Gambaran Geliat Manusia Ketika di Yaumul Ba'ats, Haus yang Tak Ada Habis-habisnya

Komentar

yaumul baats via palembang.tribunnews.com

Apa yaumul ba'ats itu? Jelas tergambar dalam surat az Zumar begitu panasnya? Bagaimana nanti kita mampu menghadapi jika masih belum bertaubat atas dosa-dosa kita ini?

Masihkah Anda tidak mau sholat? Masihkah tidak mau membaca Al Qur'an? Masihkah pelit dan itung-itungan saat bersedekah?

Allah Azza wa Jalla telah mengutus Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan. Beliau n datang membawa kebenaran sebelum datangnya hari Kiamat. Tidaklah beliau meninggalkan kebaikan apapun, kecuali telah beliau jelaskan kepada umatnya. Dan tidaklah beliau meninggalkan keburukan apapun juga, kecuali telah beliau peringatkan.

Di antara kewajiban yang telah beliau jelaskan, yaitu beriman kepada hari Akhir. Yang merupakan salah satu dari rukun iman yang enam. Dan termasuk pokok-pokok aqidah Islam yang besar. Di dalamnya terkandung pengertian adanya beriman kepada al ba’ts, yaitu hari kebangkitan).

Yuk simak selengkapntya tentang yaumul ba'ats berikut ini!

Apa yaumul ba'ats ?

apa yaumul baats via gadogadozaman.blogspot.com

Yaumul Baats adalah suatu saat di mana semua mahluk yang bernyawa dan berakal akan dibangkitkan setelah mengalami kematian atau kiamat. Semua manusia pasti akan dihidupkan dan dibangkitkan kembali oleh Allah swt. untuk dimintai pertanggungjawabannya selama hidup di dunia.

Istilah lain yaumul ba'ats adalah adalah haru kebangkitan.

Urutan peristiwa setelah yaumul ba'ats adalah

1. Yaumul Barzah, adalah hari penantian seluruh umat manusia yang telah    meninggal. Yaitu nanti masa dibangkitkan manusia dari alam kubur untuk menhadap kepada Allah guna mempertanggungjawabkan seluruh amal perbuatan ketika di dunia.

2. Yaumul Ba'ats, adalah hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur.

3. Yaumul Mahsyar, adalah hari dikumpulkannya manusia setelah dibangkitkan dari alam kubur, untuk menunggu pengadilan dari Allah SWT.

4.Yaumul Hisab, adalah hari perhitungan amal perbuatan manusia selama selama hidup di dunia.

5.Yaumul Mizan, adalah penimbangan amal perbuatan manusia setelah diperhitungkan baik buruknya selama hidup di dunia.

6. Sirat,  adalah jalur atau jalan penentu dari masing-masing manusia stelah dihisab dan ditimbang amal baik buruknya. Pada tahap ini manuisa akan ditentukan msuk neraka atau masuk surga . Hal ini tergantung amal baik dan amal buruk.

7. Syafaat, adalah pertolongan yang diperoleh umat manusia yang beriman, Islam dan ihsan. Pertolongan tersebut berasal dari amal perbuatan yang baik ketika di dunia. Bagi orang beriman dan beramal saleh kelak pada hari Kiamat akan mendapat syafaat berupa kemudahan dan keringanan dari berbagai kesulitan yang dihadapi.

8.Surga dan Neraka, adalah tempat terakhir pembalasan manusia. Bagi yang beramal baik akan masuk surga dan sebaliknya orang yang beramal buruk akan masuk neraka.

Ciri ciri yaumul ba'ats

Pengertian yaumul ba'ats adalah yaitu alam kebangkitan. Dimana seluruh manusia yang telah melewati hari kiamat dan menemukan ajalnya kemudian di bangkitkan kembali oleh Allah SWT. Dikembalikannya lagi ruh ke dalam jasadnya kemudian di bangkitkannya kembali untuk menuju adzab atau kenikmatan surga.

Yaumul baats atau alam kebangkitan ini sudah semestinya kita sebagai umat Muslim patut mempercayainya. Di dalam pengertian yaumul ba'ats pun sudah di katakan bahwa seluruh umat manusia akan dibangkitkan kembali dan menuju alam abadi yang tidak ada batas dan ujungnya.

Dimana ketika manusia tersebut merupakan manusia yang baik dan dipenuhi oleh iman kepada Allah SWT, maka surga lah tempatnya dan selamanya akan di dalam sana. Namun apabila manusia tersebut jatuh ke dalam neraka namun masih terdapat iman di hatinya, maka Allah SWT akan mengeluarkannya dari neraka tersebut.

Yaumul ba'ats dan dalilnya

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing). [az Zumar/39 : 68].”

Hikmah dari yaumul ba'ats

hikmah yaumul baats via yasinan.com

Di hari kebangkitan manusia dibangkitkan kembali adalah untuk memperhitungkan amal dan dosanya di dunia. Jadi hikmah dari peristiwa tersebut adalah selama kita di dunia, sekecil apapun amal atau dosa yang kita perbuat akan dapat balasannya di akhir nanti. Dengan itu kita diharapkan akan senantiasa berbuat baik dan beramal sholeh.

Berapa lama yaumul hisab ?

Yaumul hisab atau hari perhitungan amal adalah hari dimana Allah memperlihatkan kepada hamba-hamba-Nya tentang amal mereka. Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ إِلَيْنَا إِيَابَهُمْ (25) ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُمْ (26)

“Sungguh, kepada Kami-lah mereka kembali. kemudian sesungguhnya (kewajiban) Kami-lah membuat perhitungan atas mereka.” (QS. Al-Ghasyiyah: 25 – 26).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering berdoa di dalam sholat dengan mengucapkan:

اَللَّهُمَّ حَاسِبْنِيْ حِسَابًا يَسِيْرَا

Allohumma haasibni hisaaban yasiiro (Ya Allah, hisablah diriku dengan hisab yang mudah.”

Kemudian ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bertanya tentang apa itu hisab yang mudah? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Allah memperlihatkan kitab (hamba)-Nya kemudian Allah memaafkannya begitu saja. Barangsiapa yang dipersulit hisabnya, niscaya ia akan binasa.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, VI/48, 185, al-Hakim, I/255, dan Ibnu Abi ‘Ashim dalam Kitaabus Sunnah, no. 885. Hadits ini dinilai shohih oleh al-Hakim dan adz-Dzahabi).

Itulah pengertian yaumul ba'ats yang bisa Anda ketahui. Sebagai umat Muslim yang taat, sudah sepantasnya mempercayai segala hal yang akan terjadi dan sudah menjadi ketetapan Allah SWT. Untuk itulah hari kiamat akan segera tiba, sudah seharusnya sebagai manusia memperbaiki diri dan juga amalan yang masih belum sempurna. Sebab tidak ada yang bisa mengetahui kapan hari kiamat tersebut tiba dan datang ke muka bumi ini.

Demikianlah artikel tentang yaumul baats. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan keimanan kita.
Top