Selain Bisa Mengobati Mimisan, Ternyata Daun Sirih Punya Banyak Manfaat Lain

Komentar

daun sirih via manjadda.com

Daun sirih dikenal sebagai tumbuhan yang mudah hidup di mana saja, termasuk di halaman rumah kamu.

Tak cuma ampuh mengobati mimisan dalam sekejap, daun sirih juga punya banyak manfaat seperti mengobati mata. Bagaimana sih cara menanam pohon sirih agar daunnya lebat. Ini caranya.

Selain itu, daun sirih juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman bernama latin piper batle l. tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol.

Lantas apa saja kandungan daun sirih yang begitu bermanfaat ? Apa saja manfaat daun sirih bagi tubuh? Apa efek samping dari daun sirih ? Berikut ini ulasanya.

Apa Saja Kandungan Daun Sirih ?

Berikut ini kami akan menyajikan apa saja kandungan daun sirih yang baik dan sangat bermanfaat.

Minyak terbang atau batlephenol
Minyak atsiri pada daun sirih mengandung banyak senyawa bermanfaat. Salah satunya adalah minyak terbang atau betlephenol. Manfaat minyak terbang diantaranya sebagai antiseptik dan antioksidan.

Polevanolad
Polevanolad adalah senyawa yang sangat besar pengaruhnya pada kecantikan. Fungsi terbesarnya adalah menjaga kesehatan kulit.

Senyawa alkaloid
Fungsi alkaloid ini sendiri adalah untuk mencegah timbulnya penyakit kulit. Bahkan penderita penyakit kulit seringkali merawat tubuhnya dengan air rendaman daun sirih.

Senyawa fitokimia
Fungsi senyawa fitokimia ini adalah untuk menangkal racun. Selain menangkal racun juga untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh pada manusia. Dengan kandungan senyawa fitokimia ini, daun sirih dapat digunakan sebagai antikanker yang ampuh.

Vitamin C dan riboflavin
Penyakit sariawan dapat dicegah dengan daun sirih. Gunakan air rebusan daun sirih untuk obat kumur. Basuh bagian mulut yang sariawan dengan air rebusan daun sirih. Dalam beberapa hari pemakaian, Anda akan merasakan sariawan hilang.

Itulah apa saja kandungan daun sirih serta manfaat setiap kandungannya. Selain manfaat diatas, daun sirih masih punya banyak manfaat yang belum banyak diketahui orang lho. Lantas apa saja manfaat daun sirih yang jarang diketahui orang ? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga : Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Apa Saja Manfaat Daun Sirih ?

manfaat daun sirih via nulis.co.id

Berikut ini apa saja manfaat daun sirih yang ampuh menyembuhkan beberapa penyakit.

1. Obat radang tenggorokkan
Rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya.
Minum rebusan tersebut secara rutin 2-3 gelas sehari.

2. Obat luka bakar ringan
Caranya, tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu.
Oleskan pada luka sehari dua kali.

3. Obat demam berdarah
Rebus 5-6 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya.
Minum air rebusan 2 kali sehari secara rutin.

4. Melancarkan haid
Rebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja.
Minum rebusan tersebut 2 kali sehari.

5. Obat batuk
Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati batuk.
Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.

6. Obat keputihan
Caranya, rebus 5 -10 daun sirih merah dalam 250 ml air.
Setelah dingin, saring airnya, dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

7. Menghilangkan bau badan
Rebus 10-15 lembar daun sirih dan 1 sendok teh garam dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja.
Minum air rebusan 2 kali sehari.

8. Menghilangkan bau mulut
Rebus 10-15  daun sirih dalam 4 gelas air sampai tersisa setengahnya.
Gunakan untuk berkumur.

Wah itulah apa saja manfaat daun sirih yang berguna menyembuhkan beberapa penyakit. Namun, bisakah daun sirih mengobati sakit mata ? Simak berikut ini.

