Ini Racun Ganas Mengerikan Dalam Rokok yang Menyebabkan Kanker Mulut

Komentar
Kanker mulut via health.detik.com

Ini racun ganas mengerikan dalam rokok yang membuat orang terkena kanker mulut.

Kanker mulut adalah kanker yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut. Misalnya pada bibir, lidah, gusi, dinding mulut, serta langit-langit mulut. Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu ciri kanker mulut stadium awal.

Kanker mulut atau Oral Cancer adalah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut. Seperti kanker pada umumnya, kanker mulut jarang menimbulkan gejala pada stadium awal sehingga sulit dideteksi.

Biasanya bercak dan luka bisa menjadi tanda awal perkembangan kanker lidah dan mulut. Kanker mulut merupakan jenis kanker yang masih jarang terjadi. Namun, kini peningkatan kasus terjadi kanker mulut terus meningkat. Perokok berisiko 2 kali lipat untuk terkena kanker mulut. Salah satu ciri kanker mulut yang pertama kali muncul adalah bercak putih di mulut.

Kita juga harus mengetahui terlebih dahulu gejala dan ciri kanker mulut stadium awal sebelum terlambat. apa saja gejala kanker mulut? Bagaimana ciri-ciri kanker mulut? Dibawah ini merupakan penjelasan lengkapnya.

Gejala Kanker Mulut

Seperti kanker pada umumnya, kanker mulut jarang menimbulkan gejala pada stadium awal sehingga sulit terdeteksi. Namun, waspadalah jika Anda mengalami tanda-tanda seperti:
  1. Sariawan yang tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu.
  2. Sariawan yang mengalami pendarahan.
  3. Bercak merah atau putih dalam mulut.
  4. Benjolan atau penebalan pada dinding dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
  5. Pembengkakan pada kelenjar getah bening yang leher yang tidak sembuh-sembuh.
  6. Rasa sakit dalam mulut, terutama lidah.
  7. Sulit atau rasa sakit saat menelan serta mengunyah.
  8. Gigi yang goyang tanpa penyebab yang jelas.
  9. Perubahan suara atau cara bicara (misalnya menjadi cadel).
  10. Mengalami kesulitan saat bicara.
  11. Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher.
  12. Rahang yang terasa kaku atau sakit.
  13. Sakit tenggorokan.

Gejala kanker mulut juga cenderung sulit dikenali karena sering kali mirip dengan indikasi penyakit lain. Tetaplah waspada dan segera periksakan diri ke dokter jika gejala-gejala tersebut tidak kunjung sembuh selama lebih dari 3 minggu, khususnya bagi perokok berat atau orang yang sering mengonsumsi minuman keras.


Bahaya kanker mulut via seratus.id

Ciri-ciri Kanker Mulut Setadium Awal

Kemungkinan hidup kanker mulut pada stadium awal menurut medicalnewstoday.com mencapai kisaran 83%. Tentu saja dengan catatan kanker bisa terdeteksi sedini mungkin, yang artinya Anda perlu mengenali tanda-tanda kanker mulut pada stadium awal. Apa saja yang menjadi ciri-ciri kanker mulut pada stadium awal? Berikut beberapa di antanya.

LUKA ATAU PERADANGAN DI MULUT YANG TIDAK SEMBUH-SEMBUH
Luka pada dinding mulut adalah salah satu gejala kanker mulut. Bentuknya lebih dari sekedar sariawan biasa , karena ukurannya cukup besar dan terasa lebih dalam menuju lapisan dinding mulut dan terasa sangat menyakitkan.

MUNCULNYA BENJOLAN PADA MULUT
Selain muncul luka, gejala kanker mulut lain yang kerap muncul adalah benjolan pada permukaan dinding mulut. Benjolan cukup terlihat, terasa dan akan menimbulkan rasa nyeri bila ditekan. Selain benjolan, kadang juga muncul semacam penebalan pada lidah atau gusi.

