dengan kebersihan. Cara mandi dalam Islam juga sudah diajarkan dan diperintahkan dalam sumber pokok ajaran Islam. Salah satunya terdapat dalam firman Allah SWT dalam Al-qur’an surat Al-Baqarah ayat 222 :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya:
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat, dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.”

Di Indonesia, mandi pada umumnya dilakukan 2 kali sehari, yakni pada waktu pagi dan juga waktu sore.

Namun, ada juga beberapa orang yang memilih untuk mandi pada waktu malam. Jika anda salah seorang yang biasa melakukan kebiasaan mandi di malam hari, maka sebaiknya anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Karena bahaya mandi malam menurut Islam berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Menurut sumber syariat Islam, terdapat 3 waktu dimana seseorang tidak dianjurkan atau dilarang mandi, yakni:

1. 30 Menit Setelah Shalat Asar
Hal ini mungkin paling sering dilakukan oleh banyak orang karena pada waktu-waktu inilah tubuh kita biasanya akan merasa gerah dan berkeringat akibat aktifitas yang telah dilakukan seharian.

Jika anda salah satu orang yang membiasakan diri mandi di waktu tersebut, maka sebaiknya kebiasaan tersebut anda hentikan.

Alasannya adalah waktu tersebut merupakan waktu dimana darah di dalam diri kita ketika itu sedang panas, jika kita mandi ketika itu, akan menyebabkan badan menjadi lelah dan penat untuk melakukan kegiatan-kegiatan setelahnya.

2.  Setelah Maghrib
Barangkali anda sering mendengar petuah orang tua/nenek yang melarang kita untuk mandi setelah maghrib. Ada baiknya anda tidak menyepelekan larangan tersebut karena ternyata hal tersebut juga tidak dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Adapun alasan mengapa kita tidak boleh mandi setelah maghrib karena jantung kita setelah maghrib sudah mulai lemah untuk melakukan aktifitas.

Sehingga jika anda nekat untuk mandi di waktu tersebut maka kemungkinan tubuh akan terkejut. Selain itu, mandi setelah maghrib juga bisa meningkatkan resiko paru-paru basah.

3. Setelah Isya’ sehingga pukul 12 malam
Alasannya dikarenakan setelah Shalat isya, ini saatnya jantung jantung udah mulai beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan terjadinya kerusakan jantung.

Apa bahaya mandi malam untuk tulang? Mandi pada waktu setelah isya juga menjadi salah satu penyebab utama penyakit rematik. Jadi, mandi sesudah jam 19.00 hingga tengah malam memang nggak disarankan.

Rasulullah menyarankan jika mandi yang baik yaitu pada sepertiga malam atau sebelum fajar, setelah shalat subuh, dan menjelang maghrib.


ilustrasi bahaya mandi malam via grid.id

Larangan mandi di malam hari menurut islam ini ternyata juga mendapat dukungan dari pihak kesehatan, karena hal tersebut memberi efek bahaya mandi malam bagi kesehatan serta dapat memicu terjadinya berbagai penyakit. Benarkah mandi malam bahaya? Berikut beberapa bahaya mandi malam menurut dokter.

1. Mandi malam menyebabkan rematik
Reumatik adalah penyakit autoimun, yaitu penyakit yang terjadi pada peradangan persendian, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena.

Penyebab reumatik sendiri belum terlalu jelas, menurut para ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang yang telah bersia produktif.

2. Mandi malam menyebabkan penuaan dini
Mandi malam bisa mempercepat penuaan dini. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin saat kita mandi malam, hal ini berakibat metabolisme tubuh meningkat. Untuk itu tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya.

3. Mandi Malam Menyebabkan Paru Paru Basah
Mandi malam bisa menyebabkan paru-paru basah. Mitos ini juga tidaklah benar. Paru-paru basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara. Penderita biasanya mengalami batuk berdahak, sulit bernafas, hingga badannya menggigil.

4. Asam Urat
Dapat mengakibatkan serangan asam urat. Penyakit ini sebenarnya terjadi karena banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Dan hal tersebut dapat mengakibatkan ginjal tak mampu menampung ataupun membuang zat tersebut.

5. Mandi malam menyebabkan metabolisme tubuh terganggu
Ketika anda mandi malam, maka anda harus berhati-hati karena bisa mengganggu metabolisme tubuh, mengapa bisa demikian? hal ini dikarenakan ketika malam hari, suhu tubuh cenderung sudah mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Jika kita mandi dan pori-pori terbuka maka air akan masuk ke tubuh dan menyebabkan gangguan hormon tubuh.

6. Mandi malam menyebabkan masuk angin
Malam hari adalah waktunya tubuh beristirahat, mandi malam hari ternyata beberapa juga dapat menyebabkan tubuh masuk angin dan meriang. Terutama jika suhu tubuh anda saat mandi masih tinggi dan panas.

7. Mandi malam bisa membuat demam
Terkait pori pori tubuh dan panas tubuh mulai meningkat di malam hari, sebaiknya anda menghindarinya. Hal ini disebabkan jika tubuh “panas” kita disiram air dingin pada malam hari maka pori pori yang sedang terbuka akan membuat badan panas dan dingin seperti demam.

8. Mandi malam bisa berdampak pada nyeri otot
Tidak sedikit orang yang mandi malam hari merasakan nyeri otot, hal ini disebabkan karena air dingin pada malam hari seperti merasuki tubuh melalui pori pori tubuh.

Baca Juga : Kandungan Berbahaya Dalam Coca Cola, Bisa Akibatkan Kematian?

Demikian penjelasan tentang bahaya mandi malam menurut Islam dan dokter. Dengan adanya artikel ini sebaiknya kita lebih bijak dalam menyikapinya, dampak bahaya mandi malam hari mungkin saja dapat menyerang diri kita sendiri. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Top