Mustahil, Ternyata Permen Karet Terbukti Ampuh Hilangkan Ketagihan Rokok

Komentar

permen karet via hellosehat.com

Banyak orang yang sulit berhenti dari kebiasaan buruk merokok. Meski berpuasa, pada saat berbuka malah lebih banyak menghabiskan jatah normal sehari. Aneh kan?

Ternyata ada cara mudahnya, kalau mau berhenti merokok, yaitu permen karet.

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki rasa tertentu. Biasanya permen karet bersifat lengket dan pada saat gelembung terkembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah. Hal itu terjadi karena permen karet lebih kental daripada permen kunyah manapun.

Untuk menggelembungkan bola dengan permen karet, seseorang dapat meratakan gusi ke palatum (langit-langit mulut) dan kemudian menekannya ke belakang gigi. Kemudian dorong ke luar sedikit dengan lidah kemudian digelembungkan. Bila langkah tersebut dilakukan dengan benar, maka akan terbentuk gelembung yang menarik.

Yuk simak selengkapnya tentang permen karet berikut ini!

Kenapa Permen Karet Lengket ?

permen karet lengket via hellosehat.com

Kenapa permen karet lengket akan kami jawab berikut ini.

Alasan kenapa permen karet lengket karena permen karet terbuat dari getah. Pada awalnya, permen karet dibuat sari getah sawo. Namun, seiring berjalannya waktu, permen karet tidak dibuat dari getah sawo lagi.

Saat ini, kebanyakan permen karet dibuat menggunakan bahan sintetis yang lebih murah dan mudah didapatkan. Meski begitu, permen karet di Jepang masih dibuat menggunakan getah sawo, lo!Selain pohon sawo, ada juga pohon lain yang menghasilkan getah karet alami. Misalnya, pohon jelutong, pohon cemara, pohon sorova, dan pohon karet.

Untuk membuat permen karet, pabrik akan mengolah gum base/getah karet terlebih dahulu. Gum base/getah karet adalah bahan dasar pembuatan permen karet.

Bahan utama itu akan diolah sedemikian rupa, sehingga teksturnya kenyal dan bisa dikunyah.

Nah itulah alasan kenapa permen karet lengket dan kenyal teksturnya. Ternyata permen karet terbuat dari getah yaa.

Selanjutnya kita akn membahas manfaat permen karet. Bisakah fungsi permen karet untuk memutihkan gigi yang kuning ? Berikut ini ulasannya

Apakah permen karet bisa memutihkan gigi ?

Sebuah penelitian ini telah mengatakan bahwa mengunyah permen karet ni akan bisa membantu untuk membersihkan gigi dan juga membuatnya nampak lebih putih lagi. hal ini telah dilansir dari laman Boldsky pada hari Rabu 18 Oktober 2017.

Mengunyah permen karet tanpa gula ini akan bisa meningkatkan produksi air liur anda yang mana dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan juga mulut kalian. Hal ini akan bisa menetralkan dan juga akan bisa memberishkan asam yang akan merusak gigi dari makanan yang telah anda konsumsi.

Waaaw jadi ternyata salah satu fungsi permen karet untuk memutihkan gigi yaa. Nah pertanyaan apakah permen karet bisa memutihkan gigi sudah terjawab kann ? Selain permen karet untuk memutihkan gigi, permen karet juga bisa sebagai pengganti rokok lho!

Permen karet pengganti rokok

permen karet anti rokok via jabarpos.id 

Pernah dengar penemuan permen karet anti rokok yang ditemukan oleh kelompok mahasiswa dari Universitas Diponegoro? Ternyata mahasiswa di Indonesia telah menemukan permen karet anti rokok untuk para perokok agar permen karet pengganti rokok ini dapat menjadi obat berhenti merokok.

” Empat orang mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoroo Semarang, Jawa Tengah yaitu terdiri dari Widya, Dewi, Nabila dan Rachman berawal dari suatu gagasan untuk menghentikan kebiasaan buruk berupa merokok dengan cara yang murah, keempat mahasiswa tadi membuat suatu permen Antrum yang merupakan akronim dari Antinicotine Citrus Gum yang bermanfaat untuk menghambat ketergantugan dengan nikotin, atau adic nicotine”

Komposisi utama Antrum adalah susu dan ekstrak citrus yang menciptakan efek mual dan asam di dalam mulut, Mahasiswa tersebut mengklaim permen Antrum sebaiknya diemut saat para perokok mulai tergerak mengisap nikotin dalam rokok. Efek yang biasanya terjadi adalah keinginan merokok akan berkurang dan lama lama hilang karena mulut terasa asam.

Woww hebat banget ya mahasiswa Indonesia ini bisa menciptakan permen karet anti rokok yang berhguna untuk memberhentikan kebiasaan merokon masyarakat Indonesia.

Selanjutnya kita akan membahas hal membahayakan dari permen karet ini. Yaitu permen karet tertelan bahayakah bagi tubuh ? Hmm menarik yaa, yuk kita bahas bersama.

Apa permen karet boleh ditelan ?

Permen karet tertelan bahayakah bagi tubuh ? Simak berikut ini yaa.

Mungkin beberapa orang pernah mendengar kabar burung bahwa permen karet yang tertelan akan tetap tinggal di dalam perut selama 7 tahun. Tapi kabar tersebut tidaklah benar. Meskipun permen karet tidak dapat dicerna oleh perut seperti makanan lain, tapi sistem pencernaan bisa memindahkannya melalui aktivitas usus dan akan terbuang melalui feses saat anak buang air besar.

Tapi bukan berarti tertelan permen karet tidak berbahaya. Seperti dikutip dari Kidshealth, Minggu (3/1/2010), jika permen karet yang tertelan besar atau sering tertelan permen karet yang kecil-kecil bisa menimbulkan bahaya seperti dapat menghambat saluran pencernaan.

Anak-anak kecil biasanya belum mengerti bahwa permen karet berbeda dengan permen yang biasa dikonsumsinya, karena permen ini hanya untuk dikunyah bukan ditelan seperti permen lainnya. Sebaiknya anak di bawah usia 5 tahun tidak diberikan permen karet, karena di usia tersebut anak belum bisa memahami bahwa permen karet tidak boleh ditelan.

Salah satu bahaya terbesar jika permen karet yang dimakannya tertelan adalah anak berisiko tersedak. Ini biasanya terjadi pada anak yang belum memiliki mekanisme mengunyah dan menelan yang baik. Karena jika anak tersedak dan menutup saluran pernapasannya, hal ini bisa membuat anak susah bernapas dan berakibat fatal seperti kematian.

Nahh itulah ulasan tentang apa permen karet boleh ditelan atau tidak. Tetap hati-hati dalam mengonsumsi permen karet yaa.

Demikianlah artikel tentang permen karet yang ternyata memiliki manfaat baik dan bahaya buruk bagi tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat!
Top