Mimpi Buruk Jadi Kenyataaan, Mitos atau Fakta?

Komentar

Mimpi buruk via medcom.id

Orang bilang mimpi cuma bunga tidur. Namun, jika mimpi buruk kita jadi kenyataan apa bisa mimpi mimpi selanjutnya kita percayai?

Mimpi buruk merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang diliputi oleh perasaan cemas, tertekan, takut, bahkan teror saat tidur. Kondisi ini biasanya sangat mengganggu tidur kita. Sebagaimana diterangkan Rasulullah dalam haditsnya, mimpi buruk berasal dari syetan.

Mimpi buruk bisa terasa sangat nyata dan mendetail, sehingga menyebabkan kita dalam keadaan panik dan ketakutan saat terbangun. Apakah mimpi buruk pertanda buruk? Gak semua mimpi buruk itu memiliki arti yang buruk juga. Beberapa mimpi juga malah tidak memiliki pengaruh sama sekali.

Oleh sebab itu, Rasulullah menyuruh kita membaca doa sebelum tidur agar kita tidak mengalami mimpi buruk. Tetapi jika kita sudah mengalami mimpi buruk tersebut maka bacalah doa mimpi buruk dan baca dzikir mimpi buruk serta lakukan beberapa hal dibawah ini.

Doa Ketika Mimpi Buruk


أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان 
وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

ALLOHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MIN ‘AMALISY SYAITHOON, WA SAYYI-AATIL A_HLAAM

Artinya: "Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan syetan dan buruknya mimpi."

Ada beberapa hal yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika seseorang mimpi buruk:
1. Meludah kekiri 3 kali.
2. Memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dari setan 3 kali, dengan membaca,

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

“A’udzu billahi minas-syaithanir-rajiim” atau bacaan ta’awudz lainnya).

3. Memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan mimpi tersebut.
4. Atau sebaiknya dia bangun kemudian melaksanakan Shalat.
5. Mengubah pisisi tidurnya dari posisi semula ia tidur, jika ia ingin melanjutkan tidurnya, walaupun ia harus memutar kesebelah kiri, hal ini sesuai zahir hadis.
6. Tidak boleh menafsir mimpi tersebut baik menafsir sendiri atau dengan meminta bantuan orang lain.


Godaan syaitan via rumahruqyah.com

Benarkah mimpi buruk dari syaitan? Dalam hadits shahih, Rasulullah SAW pernah menegaskan bahwasanya mimpi buruk berasal dari syaithan. Entah mimpi tersebut mimpi yang menakutkan atau mimpi yang menyedihkan dan mimpi yang tidak kita sukai; ketiganya masuk dalam kategori mimpi buruk yang dimaksud oleh Nabi.

عَنْ جَابِرٍ قَالَ جَاءَ أَعْرَابِىٌّ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ رَأَيْتُ فِى الْمَنَامِ كَأَنَّ رَأْسِى ضُرِبَ فَتَدَحْرَجَ فَاشْتَدَدْتُ عَلَى أَثَرِهِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لِلأَعْرَابِىِّ « لاَ تُحَدِّثِ النَّاسَ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِكَ فِى مَنَامِكَ . وَقَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- بَعْدُ يَخْطُبُ فَقَالَ لاَ يُحَدِّثَنَّ أَحَدُكُمْ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِهِ فِى مَنَامِهِ

Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, Ada seorang Arab badui datang menemui Nabi kemudian bertanya, “Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada orang tersebut, “Jangan kau ceritakan kepada orang lain ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”. Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi” (HR Muslim)

Berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim diatas, Nabi melarang kita untuk menceritakan mimpi buruk pada orang lain.

Mimpi buruk terjadi karena ulah setan yang mempermainkan perasaan dan akal manusia.

Hal ini dilarang karena jika kita menceritakannya maka bisa jadi orang lain yang mendengarnya akan mentakwilkan atau mengartikannya dengan pendapat masing-masing sehingga tak jarang malah menimbulkan fitnah, ketakutan dan rasa resah gelisah bagi orang yang mengalami mimpi buruk tersebut.

Lalu apakah mimpi buruk bisa jadi kenyataan? Apa arti mimpi buruk dalam islam? Arti mimpi buruk dalam islam sendiri yaitu mimpi yang dirasakan tidak baik oleh si pemimpi, biasanya mimpi yang menyebabkan rasa sedih, takut, khawatir berlebihan, gundah dan gelisah. Mimpi buruk ini datangnya dari syaitan, sebagai musuh utama manusia, syaitan hendak memberikan gangguan dari berbagai arah, salah satunya dari mimpi.

Mimpi merupakan sebuah keadaan ketika manusia mengalami suatu kejadian yang memberikan gambaran kehidupan lain yang terkadang bisa memberikan makna dalam kehidupan sesungguhnya. Jadi, terkadang mimpi buruk juga bisa menjadi kenyataan. Mimpi bisa jadi isyarat yang diberikan oleh Allah kepada hambanya berupa berita baik atau buruk dan mimpi ada yang memiliki makna dan ada pula yang berupa mimpi kosong sekadar permainan setan kepada manusia.

Demikian penjelasan mimpi buruk, dari penjelasan diatas maka jadikan pelajaran untuk selalu membaca doa ketika ingin tidur, dan jika kita mengalami mimpi buruk maka lakukan sunnah yang sudah diajarkan oleh Rasulullah seperti yang sudah dijelaskan tadi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda.
Top