Bisakah Daun Sirih Mengobati Sakit Mata ?

daun sirih untuk mata via style.tribunnews.com

Manfaat daun sirih merah untuk mata sebagai obat alami mengatasi iritasi dan sakit mata dilakukan dengan merebus daun sirih merah dan mengaplikasikannya pada mata yang sakit. Berikut langkah-langkah menggunakan daun sirih merah sebagai obat mata:
  • Sediakan beberapa lembar daun sirih merah segar dan muda (sekitar 4-5 lembar) kemudian dicuci di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang bisa saja mengandung bakteri atau virus berbahaya.
  • Rebus daun sirih dengan 2 gelas air hingga mendidih dan menjadi 1 gelas. Gunanya untuk mengeluarkan saripati sirih merah serta menghilangkan dan mematikan kuman-kuman yang masih menempel.
  • Air rebusan inilah yang nantinya akan digunakan untuk membasuh mata. Bisa diaplikasikan secara langsung atau dengan menggunakan kain yaitu dengan mencelupkan kain pada air rebusan sirih kemudian kain tersebut diusapkan pada mata yang sakit.
  • Untuk hasil maksimal lakukan pengobatan ini secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.

Meskipun daun sirih merah dipercaya baik untuk menjaga kesehatan mata dan mengobati beberapa keluhan penyakit mata namun harap berhati-hati ketika mengaplikasikan obat herbal ini pada mata.

Pastikan daun sirih benar-benar bersih dan mendidih semppurna. Karena, jika tidak mata akan tambah sakit karena adanyya bakteri dan virus, bahkan bisa menyebabkan buta. Pemakaian daun sirih juga tidak boleh berlebihan. Maksimal 3 kali sehari. Dan sebaiknya penderita sakit mata tetap berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Itulah jawaban dari pertanyaan bisakah daun sirih mengobati sakit mata agar sembuh ? Selain mengobati sakit mata, manfaat daun sirih yang sudah diketahui ornag adalah bisa mengobati mimisan. Kenapa daun sirih bisa mengobati mimisan di hidung ? Simak jawabannya berikut ini.

Baca Juga : Manfaat Susu Kedelai, Selain Mencegah Obesitas Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kenapa daun sirih bisa menyembuhkan mimisan?

Sirih merupakan jenis tanaman merambat yang termasuk dalam famili Piperaceae. Tanaman sirih memiliki banyak nama seperti betel (Prancis), betelhe, vitele (Portugal), ju jiang (China) dan sirih (Indonesia).

Dilansir nzhealth, Jumat (14/1/2011), bahan kimia yang terkandung pada daun sirih antara lain minyak esensial, hydroxycatechol, chavicol, chavibetol, eugenol, methyl eugenol, kariofilena, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula dan pati.

Kandungan bahan-bahan kimia inilah yang membuat daun sirih dapat menghentikan perdarahan pada saat mimisan. Tidak hanya pada mimisan, daun sirih juga bisa menghentikan perdarahan pada luka.

Nah itulah alasan kenapa daun sirih bisa menyembuhkan mimisan di hidung. Setelah kita membahas apa saja manfaat daun sirih yang begitu banyak. Perlu diketahui juga daun sirih memiliki efek sampaing. Apa daun sirih punya efek samping yang berbahaya ? Simak berikut ini.

Efek Samping Daun Sirih

Setelah membahas tentang segala sisi positif dari daun sirih bagi kesehatan, kini kita perlu juga mengetahui kemungkinan-kemungkinan dari efek samping jahat dari daun sirih. Ada sejumlah efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh, khususnya kalau sampai daun sirih dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang. Di bawah ini adalah beberapa efek samping daun sirih yang dimaksud untuk Anda bisa mewaspadainya:

1. Iritasi di Area Kewanitaan
Meski tanaman herbal, penggunaan daun sirih pun sebaiknya tidak sembarangan, khususnya untuk area kewanitaan. Penggunaan daun sirih setiap hari justru mampu membuat organ kewanitaan lebih gampang teriritasi. Iritasi dapat terjadi ketika organ tersebut mengalami kekeringan karena pemakaian daun sirih yang terlalu banyak atau berlebihan.

