Dosa Mengerikan Operasi Plastik, Ini Azab Pedih Orang yang Kufur Nikmat

Komentar

operasi plastik via cerpen.co.id

Apakah operasi plastik itu dosa besar? Jika tujuannya seperti dalam artikel ini maka jelas, pelakunya akan diberikan Azab Pedih berikut ini.

Operasi plastik (plastic surgery) ialah tindakan kedokteran yang dilakukan untuk memperbaiki atau memperindah bagian tubuh manusia dengan cara merubah jaringan kulit. Operasi plastik dalam bahasa arab dikenal dengan istilah jirahah at tajmil yang berarti operasi bedah untuk memperbaiki penampilan satu anggota tubuh yang nampak atau untuk memperbaiki fungsinya ketika anggota tubuh tersebut hilang, lepas, atau rusak (Al Mausu’ah At Thbbiyh Al Haditsah 3/454).

Yuk kita simak bersama-sama tentang operasi plastik berikut in!

Apa saja jenis operasi plastik ?

Berikut ini beberapa bentuk operasi plastik di dunia kesehatan :

1. Transplantasi rambut

transplantasi rambut via grid.id

Teknik pencangkokan rambut dari daerah yang berambut cukup ke bagian tubuh lain yang mengalami kebotakan, biasanya kepala, ini dilakukan sebanyak 7436 kali.

2. Breast Lift (Pengencangan payudara)


breast lift via theclinicindonesia.com

Dilakukan sebanyak 8101 kali, breast lift adalah teknik pengencangan payudara yang biasanya dilakukan oleh pasien dengan payudara menggelambir yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kehamilan, menyusui, penurunan berat badan dan penuaan.

3. Facial Bone Contouring


facial bone contouring via plasticsurgeryinkoreabanobagi.blogspot.com

Prosedur ini bertujuan untuk membuat bentuk rahang dan dagu menjadi lebih halus. Biasa juga disebut operasi pengurangan tulang pipi dan garis rahang. Operasi ini dilakukan sebanyak 8143 kali.

4. Brow lift

brow lift via drchasan.com

Operasi plastik ini dilakukan untuk menghilangkan kerutan di daerah alis dan sekitar batang hidung. Sebanyak 16.437 operasi brow lift dilakukan pada tahun 2016.

5. Face lift

face lift via goldcoastplasticsurgery.com

Dikenal juga dengan sebutan rhytidectomy, tindakan medis yang mengacu untuk menghilangkan kerutan pada kulit wajah dan leher. Prosedur facelift dilakukan sebanyak 28.116 kali.

6. Liposuction
Total 39.753 kali operasi ini dilaksanakan. Liposuctioon pada dasarnya adalah operasi pengurangan atau pemindahan lemak pada tubuh.

7. Breast Augmentation
Operasi pembesaran volume dan ukuran payudara ini dilakukan sebanyak 44,039 kali.

8. Facial Fat Grafting

facial fat grafting via youtube.com

Penuaan wajah disebabkan oleh dua hal, yakni berkurangnya lemak dan elastisitas. Tapi lewat prosedur ini, wajah bisa terlihat lebih muda dengan teknik transfer lemak.

Sebanyak 63.326 operasi dilakukan pada tahun 2016.

9. Rhinoplasty
Rhinoplasty atau nose job yang dilakukan sebanyak 72.562 kali ini adalah operasi kecantikan yang dilakukan untuk memperbaiki bentuk hidung. Di Korea sendiri, operasi ini biasanya dilakukan untuk menonjolkan bentuk batang hidung.

10. Biepharosplasty
Dengan total angka prosedur sebanyak 101.985 pada tahun 2016, operasi yang juga dikenal sebagai operasi Double Eyelid ini adalah yang paling populer di Korea Selatan.

Prosedur yang bahkan dilakukan oleh mantan presiden Korea Selatan ini bertujuan untuk menghilangkan dan menyayat sebagian kulit kelopak mata untuk mencapai tampilan “double eyelid” yang dijadikan standar kecantikan Korea selama beberapa tahun belakangan.

