Alis Mata Sering Kedutan Katanya Kita Sedang Dijelek-jelekan Orang, Benarkah?

Komentar

alis mata via kumparan.com

Katanya kalau alis mata kiri kita kedutan, katanya sedang dijelek-jelekkan, bisa juga di fitnah orang. Itu di Jawa? Apa benar?

Karena itu kita bongkar semua hal itu dari segi agama, medis dan katanya orang.

Tak dapat dipungkiri, alis menjadi salah satu rambut wajah yang paling diperhatikan serta dijaga. Bagaimana tidak, bentuk alis dapat memberikan bentuk wajah yang berbeda. Selain itu, alis juga berfungsi untuk menjaga mata dari aneka cairan.

Yuk kita siak selengkapnya tentang alis mata berikut ini!

Apa fungsi alis mata ?

Alis mata berfungsi untuk membantu menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata. Alis mata pada umumnya memainkan lebih banyak peran kosmetik. Menjadi ciri khas wajah seseorang, pria dan wanita untuk meningkatkan penampilan mereka secara keseluruhan.

Mengapa alis mata rontok ?


alis mata rontok via cathydoll.co.id

ketahui apa yang menyebabkan alis anda rontok berikut ini.

1. Mencabut Alis Berlebihan
Mencabut alis adalah salah satu cara untuk menjaga agar bantuknya tetap rapi dan cantik. Sayangnya, mencabut alis secara berlebihan justru akan membuat alis Anda mudah rontok.

2. Stress
Seperti yang dilansir dari Stylecraze.com, stres juga dapat memicu kerontokan rambut yang bahkan bisa mempengaruhi alis Anda. Telogen effluvium adalah kondisi ketika stress menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Tidak hanya terjadi para rambut saja, alis juga bisa terpengaruh oleh kondisi ini.

3. Memiliki Masalah Kulit
Masalah kulit seperti eksim, psoriasis, seborrheic dermatitis, atau infeksi pada folikel rambut dapat menyebabkan rasa gatal, kemerahan dan peradangan di sekitar alis. Menggaruk kulit di sekitar area masalah kulit ini bisa menyebabkan alis rontok.

4. Kekurangan Nutrisi
Apa yang Anda konsumsi setiap hari mempengaruhi kondisi tubuh Anda termasuk alis. Kerontokan rambut di daerah kepala atau alis bisa menjadi pertanda bahwa Anda kekurangan nutrisi seperti zat besi, zinc, protein, vitamin D, vitamin B12, biotin, dan asam lemak omega-3.

5. Gangguan Fungsi Tiroid
Kelenjar tirodi mengatur berbagai fungsi tubuh dengan melepaskan hormon. Ketika fungsinya terganggu, hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda termasuk kondisi kerontokan rambut serta alis.

Alis mata nyambung

alis mata nyambung via cerpen.co.id

Inilah mitos dari alis mata nyambung dan tebal.

1. Mitos bisa melikat makhluk ghaib
2. Mitos jodoh dekat
3. Mitos mudah memperoleh rezeki
4. Mitos orang yang mudah marah
5. Mitos orang yang percaya diri
6. Mitos keturunan arab

Mengapa alis mata tidak tumbuh panjang ?

Mengapa alis mata tidak tumbuh pajang seperti rambut. Inilah jawabannya.

rambut halus di atas mata ini hanya tumbuh selama satu bulan sebelum akhirnya rontok dan berganti dengan alis baru. Karena itu, alis mata tidak dapat tumbuh sepanjang rambut kita. Kalau alis mata tumbuh seperti rambut di kepala kita, mata akan tertutup dan kita pasti akan kesulitan untuk melihat.

Alis mata adalah rambut halus yang mempunyai struktur yang berbeda dengan rambut. Rambut yang tumbuh di kepala mempunyai akar rambut yang berhubungan dengan banyak pembuluh darah di kepala, sehingga mendapat pasokan nutrisi yang cukup. Itu sebabnya, rambut dapat tumbuh terus menerus.

Meskipun rontok, alis kita tidak akan botak, kok. Kerontokan alis mata tidak begitu terasa, karena rontoknya tidak sekaligus dan akan tumbuh rambut halus yang baru.

Apa saja alat untuk membentuk alis mata ?

Apa saja sih yang Anda perlukan? Yuk, simak rangkumannya berikut ini!

1. PINSET

pinset alis via wollipop.detik.com

Tweezer atau pinset adalah alat wajib yang harus Anda punya kalau ingin merapikan alis sendiri di rumah. Metode tweezing (mencabut alis dengan tweezer) ini merupakan metode paling sederhana dan sangat cocok untuk Anda yang memiliki tekstur alis tebal.

2. GUNTING

gunting alis via unik-cantik.com

Berbeda dengan gunting biasa, gunting khusus alis ini punya bentuk yang sangat kecil. Fungsinya untuk merapikan rambut alis yang terlalu panjang.

