Waspada, Sering Alami Sakit Perut Sebelah Kiri, Bisa Jadi Tersimpan Penyakit ini

Komentar

sakit perut sebelah kiri via citraindonesia.com

Apa artinya jika Anda mengeluhkan sakit perut sebelah kiri? Apakah sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil? Agar Anda tidak penasaran, yuk simak penjelasannya disini.


Sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa akibat kondisi atau penyakit ringan, seperti ketika memasuki masa ovulasi atau karena tinja yang mengeras. Bisa juga akibat kondisi yang berat, seperti batu ginjal, kista ovarium, atau kanker.

Sebagian orang beranggapan bahwa sakit perut sebelah kiri bawah tanda hamil. Sebenarnya keluhan yang satu ini tidak termasuk tanda awal kehamilan.

Sakit perut sebelah kiri bawah memang menjadi bagian dari tanda kehamilan. Namun bukan tanda awal, karena muncul pada trimester kedua atau saat usia kehamilan menginjak 4 bulan.

Hal ini terjadi akibat peregangan pada ligamentum rotundum (round ligament) yang merupakan struktur penopang rahim di sini kanan dan kirinya. Saat rahim kian membesar akibat pertumbuhan rahim, ligament ini jadi mengencang dan terkadang sampai menimbulkan rasa sakit.


ilustrasi sakit perut sebelah kiri via pastiseru.com

Baca Juga : Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Karena Penyakit

Anda tak perlu khawatir, karena hal ini merupakan proses normal. Umumnya nyeri berlangsung sebentar lalu menghilang, namun berpotensi muncul lagi. Beberapa gerakan tiba-tiba, seperti batuk, bersin, berdiri, dan sebagainya bisa memicu rasa sakit.

Faktor sakit perut sebelah kiri biasanya disebabkan oleh konstipasi, sindrom iritasi usus, gas, dan lainnya. Selain itu, infeksi kandung kemih dan adanya batu ginjal juga bisa menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah.

Penyakit jantung bisa menyebabkan rasa sakit di perut, begitu juga pneumonia, pankreas, dan sariawan lambung. Pada wanita, rasa sakit pada perut bagian kiri juga bisa dipicu oleh ovulasi, menstruasi, peradangan pelvis, endometriosis, kista ovarium, keguguran, dan hamil anggur. Pada wanita hamil, kontraksi juga bisa terasa pada bagian perut bagian kiri.

Sakit Perut Sebelah Kiri Cara Mengatasi

ilustrasi sakit perut sebelah kiri cara mengatasi via sijai.com

Penanganan sakit perut sebelah kiri harus disesuaikan dengan penyebabnya. Kondisi-kondisi yang ringan umumnya bisa ditangani dengan perawatan sederhana ala rumahan atau dengan obat bebas yang dijual di apotik.

Namun, ada pula yang perlu diatasi dengan penanganan khusus dari dokter, jika penyebabnya tergolong serius. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika sakit perut berkelanjutan, bertambah parah atau disertai gejala-gejala lain seperti demam, muntah-muntah dan diare.

Sebagai penanganan awal, sakit perut sebelah kiri cara mengatasi bisa dengan melakukan hal-hal sederhana di rumah seperti di bawah ini.
  • Ketika rasa sakit menyerang perut sebelah kiri, lebih baik Anda berbaring dan beristirahat hingga rasa sakit berkurang.
  • Sambil berbaring, Anda juga bisa mengompres perut yang sakit dengan handuk yang telah direndam air hangat.
  • Perbanyak mengonsumsi air putih dan minum secara perlahan-lahan. Hindari mengisi perut Anda dengan minuman berkafein atau berkarbonasi, seperti teh, kopi, atau minuman soda dan juga minuman beralkohol.
  • Hindari mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid, seperti aspirin dan
  • Hindari makanan pedas dan berlemak tinggi guna menghindari rasa sakit menjadi makin parah.
  • Dalam kondisi seperti ini, meski seringkali nafsu makan menjadi berkurang, namun perut Anda tetap perlu diisi oleh makanan. Konsumsi makanan yang lembut, seperti nasi, pisang, biskuit, atau roti. Cobalah konsumsi dalam jumlah sedikit untuk menghindari perut bekerja terlalu berat.

Periksakan diri Anda ke dokter atau unit gawat darurat di rumah sakit terdekat apabila Anda menderita sakit perut sebelah kiri disertai dengan sakit yang teramat sangat, demam, mual, muntah, perut tampak membesar atau membuncit, perut terasa sakit saat disentuh, atau tinja berdarah. Begitu pula halnya jika sakit perut sebelah kiri terasa setelah Anda mengalami kecelakaan, cedera, atau sakit di bagian dada.

5 Penyakit yang Ditandai Sering Sakit Perut Sebelah Kiri

ilustrasi penyakit jika perut sebelah kiri sakit via terakurat.com

Rasanya, hampir setiap orang pernah mengalami sakit perut. Tapi, tak banyak yang bisa menggambarkan secara spesifik rasa sakit perut yang dialaminya. Padahal, dengan menjelaskan sakit perut secara spesifik, dokter dapat membuat diagnosis yang lebih akurat. Misalnya, memberi tahu lokasi rasa sakit.

Efek samping sakit perut sebelah kiri ternyata tidak bisa dibiarkan begitu saja, hal ini bisa saja menjadi tanda bahwa Anda menderita suatu penyakit. Berikut beberapa penyakit jika perut sebelah kiri sakit.

1. Sembelit
Sembelit biasanya ditandai oleh sensasi sakit perut di sebelah kiri. Selain menyebabkan rasa sakit, sembelit dapat menyebabkan ketidaklancaran BAB, perut terasa kembung, dan begah.

2.  Irritable bowel syndrome (IBS)
Ini adalah gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar. Gejala khasnya adalah kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS juga dapat menyebabkan masalah pergerakan usus, mulai dari sembelit hingga diare.

3. Infeksi kandung kemih
Infeksi kandung kemih disebabkan oleh bakteri, dan dapat menjadi masalah kesehatan serius, jika peradangannya menyebar ke ginjal. Penderita biasanya merasakan sakit perut sebelah kiri bawah, sensasi terbakar saat buang air kecil atau dorongan buang air kecil berulang, serta ketidaknyamanan panggul.

4. Penyakit ginjal
Kehadiran batu ginjal bisa disebabkan oleh terlalu tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh, serta dehidrasi. Gejala umumnya adalah sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah. Jika sudah sampai pada tahap infeksi, selain merasakan sakit perut di sebelah kiri bawah, penderita juga akan merasakan nyeri akut bersama keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah).

5. Hernia
Hernia adalah pembengkakan jaringan lunak, biasanya usus, yang mencuat menembus bagian yang lemah atau robek di bagian bawah dinding perut di lipatan paha atau menusuk diafragma. Tonjolan yang dihasilkan inilah yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, terutama ketika penderita batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat. Meski tidak selalu berbahaya, hernia tidak bisa sembuh sendiri dan dapat menyebabkan komplikasi fatal jika tidak ditangani.

Baca Juga : Khasiat Kurma Muda untuk Program Hamil, Solusi Bagi yang Lama Belum Punya Anak

Demikian penjelasan tentang sakit perut sebelah kiri yang dapat kami sampaikan. Walau belum tentu semua sakit perut sebelah kiri disebabkan oleh penyakit-penyakit di atas, tapi setidaknya Anda memiliki gambaran kira-kira masalahnya di mana. Semoga bermanfaat.
Top