MULUT TERASA KAKU
Sejumlah pasien mengeluhkan masalah mulut yang kaku. Efek kaku ini terjadi karena sel kanker mempengaruhi kinerja saraf pada mulut. Kadang pasien bisa jadi akan kesulitan mengunyah dan berbicara.

NODA ATAU PIGMEN PADA MULUT
Tanda-tanda kanker mulut lain yang bisa muncul adalah terlihatnya noda pada dinding mulut. Noda kecoklatan, merah merona atau kebiruan yang tidak kunjung hilang bisa jadi adalah tanda kerusakan pada jaringan dinding mulut akibat kanker.

MUNCUL SISIK PADA MULUT
Bentuk kanker mulut lain yang kadang muncul adalah bentukan sisik pada permukaan mulut. Sisik ini adalah lapisan kanker yang muncul dan melekat pada dinding mulut. Ciri-ciri kanker mulut ini juga bisa menimbulkan efek kebas dan nyeri.

MULUT SULIT MERASAKAN
Mati rasa adalah bentuk lain dari gejala kanker mulut. Keluhan yang berasal dari kerusakan sistem saraf pada mulut dan lidah ini membuat lidah tidak lagi bisa merasakan dan semua makanan akan terasa hambar.

GUSI MELUNAK
Ciri-ciri kanker mulut lain yang kerap pula muncul adalah melunaknya gusi. Gusi mengalami kerusakan jaringan hingga tidak lagi bisa menopang gigi. Gusi melunak dan gigi menjadi sangat mudah tanggal.


Gejala kanker mulut via kumparan.com

Kanker mulut adalah keluhan yang lazim dialami mereka yang merokok berat, penyuka makanan kaya sodium dan peminum berat. Mengapa merokok dapat menyebabkan kanker mulut? Karena penyebab utama dari kanker mulut ini yaitu penggunaan tembakau, rokok merupakan bentuk paling umum dari tembakau yang banyak digunakan.

American Cancer Society menuturkan bahwa sekitar 80 persen orang dengan kanker mulut adalah pengguna tembakau. Hal ini karena ada lebih dari 60 zat karsinogen yang bisa menyebabkan mutasi pada DNA. Jadi penting bagi Anda perokok dan peminum serta mereka yang hobi menikmati makanan kering keripik yang kaya sodium untuk memperhatikan gejala dan tanda-tanda yang muncul pada mulut mereka.

Apakah kanker mulut menular? Apakah kanker mulut dapat disembuhkan? Apakah kanker mulut mematikan?

Kanker mulut termasuk jenis kanker yang menular, sehingga kita perlu berhati-hati jika melakukan kontak dengan penderita kanker mulut. Adapun sifat penularan tersebut tidak terjadi secara langsung, karena pada dasarnya sel kanker tidak dapat menular kepada siapapun. Jadi yang menular adalah virus penyebab kanker mulut.

Pertanyaan mengenai apakah kanker mulut bisa disembuhkan atau tidak tentunya muncul di benak penderita kanker mulut, mengingat kanker ini cukup berbahaya dan bisa juga menyebabkan kematian. Sebenarnya kanker ini masih bisa disembuhkan jika kita dapat mendeteksinya dengan cepat, karena itu sangat penting untuk mengenali ciri-ciri kanker mulut sejak stadium awal agar dapat segera diobati secepat mungkin.

Pada stadium awal sel kanker masih berada di mulut saja sehingga pengobatannya pun lebih mudah dilakukan. Karena itu peluang kesembuhannya masih sangat besar. Lain halnya jika kanker terlambat dideteksi, maka harapan hidup juga semakin kecil karena sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Wah, ternyata kanker mulut ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kematian. Oleh karena itu, kita harus waspada dan selalu menjaga kesehatan mulut kita dan menjauhi hal-hal yang memicu terjadinya kanker mulut ini. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda, terimakasih sudah membacanya.
Top