3. SPOOLIE BRUSH

spoolie alis via beautywithembul.blogspot.com

Spoolie Brush ini punya bentuk seperti sikat maskara. Fungsinya untuk menyisir dan merapikan alis agar terkesan lebih natural.

4. PRODUK PENATA ALIS

pensil alis via rumahparfum.com

Setelah alis Anda dibentuk, Anda membutuhkan produk penata alis untuk mengisi celah yang kosong dan membuat alis terlihat lebih berdimensi. Banyak sekali variasi produk alis yang bisa Anda gunakan saat ini, mulai dari pensil alis, brow mascara, brow powder, brow gel, hingga brow pomade.

Alis di mata islam

“Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.” (HR. Ahmad)

Bismillah, tinggalkan angan-angan dan kebiasaan merapihkan (mencukur) alis dgn alasan kecantikan. Sambil yakin, Allah akan tetap menganugerahkan kecantikan, dgn cara-cara ajaibnya. Alis bukan segala-galanya guys. Setuju ga sih????

Lalu sebenarnya, dalil apa sih yang mendasari hal ini?
Nah, coba lihat kutipan ini.

Ketika diusir oleh Allah, Iblis bersumpah di hadapan Rab semesta alam untuk menyesatkan seluruh hamba-Nya.

“Iblis berkata: Aku bersumpah dengan Keagungan-Mu ya Allah, sungguh akan aku sesatkan mereka semua, kecuali para hamba-Mu diantara mereka yang baik imannya.” (QS. Shad: 82–83).

Salah satu diantara misi besar iblis untuk menyesatkan manusia adalah memerintahkan mereka untuk mengubah ciptaan Allah,

“Sungguh aku akan perintahkan mereka untuk mengubah ciptaan Allah.” (QS. An-Nisa: 119)

Namun sebagian besar yang terjebak dalam larangan ini adalah para wanita. Allah jadikan, bagian dari keindahan wanita, tidak ada bulu di wajah selain alis dan bulu mata. Untuk menjaga dari ulah mereka, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang mencukur bulu alisnya.

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah mengatakan,

“Allah melaknat tukang tato, orang yang ditato, al-mutanamishah, dan orang yang merenggangkan gigi, untuk kecantikan, yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. Bukhari 4886, Muslim 2125, dan lainnya).

Apakah Al Mutanamishah itu?

Al-Mutanamishah adalah para wanita yang minta dicukur bulu di wajahnya. Sedangkan wanita yang menjadi tukang cukurnya namanya An-Namishah. (Syarh Muslim An-Nawawi, 14/106).

An-Nawawi juga menegaskan, bahwa larangan dalam hadis ini tertuju untuk bulu alis,

“Larangan tersebut adalah untuk alis dan ujung-ujung wajah..” (Sharh Shahih Muslim, 14/106).

Ibnul Atsir mengatakan,

“An-Namsh adalah menipiskan bulu alis untuk tujuan kecantikan…”

Ibnul Allan mengatakan dalam Syarh Riyadhus Shalihin,

“An-Namishah adalah wanita yang mencukur bulu alis wanita lain atau menipiskannya agar kelihatan lebih cantik. Sedangkan Al-Mutanamishah adalah wanita yang menyuruh orang lain untuk mencukur bulu alisnya.” (Dalil al-Falihin, 8:482).

Beberapa ulama yang mengarang kitab kumpulan dosa-dosa besar, seperti Imam Adz-Dzahabi dalam kitabnya Al-Kabair, demikian pula Al-Haitami dalam kitabnya Az-Zawajir ‘an Irtikab Al-Kabair menyebutkan bahwa salah satu diantara dosa yang masuk daftar dosa besar adalah mencukur atau menipiskan bulu alis. Karena terdapat hadis yang menyebutkan bahwa Allah melaknat para wanita yang mencukur bulu asli di wajahnya, seperti bulu alis, meskipun itu untuk tujuan kecantikan.

Wallahua'lam.

Kenapa alis mata kedutan

Kedutan pada alis mata merukan salah satu gejala dari blefarospasme, suatu keadaan diaman mata selalu berkedut dan berkedip secara berlebihan, yang tidak dapat dikontrol.Kadang disertai kedutan pada wajah,terdapat iritasi mata yang disebabkan oleh paparan cahaya, angin dan debu. penyebab kedutannya gangguan pada organ yang mengatur kordinasi mata, seperti basal ganglia,otak tengah, batang otak,dan gangguan saraf sensoris.

Selain kelainan diatas terdapat kondisi medis yang menyebabkan kedutan yaitu:
  • Bells Palsy
  • konjungtivitis
  • dry eyes
  • uveitis

Gejala kedutan seperti ini memang terkesan ringan dan tidak berbahaya, namun alangkah lebih baiknya Anda periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis mata atau syaraf, agar dokter melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab keluhan Anda,sehingga Anda mendapat penanganan yang sesuai dengankondisi mata Anda. Jadi itulah alasan kenapa alis mata bergerak sendiri.

Demikianlah artikel tentang alis matas. Semoga membantu!
Top