Itulah apa saja jenis operasi plastik yang ada di dunia kesehatan.

Apa saja dampak operasi plastik ?

Apakah operasi plastik efek samping membahayakan ? Apa saja operasi plastik efek samping tersebut ? Berikut uraiannya.

Efek samping anestesi
Dalam setiap prosedur operasi termasuk operasi plastik, diperlukan anestesi atau bisa juga disebut obat penenang agar pasien tidak merasakan sakit saat pisau operasi menyayat kulit.

Namun perlu diketahui bahwa setiap tindakan anestesi memiliki efek samping seperti kerusakan otak, saraf, lumpuh sementara, penyempitan saluran napas, dan serangan jantung–tergantung pada kepekaan pasien terhadap zat tersebut.

Pendarahan
Beberapa saat setelah menjalani operasi, pasien biasanya akan mengalami pendarahan yang dapat berlanjut pada tahap komplikasi jika tidak segera berhenti. Pembekuan darah yang terjadi setelahnya juga akan membuat warna kulit menjadi biru kehitaman atau ungu yang disebut hematoma. Hematoma yang berkelanjutan ini dapat membuat jaringan kulit mati dan menyebabkan masalah lain yang lebih parah seperti infeksi.

Bekas luka
Perlu diketahui bahwa pada setiap proses operasi, dokter harus menjahit kembali bagian yang disayat, dan hal tersebut akan mengakibatkan bekas jahitan tersebut meninggalkan luka.

Bekas luka ini sulit untuk dihilangkan kecuali Anda melakukan perawatan berbiaya mahal lainnya yang dapat menghilangkan bekas luka tersebut.

Tidak sesuai keinginan
Bahaya operasi plastik yang paling meresahkan khususnya pada wajah adalah hasil akhir yang tidak sesuai keinginan. Menggunakan dokter yang mahal pun belum tentu menjamin keberhasilan sebuah operasi dalam mempercantik wajah.

Itulah apa saja dampak operasi plastik yang justru tidak membuat cantik tubuh anda.

Kenapa operasi plastik gagal ?

Salah satu alasan kenapa operasi plastik gagal adalah karena ahli bedahnya tidak cukup berpengalaman. Bahkan, orang yang melakukan operasi tidak perlu punya sertifikasi bedah plastik, bisa saja dia spesialis ENT, dokter kulit, bahkan dokter gigi anda! Mengejutkan melihat jumlah negara dimana hal ini sah-sah saja.

Dioperasi oleh praktisi yang tidak punya keahlian itu beresiko karena mereka mungkin tidak mampu mengatasi komplikasi unik yang muncul dari prosedur bedah dan menyediakan perawatan pasca-operasi. Sangat penting untuk melakukan riset sendiri untuk mencari tahu apa yang benar sebelum melakukan prosedur bedah. Tapi, malpraktek bukan alasan satu-satunya dari kegagalan operasi plastik: ini bukan selalu kesalahan dokter.

Apakah operasi plastik diperbolehkan dalam islam ?

Saudara, apakah operasi plastik itu dosa besar ? Lalu, bagaimana operasi plastik menurut al quran ? Simak penjelasan berikut ini.

Seorang dapat dikatakan bersyukur jika terpenuhi tiga unsur :

  1. Hatinya meyakini bahwa semua nikmat yang didapatkan adalah berasal dari Allah. “Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)” (QS. An Nahl: 53)
  2. Lisannya memuji Allah “Ingatlah kepada-Ku, Aku juga akan ingat kepada kalian. Dan bersyukurlah kepada-Ku, janganlah kalian kufur” (QS. Al Baqarah: 152)
  3. Anggota badannya digunakan untuk beramal sholeh


Barangsiapa yang tidak merealisasikan ketiga perkara tersebut, maka ia telah terjatuh dalam kufur nikmat.