2. Membunuh Bakteri Baik
Antibiotik dan juga antiseptik di dalam daun sirih sangatlah tinggi dan termasuk kuat sehingga bukan hanya bakteri jahat saja yang terbasmi. Bahkan bakteri-bakteri baik di dalam tubuh akan ikut terbunuh tanpa memandang bulu.

3. Mempercepat Detak Jantung
Memakai daun sirih dan mengonsumsinya juga berisiko pada detak jantung yang mengalami peningkatan pada detaknya. Jantung yang kemudian berdebar kencang ini bisa cukup mengganggu dan hal ini sebaiknya memang langsung menghentikan pemakaian atau konsumsi dari daun sirih supaya palpitasi bisa berhenti dan detak jantung kembali normal.

4. Penyakit Jantung
Diketahui bahwa mengonsumsi air daun sirih terlalu banyak, khususnya juga dalam waktu panjang dan lama bisa memengaruhi kinerja jantung. Selain detaknya yang bisa berubah lebih cepat, ada pula kemungkinan untuk mengalami masalah lainnya.

5. Tumor di Mulut
Bukankah air daun sirih adalah pencegah kanker? Ya, apabila daun sirih dipakai dengan benar dan tanpa berlebihan. Berniat mencegah kanker, namun bila terlalu sering dan berlebihan mengonsumsi daun sirih malah yang ada justru membuat pertumbuhan tumor bisa terdukung.

6. Kanker Otak
Kondisi lainnya yang bisa menjadi efek samping berbahaya dari pemakaian daun sirih adalah kanker otak. Batasi penggunaan dari daun sirih agar mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

7. Mengurangi Produksi ASI
Bagi para wanita yang tengah menyusui, menempelkan daun sirih dalam kondisi hangat setelah dioles minyak kelapa di area payudara rupanya bisa berdampak pada pengurangan produksi ASI.

Demikianlah informasi tentang efek samping daun sirih yang berbahaya bagi tubuh. Pemakaian daun sirih yang berlebihan akan membawa pengaruh buruk bagi tubuh.

Selanjutnya buat kamu yang ingin membudidayakan daun sirih, kamu harus smengetahui bagaimana daun sirih berkembang biak di lingkungan rumah. Beikut ini ulasannya.

Bagaimana Daun Sirih Berkembang Biak ?

Tanaman SIRIH adalah tanaman obat yang mudah sekali di temukan di Indonesia.

Tanaman ini secara umum diperbanyak dengan cara:
  • STEK
  • CANGKOK
  • MERUNDUK

Perkembangbiakan sirih dengan cara stek dilakukan dengan memotong bagian pada sirih yang sudah mengeluarkan akar dari tanaman yang sehat dan juga cukup umur.

Perkembangbiakan dengan cangkok dilaksanakan dengan memilih cabang pada tanaman sirih yang sudah tua. Selanjutnya batang tadi diikat dengan dibalut dengan sabut kelapa. Pencangkokan pada sirih tak memerlukan tindakan pengupasan pada kulit, meski begitu harus selalu dipastikan ijuk cangkok dalam keadaan basah agar akar lebih cepat tumbuh.

Dengan cara merunduk, cabang tanaman sirih yang sudah cukup umur dirundukkan pada tanah atau medium tanam lainnya hingga akarnya tumbuh.

Nah itulah cara bagaimana daun sirih berkembang biak agar kamu bisa mengembang biakkan daun sirih ini.

Demikianlah informasi terkait daun sirih. Daun sirih sendiri sudah terkenal sejak dulu akan khasiatnya yang begitu besar dikarenakan kandungan antiseptiknya. Penggunaan yang berlebihan, apapun bahan atau obatnya akan merugikan nantinya bagi kesehatan tubuh, begitupun dengan penggunaan daun sirih. Semoga artikel ini bermanfaat!
Top