Manfaat Temulawak yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

Komentar

manfaat temulawak via mbahgugelnet.wordpress.com

Mendengar kata temulawak bukanlah suatu hal asing bagi kita. Bahkan, penggemar jamu tradisional menjadikan temulawak sebagai obat herbal yang turun temurun. Yuk simak manfaat temulawak untuk kesehatan.

Temulawak sangat familiar di tengah-tengah masyarakat Indonesia, khususnya para penggemar jamu tradisional. Manfaat temulawak yang sering digunakan yaitu sebagai bahan dasar dalam obat-obatan herbal.

Temulawak yang dikombinasikan dengan herbal lain seperti kunyit bahkan ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Selain dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan, ternyata masih banyak manfaat ampas temulawak lainnya. Apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan? Inilah manfaat temulawak yang bisa didapatkan tubuh.

Baca Juga : Kupas Tuntas Manfaat Cream Temulawak Asli dan Efek Memakai Cream Temulawak, Awas Palsu

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak yang dikombinasikan dengan herbal lain seperti kunyit bahkan ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan Anda :

1. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam temulawak mampu memproteksi tubuh dari berbagai serangan penyakit kanker dan menghindarkan Anda dari pertumbuhan sel yang abnormal.

2. Mengobati Demam
Manfaat temulawak yang selanjutnya ialah meredakan demam. Seringkali Anda merasa khawatir saat tubuh si kecil panas dan tak kunjung turun. Tak ada salahnya jika Anda mencoba menghilangkan demam di tubuh mereka ini dengan temulawak.

3. Menghilangkan Nyeri
Tidak hanya rasa sakit pada bagian tertentu saja, nyeri juga kadang dibarengi dengan peradangan, pusing kepala, dan menstruasi. Namun, ternyata zat analgesik yang tersemat di dalam temulawak ditengarai mampu mengurangi nyeri secara efektif.

4. Menyembuhkan Flu Burung
Penelitian terbaru yang dilakukan di Universitas Airlangga Surabaya menemukan bahwa keberadaan curcumin dalam temulawak mampu menurunkan kadar sitotoksin.

Untuk memperoleh manfaat temulawak, ada dua resep yang bisa Anda aplikasikan :
  • Rebus 30 gram temulawak, 60 gram krokot, 30 gram kunyit, dan sambiloto 15 gram dengan air sebanyak 600 ml. Pastikan anda telah mencuci bersih semua bahan sebelumnya. Tunggu hingga rebusan mendidih dan menyisakan air 200 ml saja.
  • Kunyit 25 gram, temulawak 30 gram, sambiloto 15 gram, lidah buaya tanpa kulit 90 gram, dan 600 ml air. Biarkan sebentar sampai mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya. Saring lalu minum.

5. Menangkal Virus Dan Kuman
Ramuan herbal yang cukup jitu untuk Anda andalkan ialah temulawak. Rimpang ini mempunyai senyawa yang bersifat sebagai imonustimulan, yang mana akan bekerja melindungi tubuh dari penyakit dan mempertebal sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Meningkatkan stamina
Manfaat temulawak juga bisa Anda jadikan alternatif untuk memperkuat stamina. Temulawak yang dicampur dengan kunyit akan membuat tubuh Anda lebih bersemangat dan tidak gampang capek. Hal ini karena temulawak punya tonikum yang dapat mencegah tubuh agar tidak mudah lelah.

Manfaat Temulawak Dicampur Kunyit Putih

ilustrasi temulawak dan kuyit putih via youtube.com

Dengan berbagai kandungan hebat di dalamnya, manfaat temulawak dicampur kunyit putih begitu penting untuk tubuh. Selain dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, kedua bahan tersebut bila dikonsumsi secara rutin bisa mengatasi keluhan berbagai macam penyakit.

1. Mengobati Demam secara Alami
Temulawak dan kunyit merupakan tanaman herbal alami yang sama-sama memiliki kandungan curcumin. Kandungan zat pewarna kuning itulah yang berfungsi sebagai anti piretik alami atau penurun panas. Jadi, pengobatan alami untuk demam yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan campuran temulawak dan kunyit. Baik untuk penderita dewasa maupun anak-anak.

2. Melindungi Tubuh dari Serangan Penyakit Kanker
Selain bersifat sebagai penurun panas yang alami, curcumin pada kunyit dan temulawak juga berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit kanker dan mencegah pertumbuhan sel abnormal.

3. Menurunkan Kolesterol Darah secara Alami
Kandungan curcumin yang terdapat di dalam kedua tanaman di temulawak dan kunyit memiliki peranan penting sebagai hipolipidemik atau penurun kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah terjadinya penumpukan lemak berlebih yang menyumbat pembuluh darah.

4. Menghilangkan Nyeri pada Tubuh
Ketika Anda terserang penyakit yang disertai dengan gejala nyeri, seperti peradangan, pusing kepala, nyeri haid, dan sebagainya, maka Anda bisa menerapkan salah satu manfaat temulawak campur kunyit. Sifat analgesik pada kedua bahan tersebut terbukti dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh dengan sangat efektif.

5. Menyembuhkan Penyakit Flu Burung
Salah seorang ahli biologi menyatakan bahwa kandungan curcumin di dalam temulawak juga kunyit mampu menurunkan kadar sitotoksin. Adapun ramuan untuk flu burung yang dapat dibuat adalah sebagai berikut :
  • Rebus temulawak 30 gram, kunyit 25 gram, krokot 60 gram, dan sambiloto 15 gram ke dalam 600 ml air. Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa 200 ml. Saring airnya dan minum selagi hangat secara rutin.
  • Rebus temulawak 30 gram, kunyit 25 gram, lidah buaya tanpa kulit 90 gram , dan sambiloto 15 gram ke dalam 600 ml air. Tunggu sampai mendidih dan air hanya tersisa 200 ml. Saring dan minum selagi hangat.

