Alasan Mengapa Khabib Serang Tim Mc Gregor : Agama dan Ayah Saya Dihina

Komentar

Image from CNNindonesia.com

Salut buat Khabib, engkaulah saudara seiman kami!

"Semua bisa meremehkan saya, tapi saya punya Allah, biarlah kuasa Allah yang akan membuktikan"

Andai semua orang Islam di Indonesia seperti Khabib, penista agama tak akan berani...

Atlet Mix Martial Art (MMA), Khabib Nurmagomedov, tengah menjadi sorotan media dunia. Dia berhasil mengalahkan lawannya, Conor McGregor di babak keempat pertarungan perebutan gelar UFC.

Tidak hanya itu, Khabib juga sampai keluar ring dan menghajar Dillon Danis, pelatih dari McGregor. Insiden itu mendapat sorotan banyak media.

Seperti yang dikutip dari CNNindonesia.com, bukan tanpa alasan Khabib melakukan aksi itu. Dalam konferensi pers usai pertandingan, Khabib mengaku jengkel dan marah lantaran agama dan ayahnya selalu dihina oleh McGregor sebelum pertandingan.

" Pertama-tama, saya ingin meminta maaf kepada Komisi Atletik Nevada lalu kepada Vegas. Saya tahu ini bukan sisi terbaik saya. Saya hanyalah seorang manusia," ujar Khabib, dikutip dari Independent, Senin 8 Oktober 2018.

Dia mengaku tidak paham mengapa tindakannya keluar ring. " Dia (McGregor) bicara soal agama saya, dia bicara soal negara saya, dia bicara soal ayah saya," kata Khabib.

Kejahatan McGregor Malah Tidak Disorot

Khabib juga menjelaskan McGregor pernah datang ke Brooklyn dan membuat kekacauan dan hampir membunuh orang. Tetapi, tindakan Khabib justu yang disorot.

"Bagaimana ini? Mengapa orang lebih banyak bicara soal saya melompat dari ring? Saya tidak mengerti," ucap Khabib.

Lebih lanjut, Khabib mengingatkan MMA adalah olahraga terhormat. Dia menegaskan MMA bukanlah olahraga adu mulut.

"Saya ingin mengubah olahraga ini. Anda tidak bisa bicara soal agama, soal kewarganegaraan," tegas dia.

Baca Juga :

Khabib Piting McGregor


Khabib membuat McGregor tidak berkutik dengan pitingan pada leher, mengakhiri babak keempat pertarungan. Pitingan itu dia lepaskan usai McGregor menepuk sebanyak empat kali, pertanda menyerah.

Khabib lalu mendatangi tim McGregor dan meneriaki mereka. Beberapa saat kemudian, Khabib melompar keluar ring, dan menjatuhkan pukulan ke Danis.

Tiga kawan Khabib merangsek masuk ring dan menghajar McGregor. Salah satunya adalah peraih gelar UFC Flyweight Zubaira Tukhurov, yang memukul bagian belakang McGregor.

Presiden UFC, Dana White, menyatakan tiga rekan Khabib telah ditahan akibat insiden ini. Dia lalu menjatuhkan sanksi para petarung yang terlibat dalam insiden tersebut tidak akan lagi bisa bertarung di MMA.

Komentar Presiden MMA

White mengaku kecewa dengan insiden ini. Dia mengatakan insiden ini justru menunjukkan sisi gelap dari MMA.

"Saya sudah melakukan ini (berlaga di MMA) selama 18 tahun dan saya benar-benar kecewa," kata dia.

Dia juga merasa sedikit jengkel dengan insiden tersebut. Dia menyayangkan seharusnya insiden tersebut tidak terjadi.

"Ini seharusnya jadi pekan yang menyenangkan untuk semua. Tapi harus berakhir menjengkelkan seperti ini," kata dia.

White akhirnya menolak memberikan gelar juara kepada Khabib di atas ring. Salah satu alasan yang dia kemukakan adalah faktor keamanan.

Penjelasan khabib seusai pertarungan

Dalam konferensi pers usai pertarungan, Khabib mengaku kesal dengan McGregor dan timnya karena sering mengejek secara personal sepanjang persiapan jelang pertarungan.

"Saya minta maaf kepada komisi atletik [Nevada], minta maaf ke Las Vegas. Ini bukan sisi terbaik saya. Saya hanya manusia biasa dan saya tidak mengerti kenapa orang-orang hanya berbicara mengenai saya melompati pagar [dan menyerang]," ujar Khabib dikutip dari Independent.

"Lalu bagaimana tentang dia berbicara mengenai agama saya, bicara tentang negara saya, dia bicara tentang ayah saya. Dia datang ke Brooklyn dan merusak bus [pada April 2018] serta hampir membunuh orang-orang. Lalu kenapa orang-orang hanya membicarakan saya melompati pagar?" ucap Khabib.

McGregor sering menghina Khabib jelang pertarungan di Las Vegas. Selain menyebut ayah Khabib sebagai sosok yang 'bau', McGregor juga menyebut manajer Khabib, Ali Abdelaziz, sebagai teroris.

Lebih lanjut Khabib mengaku ingin mengubah citra petarung UFC. Petarung yang dijuluki 'Si Elang' itu berharap para petarung UFC tidak membawa-bawa agama saat melakukan konferensi pers.

"Ini olahraga terhormat. Ini bukan olahraga mulut. Saya ingin mengubah citra olahraga ini. Anda tidak bisa berbicara mengenai agama dan negara," ujar Khabib.

Khabib merupakan petarung Muslim pertama yang sukses merebut gelar juara dunia UFC. Kemenangan atas McGregor menjadi sukses pertama Khabib mempertahankan gelar kelas ringan UFC.
Top