Penyakit Datang Dari Apa yang Kita Makan, Agar Menyehatkan Ikuti 7 Adab Makan Rasulullah

Komentar

Sumber gambar berita.baca.co.id

Saya sering melakukan hal seperti ini dan alhamdulillah dijauhkan dari berbagai penyakit.

Tanpa kita sadari ternyata kebiasaan kita saat makan bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Tergesa-gesa, makanan masih panas, sudah kenyang tapi dipaksa tetap makan karena sayang jika dibuang, makan sambil berjalan atau berdiri.

Sepertinya saya sering melakukan hal seperti itu saat makan, dengan berbagai macam cara makan tersebut tidak ada yang baik bagi kita.

Sebagai umat islam ada teladan yang sudah memberikan contohnya bagaimana adab makan yang baik itu, seperti yang Rasulullah SAW berikan.

1. Makanan yang Halal dan Baik

Seperti yang dijelaskan dalam firmal Allah SWT : "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 172)

2. Berdoa dan Membaca Basmallah

Dari Ibnu Mas’ud r.a berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Siapa yang lupa untuk menyebut nama Allah ketika memulai makan, maka hendaklah ia mengucapkan saat ingat, ‘Bimillahi fi awwalihi wa akhirhi (Dengan nama Allah di awal dan di akhir makanan).” Maka ia seperti menghadapi makanan baru lagi dan mencegah apa yang tadi sudah didapat setan.

3. Gunakan Tangan Kanan

Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.”

4. Biasakan Saat Minum Tidak Sambil Bernafas

Dari Anas r.a berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bernafas tiga kali ketika hendak minum dan bersabda,

“Sesungguhnya yang demikian itu lebih segar, lebih steril dan lebih memuaskan.”

Baca juga: Menguras Racun Dalam Tubuh Hanya Semalam, Seperti Produk Kinok! Anda Bisa Coba Dengan Bahan Alami Ini

5. Tidak Makan dan Minum Sambil Berdiri Apalagi Berjalan

Dari Abu Hurairah r.a, Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam melihat seorang lelaki minum sambil berdiri, kemudian bersabda, “Muntahkanlah” Ia berkata, “Kenapa?” Beliau bersabda, “Apakah kamu suka minum bersama seekor kucing?” Ia menjawab, “Tidak.” Beliau bersabda, “Sesungguhnya ikut minum bersama kamu sesuatu yang lebih buruk dari seekor kucing, yaitu setan.”

6. Tidak Berlebihan Dengan Porsi yang Banyak

Dari Miqdam bin Ma’dikarib r.a, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Tidaklah anak Adam memenuhi bejana lebih buruk dari memenuhi perutnya. Cukuplah bagi bani Adam makanan yang dapat menegakkan tulang rusuknya, kalau tidak boleh tidak (harus memenuhi perutnya) hendaklah 1/3 (perutnya) untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 lagi untuk nafasnya.” 

7. Tata Cara Makan Rasulullah

Dari Anas r.a, jika Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam makan beliau menjilati ketiga jarinya. Anas berkata, “Rasulullah bersabda, “Jika suapan kalian terjatuh, maka hendaklah diambil dan dibersihkan dari penyakit (kotoran), kemudian dimakan serta tidak meninggalkannya untuk setan.” Beliau memerintahkan untuk menghabiskan sisa makanan. Beliau bersabda, “Sesungguhnya kalian tidak tahu dari sisi makanan mana yang mengandung berkah.”

Efek Buruk Jika Makan Atau Minum Sambil Berdiri dan Makanan yang Masih Panas

Sumber gambar idntimes.com

Jangan dijadikan alasan jika anda makan sambil terburu-buru sehingga makanan yang masih panas anda makan sambil berdiri atau malah sambil berjalan.

Jika anda melakukan hal seperti ini malah berakibat buruk bagi tubuh.

1. Pencernaan Terganggu dan Kinerja Menurun

Makan sambil berdiri menyebabkan jatuhnya makanan kedalam lambung lebih cepat dan tiba tiba. Kondisi ini mengakibatkan dinding lambung menderita luka dan iritasi.

2. Gangguan Pada Lambung

Sudah pasti anda mengetahuinya jika lambung menjadi organ pencernaan yang sangat peting, Nah jika anda ingin terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang lambung.

Sebaiknya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk tersebut, semoga bermanfaat. Amiin.
Top