6. Melindungi Tubuh dan Berbagai Serangan Mikroorganisme
Serangan penyakit yang masuk ke dalam tubuh seringkali disebabkan oleh bakteri, parasit, virus, maupun jamur. Hal ini ternyata dapat dicegah menggunakan temulawak yang dicampur dengan kunyit. Kandungan curcumin dalam kedua rimpang tersebut juga memiliki sifat sebagai imunostimulan yang akan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit dan meningkatkan imunitas.

7. Bermanfaat untuk Meningkatkan Stamina
Di tengah padatnya aktivitas yang dilakukan, Anda juga bisa mengkonsusi temulawak yang dicampur dengan kunyit untuk membuat tubuh senantiasa terasa segar dan lebih berstamina. Sifat tonikum dari curcumin yang terkandung dalam kunyit dan temulawak juga dapat membuat tubuh Anda tidak cepat lelah.

Manfaat Temulawak Alami untuk Wajah

ilustrasi temulawak untuk wajah via miignon.com

Mengolah temulawak menjadi rutinitas perawatan wajah kita sangatlah praktis untuk dilakukan, bahkan kita bisa mengonsumsinya baik dari dalam maupun luar tubuh, lebih tepatnya dengan menggunakan masker wajah dan mengonsumsinya sebagai jus. Berikut adalah beberapa manfaat temulawak alami untuk wajah :

1. Manfaat Temulawak untuk jerawat
Jerawat dapat diatasi dengan mengkonsumsi temulawak caranya pun cukup mudah rebusan beberapa rimpang temulawak dengan air secukupnya, lalu diminum untuk mengatasi jerawat pada wajah dari dalam tubuh atau bisa dengan  cara mengolah masker temulawak menjadi masker wajah untuk dibalurkan pada wajah yang berjerawat.

2. Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan Wajah
Manfaat temulawak untuk kecantikan kulit bisa menjadikannya sebagai masker, kita cukup memarut beberapa ruas temulawak lalu dibalurkan pada wajah kita diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih, dengan rutin menggunakannya wajah secara perlahan akan tampak cerah secara alami dan tentunya membuat kulit jadi sehat tidak mudah berminyak dan jerawatan.

3. Manfaat Temulawak Untuk Menghaluskan Kulit Wajah
Temulawak dengan pemakaian rutin dapat secara efektif membuat kulit menjadi lebih halus. Caranya  adalah dengan meminum rebusan temulawak atau mengolah temulawak menjadi masker wajah atau pun kita bisa mengolahnya sebagai scub, dan digunakan pada sore atau malam hari.

4. Manfaat Temulawak untuk Mengencangkan kulit
Temulawak dan kunyit dipercaya sebagai obat-obatan herbal tradisional alami yang bersifat antioksidan, yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan wajah berjerawat dan keriput, Penggunaan secara rutin dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

Manfaat Temulawak Bagi Ibu Menyusui


ilustrasi ibu menyusui via lagizi.com

Tahukah anda bahwa ternyata temulawak berkhasiat untuk meningkatkan dan memperbaiki ASI (Air Susu Ibu)?

Tanaman yang satu ini memang memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh kita.Bagi ibu menyusui, mengonsumsi temulawak ternyata dapat meningkatkan serta melancarkan produksi ASI.

Temulawak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi ASI seperti protein dan asam lemak.

Jika terjadi oksidasi nutrisi, maka produksi ASI pada ibu akan berkurang. Bukan itu saja, kualitas ASI juga dapat menurun.

Temulawak juga merupakan antibiotik alami yang dapat membunuh kuman atau bakteri. Dengan kata lain temulawak juga mampu menambah proteksi bagi tubuh si kecil.

Walaupun tak dapat dipungkiri kalau pengolahan yang satu ini cukup merepotkan bagi anda, karena rasanya yang pahit.

Apakah temulawak bermanfaat untuk ibu hamil?
Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa konsumsi temulawak bermanfaat untuk melancarkan dan memperbaiki kualitas ASI. Tak hanya pasca melahirkan, sesungguhnya temulawak juga memiliki manfaat bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan.

Konsumsi temulawak untuk ibu hamil bisa mengurangi efek mual terutama di awal-awal masa kehamilan. Rasa mual ini juga dibarengi dengan menurunnya nafsu makan.

Dengan mengkonsumsi temulawak, mereka yang hamil bisa tetap mempertahankan nafsu makan sehingga nutrisi bagi janin tidak terganggu.

Manfaat temulawak untuk ibu hamil lainnya adalah membantu membersihkan darah di dalam tubuh dan mengurangi kadar lemak di dalam darah.

Kedua masalah ini biasanya menjadi problem tersendiri bagi calon ibu di masa kehamilan. Untuk pasca kehamilan, selain memperbaiki ASI, ternyata temulawak juga bisa dijadikan bubur dan baik untuk dikonsumsi balita.

Namun sob menurut para ahli bagi ibu hamil dianjurkan untuk konsultasi dulu kedokter kandungan dulu sebelum menggunakan temulawak ini. Salah satu alasannya karena tidak setiap ibu hamil & janin nya cocok untuk mengonsumsi temulawak.

Tapi itu hanya sebagian kecil saja. Itu hanya untuk berjaga-jaga saja. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Dan perlu diketahui lagi oleh sobat sekalian, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Jadi segala sesuatu harus pada takarannya. Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka gunakanlah sesuai takarannya.
Top