Mustajab, Doa Kedua Orang Tua yang Bersumber Langsung dari Al Qur'an

Komentar

doa kedua orang tua via anakmuslimstudio.com

Banyak doa-doa yang bersumber langsung dari dalil Al Qur'an. Contohnya adalah doa untuk kedua orang tua berikut ini.

Karena bersumber langsung dari Al Qur'an maka InsyaAllah. Mustajab.

Para anak muslim dan muslimah, kedua orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka lah yang merawat kita sejak lahir hingga tumbuh dewasa tanpa meminta imbalan sedikitpun. Tanpa mereka, belum tentu kita bisa seperti sekarang ini karena kedua orang tua kita lah yang selalu siap merawat kita jika jatuh sakit.

Mereka setiap harinya juga mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sejak kecil. Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, kita harus senantiasa berdoa untuk orang tua kita. Lalu apakah doa untuk kedua orang tua itu ?

Baca Juga : 15 Parenting Tips Untuk Meredam Amarah Anak

Apakah Doa Untuk Kedua Orang Tua ?

Doa untuk kedua orang tua adalah doa yang senantiasa dilafalkan oleh para anak untuk kedua orang tuanya. Gunanya agar orang tuanya selalu dalam keberkahan Allah swt.
Salah satu amalan yang tidak akan pernah putus sampai akhir hayat adalah amalan anak sholeh. Dimana anak harus selalu mendoakan orang tua nya karena amalan tersebut tidak akan pernah putus.

Hadits Doa Untuk Kedua Orang Tua

Hak kedua orang tua atas anak-anak mereka sangat agung. Karena itu, Allah menyandingkan perintah untuk beribadah kepadaNya dengan keharusan berbakti kepada mereka berdua. Allah berfirman:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُوا إِلآ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu. [Al Isra/17`: 23].

Dari dalil tersebut sudah jelas kita harus berbuat baik pada orang tua. Salah satu sikap berbuat baik kepada orang tua adalah dengan mendoakannya.

Saking besarnya martabat mereka dipandang dari kacamata syari’at, Nabi mengutamakan bakti kepada mereka atas jihad fi sabilillah. Ibnu Mas’ud berkata:

سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

Aku pernah bertanya kepada Rasulullah,”Amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab,”Mendirikan shalat pada waktunya.” Aku bertanya kembali,”Kemudian apa?” Jawab Beliau,”Berbakti kepada ke orang tua,” lanjut Beliau. Aku bertanya lagi,”Kemudian?” Beliau menjawab,”Jihad di jalan Allah.” [HR Bukhari no. 5.970].

Dari hadits diatas sudah jelas bahwa berbakti kepada orang tua termasuk dalam amalan yang paling dicintai Allah. Mendoakan orang tua termasuk dalam tindakan berbakti kepada orang tua.

Setelah mengetahui hadits doa untuk kedua orang tua yuk mengetahui doa kedua orang tua sesuai al quran yang baik dibaca anak.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Sesuai Al Quran

doa orang tua via storiesoflife,today

Doa untuk kedua orang tua sesuai al quran dan kaum mukminin diambil dari beberapa ayar di al quran. Bunyinya :

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)” (QS. Ibrahim: 41).

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan” (QS. Nuh: 28).

Itulah doa untuk keuda orang tua sesuai al quran yang baik dibaca. Sedangkan doa kedua orang tua arab beserta artinya berikut ini merupakan doa yang baik dibacakan setelah sholat.

Doa Kedua Orang Tua Arab Beserta Artinya


اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil"

Kemudian untuk doa memohon ampunan untuk kedua orang tua beserta latin dan artinya adalah sebagai berikut.

Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya : "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Baca Juga : 12 Kewajiban Anak Di Rumah yang Wajib Orang Tua Ajarkan Agar Menjadi Anak yang Taat

Doa Dilancarkan Rezeki Kedua Orang Tua

Berjalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan yang semakin meningkat, sehingga peran orang tua harus bekerja keras demi mencukupi kebutuhan keluarganya. Kita yang merasakan sebagai anak sudah seharusnya mendoakan dengan doa untuk orang tua, agar bisa terus berjalan lancar usaha orang tua kita.

Mari kita doakan yuk, orang tua kita dengan cara dan doa berikut ini;

Shalat untuk Orang Tua
Shalat ini diajarkan oleh Rasulullah SAW dan keluarganya yang dilakukan dua rakaat dengan niat untuk berbuat baik dan berbakti kepada orang tua.

Caranya:

Rakaat pertama: Sesudah surat Fatihah membaca surat Ibrahim/14:41 (10 kali)
yaitu: Rabbanaghfirlî wa li-wâlidayya wa lil-mu’minîna yawma yaqûmul hisâb.

Artinya: Ya Tuhan kami, ampuni aku dan kedua orang tuaku serta orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).

Rakaat kedua: Sudah surat Fatihah membaca surat Nuh/71: 28 (10 kali) yaitu:
Rabbighfirlî wa li-wâlidayya wa liman dakhala baytî mu’minan wa lil-mu’minîna wal mu’minât.
Ya Tuhanku, ampuni aku dan kedua orang tuaku, dan orang yang masuk ke rumahku dengan beriman, serta seluruh mukminin dan mukminat.

Setelah salam membaca doa berikut 10 kali
Rabirhamhumâ kamâ rabbayanî shaghîrâ.
Artinya: Ya Tuhanku, kasihani mereka berdua sebagaimana mereka mendidikku di
waktu aku kecil.

Doa Kedua Orang Tua Yg Sdh Meninggal

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surga, hamba itu kemudian berkata; ‘Wahai Rabb, dari mana semua ini? ‘ maka Allah berfirman; ‘Dari istighfar anakmu.'”

Diantara bentuk-bentuk doa dan permohonan ampunan tersebut adalah :

ROBBIGH FIRLI WA LIWALIDAYYA

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ

Artinya : “Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku.” (QS. Nuh : 28)

ROBBIRHAMHUMA KAMAA ROBBAYANI SHOGHIRO

وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya : “Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24)

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari dari Jubair bin Nufair ia mendengarnya berkata, saya mendengar Auf bin Malik berkata; Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menshalatkan jenazah, dan saya hafal do’a yang beliau ucapkan: “ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA’FU ‘ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASSI’ MUDKHALAHU WAGHSILHU BILMAA`I WATS TSALJI WAL BARADI WA NAQQIHI MINAL KHATHAAYAA KAMAA NAQQAITATS TSAUBAL ABYADLA MINAD DANASI WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI WA ADKHILHUL JANNATA WA A’IDZHU MIN ‘ADZAABIL QABRI AU MIN ‘ADZAABIN NAAR

(Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnyak, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik -di akhirat- serta gantilah keluarganya -di dunia- dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka).” Hingga saya berangan seandainya saya saja yang menjadi mayit itu.

Doa Kedua Orang Tua Kepada Anaknya

Hendaklah orang tua mencontoh para nabi dan orang sholeh yang selalu mendoakan kebaikan pada anak keturunannya. Lihatlah contoh Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam di mana beliau berdoa,

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ

“Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim: 35)

Lihatlah sifat ‘ibadurrahman (hamba Allah) yang berdoa,

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan Kami, anugrahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan: 74)

Demikianlah mengenai bacaan doa untuk kedua orang tua yaitu ibu dan bapak, dan sedikit cara untuk berbakti kepada mereka, dengan kita mendoakan kedua orang tua semoga Allah Swt, melindungi, mengasihi mereka dan apabila mereka sudah meninggal dunia semoga dosa-dosa mereka diampuni dan mereka ditempatkan dalam tempat yang terbaik yaitu surga. Aamiin
Top