Apa Ketok Magic Memang Menggunakan Ilmu Magic? Kenapa Tidak Boleh Dilihat?

Komentar

ketok magic via gowest.id

Anda pastinya pernah mendengar istilah ketok magic, kan? Tahukah Anda fungsi ketok magic? Mengapa ketok magic tidak boleh dilihat?

Selama ini anggapan yang ada di masyarakat awam mengenai ketok magic adalah mistis, berkaitan dengan ilmu sihir. Padahal, aslinya sama sekali tidak berbau gaib. Ketok magic itu sendiri hanya berdasarkan kemampuan seseorang memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan keahliannya menggunakan alat sederhana.

Cara ketok magic pada umumnya tidak diketahui secara detail oleh banyak orang. Karena memang dalam proses pengerjaannya tidak transparan dan diperlihatkan secara langsung pada para customer yang memperbaiki mobilnya di ketok magic.

Lalu, apa arti ketok magic yang sebenarnya? Ketok magic merupakan jasa mereparasi plat body kendaraan yang terbilang murah meriah di kalangan masyarakat Indonesia yang sudah dikenal sejak puluhan tahun silam. Teknik perbaikan ketok magic di Blitar, Jawa Tengah, dikenal dengan sebutan Kenteng Teter atau Ketuk Keter.

Tidak seditit orang yang bertanya-tanya mengenai berapa lama ketok magic mobil. Menurut sumber yang kami kutip, ketok magic memiliki kelebihan dalam mengembalikan body mobil yang penyok bisa pulih seperti semula dengan waktu yang relatif singkat. Biasanya ketok magic mobil hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk membereskan bodi mobil yang penyok menjadi seperti semula.

Baca Juga : Solusi Membangun Rumah Dengan Lahan Terbatas dan Biaya Minim, Model Splow House

Fakta Ketok Magic

ilustrasi fakta ketok magic via kumparan.com

Bengkel ketok magic menjadi salah satu solusi termudah dan termurah untuk memperbaiki mobil yang penyok akibat bersenggolan atau kecelakaan parah. Tapi, pernahkan kamu melihat bagaimana para pekerja di bengkel ketok magic bekerja? Yuk ketahui fakta  ketok magic di bawah ini.

1. Berawal dari seorang tukang patri
Sekitar tahun 1962, mbah Turut bekerja sebagai tukang patri keliling di Surabaya. Ia disebut sebagai pria kecil dan pendek yang kala itu awalnya diminta tolong untuk memperbaiki mobil yang penyok karena ditabrak oleh truk. Walau akhirnya mbah Turut mengiyakan permintaan tersebut, ia memberikan syarat ketika mengerjakan mobil penyok tersebut. Ia meminta untuk ditinggalkan sendiri di dalam gudang yang ditutup.

Tak butuh waktu lama, mbah Turut menyelesaikan penyok pada mobil tersebut. Kabar tentang pria tua dengan keahliannya ini langsung menyebar. Ia dapat banyak pelanggan dan bahkan banyak juga yang belajar keahlian itu darinya.

2. Nama aslinya bukan Ketok Magic, tapi kenteng teter
Dari Historia.id dijelaskan bahwa nama ketok magic baru muncul pada tahun 1984 di Yogyakarta, sedang mbah Turut sudah melakukan perbaikan di Blitar sejak akhir 1950-an. Menurut Kusmanadi, salah seorang murid mbah Turut, ketika Mbah Turut masih hidup, jasa perbaikan ini disebut dengan kenteng teter.

Bagaimana terbentuknya istilah ketok magic sendiri ternyata ada 2 versi berbeda. Pertama, menurut Kusmanadi nama ketok magic dibuat oleh masyarakat yang merasa bahwa perbaikan mobil yang dilakukan mendapat bantuan dari kekuatan magis atau gaib. Sedang versi lain menyebutkan bahwa ketok magic lebih memiliki nilai jual dan lebih dimengerti ketimbang kenteng teter terlebih ketika bengkel teter ini dibuka di luar Blitar.

3. Pintu tertutup dan ketokan gaib?
Kalau mau menggunakan jasa perbaikan di bengkel ketok magic, kamu harus menaati sebuah peraturan tidak tertulis yaitu kamu tidak boleh di sekitar tempat pengerjaan mobil alias kamu harus menunggu di luar. Pintu selalu tertutup ketika mobil sedang diketok, dari luar kamu hanya akan mendengar suara ketokan saja.

Kenapa ketok magic tertutup? 
"Takutnya kalau pelanggan tahu cara pengerjaan dan alatnya yang sederhana, pelanggan enggak mau lagi ke sini, nanti usahanya sepi". Jawab Sahril yang kami kutip dari GridOto.com

Karena aturan yang misterius inilah orang-orang jadi makin percaya kalau mobil penyok dikerjakan oleh jin atau sihir. Padahal, semua pekerjaan dilakukan oleh manusia dengan menggunakan palu. Bahkan menurut Mindtalk.com, untuk mengembalikan mobil yang penyok hanya digunakan pengering rambut lho. Tapi tentu saja dilakukan oleh orang dengan keahlian terlatih saja.

4. Ketok magic hanya dari Blitar?
Di kota manapun jika kamu menemukan bengkel ketok magic pasti ada tulisan “Dari Blitar”. Yep, alasannya tidak lain karena ketok magic, kenteng teter milik Mbah Turut memang bermula di kota Blitar, Jawa Timur.

Karena namanya yang sudah tersohor dari Blitar, maka setiap ketok magic entah yang dibangun oleh cucu, anak didik Mbah Turut atau bukan pasti mencantumkan nama kota ini.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Hidroponik dari Pembibitan Hingga Berbuah Lebat Seperti ini

Nah, itulah informasi tentang ketok magic, mulai dari apa arti ketok magic hingga fakta ketok magic yang dapat kami sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.
Top