Allah mengancam orang-orang yang berbuat kufur dengan adzab yang pedih. Sebagaimana dalam firman Nya :

وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“… dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7)

Oleh karena itu wajib bagi kita untuk perhatian terhadap perkara yang penting ini, sehingga tidak menjadi golongan orang-orang yang kufur atas nikmat Allah dan dapat terhindar dari ancaman adzab yang pedih.

Operasi yang mubah atau boleh dilakukan adalah operasi yang bertujuan untuk memperbaiki anggota tubuh yang cacat atau rusak, ada dua jenis yaitu :
  • Operasi karena cacat sejak lahir (al uyub al khalqiyyah) misalnya operasi bibir sumbing agar bentuk dan fungsi lebih mendekati normal, memperbaiki susunan gigi yang maju ke depan dan tidak normal struktur nya hingga menyulitkan untuk makan dan berbicara.
  • Operasi karena cacat yang datang kemudian (al uyub al thari’ah) misalnya cacat tangan atau kaki karena kecelakaan, memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat kebakaran, operasi mata karena katarak atau luka hingga fungsi penglihatan terganggu, operasi suntik payudara wanita karena penyakit atrofi (pengecilan atau penyusutan jaringan otot dan jaringan syaraf sehingga bentuk menjadi tidak normal.

Operasi plastik yang demikian boleh dilakukan karena bertujuan untuk mengobati seperti dalam dalil berikut : “wahai hamba hamba Allah berobatlah kalian, karena sesungguhnyaAllah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali menurunkan pula obatnya”. (HR Tirmidzi no 1961).

Dari hadist tersebut dijelaskan hendaknya seseorang yang tertimpa sakit berusaha berobat agar bisa sehat seperti sedia kala dan tidak terganggu dalam melakukan berbagai aktivitas.

Adapun operasi yang haram hukumnya ialah yang hanya bertujuan untuk mempercantik atau memperindah bentuk tubuh semata karena nafsu duniawi  tanpa ada niat mengobati atau memperbaiki suatu kecacatan. Allah berfirman :

“Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya.” (QS At Tin : 4)

Operasi plastik dengan tujuan dasar kecantikan sering disebut dengan istilah bedah kosmetik, sebagian besar dilakukan oleh wanita dimana hasrat dasar mereka adalah suka berhias dan ingin senantiasa tampil cantik dan menarik, sesungguhnya kecantikan bukan hanya dari fisik saja, wanita yang memiliki inner beauty, kecerdasan, kesederhanaan, dan kecantikan alami lebih menarik di mata laki laki, wanita sholehah yang memiliki akhlak baik dan lemah lembut juga lebih indah di mata Allah.

Operasi bedah kosmetik ini haram hukumnya sesuai firman Allah berikut : “dan akan aku (syetan) suruh mereka mengubah ciptaan Allah lalu benar benar mereka mengubahnya”. (QS An Nisa 119). Ayat tersebut menjelaskan kecaman atas perbuatan syetan yang senantiasa mengajak manusia untuk melakukan berbagai perbuatan maksiat diantaranya mengubah ciptaan Allah (taghyir khalqillah).

Salah satu cara mensyukuri nikmat allah ialah dengan menerima kondisi yang sudah Allah berikan dan tidak berupaya untuk mengubahnya dengan jalan operasi kecuali dalam keadaa darurat.

Jadi sudah tahu apakah operasi plastik diperbolehkan dalam islam atu tidak ? Jawabannya adalah jika kegunaan operasi plastik tersebut adalah kecantikan, dalam islam tidak diperbolehkan. Lalu sudah tahu juga kan apa jawaban dari apakah operasi plastik itu dosa ? pasti dosa, karena operasi plastik karena kecantikan merupakah hal yang haram.

Islam memiliki berbagai syariat yang terbaik, jika dilarang berarti mengarah pada keburukan, jika diwajibkan atau dianjurkan berarti mengarah pada kebaikan. Semoga kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Sekian dan terima kasih.
Top