Rasanya Memang Pahit, Tapi Daun Singkong Punya Efek yang Luar Biasa

Komentar

daun singkong via infoalami.com

Nah, banyak orang yang meremehkan sayur yang satu ini. Padahal jika diolah secara benar, rasa pahitnya hilang, dan memberikan efek positif yang luar biasa bagi tubuh.

Daun singkong cukup populer di beberapa daerah. Masyarakat Minang mengolah daun singkong menjadi gulai atau lalapan rebus, Sumatera Utara sangat populer dengan menu Gulai Ubi Tumbuk-nya, sedangkan di tanah Jawa daun singkong biasa diolah jadi buntil, campuran gudeg dan pecel. Daun singkong sering dikaitkan dengan penyakit asam urat yang terjadi karena peningkatan jumlah asam urat yang tak terkendali dalam darah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ancaman asam hidrosianat (HCN) alias sianida yang merupakan racun alami pada tanaman singkong (pada umbi dan daunnya).Untungnya racun ini mudah menguap. Dalam konsentrasi rendah racun ini akan menyebabkan gejala lemas, pusing dan sakit kepala.

Hmm sebenarnya apa saja sih kandungan di daun singkong itu ? Apa saja manfaat daun singkong bagi tubuh ? Apa daun singkong memiliki efek samping membahayakan ? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Kandungan Di Daun Singkong

Berikut ini adalah akndungan di daun singkong yang punya banyak nutrisi.

Daun singkong mengandung serat dan beberapa nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat,  vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Dari semuanya,  yang dominan adalah protein, vitamin A, serat, dan vitamin C. Kandungan protein dalam daun singkong disebut-sebut setara dengan protein pada telur, dan mengandung lebih dari 60% asam amino esensial.

Karena kelebihannya ini, daun singkong sangat baik untuk mencegah sembelit, baik untuk kesehatan mata, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kenapa Daun Singkong Pahit ?

daun singkong pahit via style.tribunnews.com

Tahukah Anda bila ada jenis singkong sekaligus daunnya yang mengandung sianida? Agar aman dikonsumsi, perlu dilakukan beberapa proses untuk memasaknya.

Lalu, singkong seperti apakah yang perlu diwaspadai?

Dalam kondisi normal, singkong merupakan sumber karbohidrat dan serat makanan meskipun memiliki sedikit protein. Pada beberapa jenis singkong, terdapat senyawa yang berpotensi racun yakni linamarin dan lotaustralin yang termasuk glikosida sianogenik.

Di bawah kondisi netral, aseton sianohidrin didekomposisi menjadi aseton dan hidrogen sianida (HCN) sehingga menyebabkan keracunan bagi yang mengkonsumsi.

Semakin tinggi kadar sianida, rasa singkong akan semakin pahit. Sedangkan singkong yang manis tidak banyak mengandung sianida.

Kebanyakan keracunan singkong karena proses memasak yang tidak benar. Bila memang sangat membutuhkan singkong yang memiliki bercak biru, Anda harus mengupas kulit dan mencucinya dengan bersih.

Hmm itulah jawaban kenapa daun singkong pahit rasanya. Ternyata sianida yang bikin daun singkong pahit itu berbahaya gais.

Yuk ketahui dulu apa saja manfaat daun singkong untuk tubuh sebelum mengetahui daun singkong efek samping selengkapnya. Berikut ini ulasannya.

Baca Juga : Manfaat Susu Kedelai, Selain Mencegah Obesitas Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung

Apa Saja Manfaat Daun Singkong ?

daun singkong gulai via lifestyle.sindonews.com

Manfaat daun singkong sendiri dapat kita jadikan rujukan melalui kandungan gizinya, namun telah beredar di masyarakat luas bahwa daun singkong ini sangat cocok untuk berbagai pengobatan serta keluhan penyakit.

Beberapa nutrisi berharga, tekandung pada daun singkong seperti vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial dan karboidrat. Hal ini tentunya menjadikan manfaat daun singkong sangat baik apabila dikonsumsi sebagai menu harian anda.

1. Membantu Metabolisme Tubuh
Daun singkong memiliki protein nabati ynag mengandung vitamin B. Vitamin B sangat diperlukan untuk membangun sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh.

2. Sebagai Sumber Energi
Kandungan berbagai protein atau asam amino essensial pada daun singkong sangat membantu memberikan energi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Asam amino essensial pada daun singkong, membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh beraktivitas.

3. Daun Singkong Sebagai Sumber Antioksidan
Daun singkong merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah dan membuang radikal bebas dalam tubuh.

4. Pembentukan dan Regenerasi Sel Tubuh
Asam amino essensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia.

5. Untuk Diet
Daun Singkong Ternyata juga sangat baik digunakan untuk diet, kandungan serat dan tingginya protein di dalamnya adalah salah satu menu diet sehat harian anda.

6. Baik Untuk Pencernaan
Hampir semua orang tau bahwa serat sayuran sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia, begitu juga dengan daun singkong.

7. Penambah Darah
Daun singkong adalah sayuran penambah darah yang sangat ampuh menambah darah jika anda sedang terkena anemia.

Itulah apa saja manfaat daun singkong yang baik untuk tubuh. Namun daun singkong juga memiliki efek samping yang berbahaya lho! Berikut ini daun singkong efek samping yang wajib anda ketahui.

Daun Singkong Efek Samping

Bahaya daun singkong yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu munculnya beberapa keluhan penyakit seperti :

1. Mengakibatkan keracunan
Daun singkong mengandung senyawa linamarin dan lotaustralin yang berpotensi menjadi racun sianinda yang jika mengendap dan mengiritasi dijaringan tubuh dapat mengakibatkna keracunan yang biasanya ditandai dengan muntah muntah.

2. Sakit perut
Mengkonsumsi terlalu banyak daun singkong dapat membuat asam lambung , dinding lambung mendapat tekanan dan luka karena senyawa yang ada pada daun singkong bersifat sianida yang mampu mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut sehingga akan menyebabkan sakit perut, mual mual dan disertai muntah.

3. Sakit kepala
Senyawa linamarin dan lotaustralin yang ada pada daun singkong  dapat bertindak sebagai racun yang menghambat kelancaran perdaran darah disekitar kepala dan memicu ketegangan otot saraf kepala sehingga menimbulkan  sakit kepala yang terkadang datang secara berkesinambungan.

4. Gangguan sesak nafas
Senyawa sianida yang ada pada daun singkong berpotensi menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan yaang dapat menyebabkan sesak nafas, dada nyeri dan terasa seperti sedang terhimpit benda berat.

5. Meningkatkan kadar kolesterol
Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi didalam darahnya sebaiknya menghindari mengkonsumsi daun singkong karena dapat meningkatkan kadar kolesterol yang nantinya dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat menghambat kinerja organ tubuh vital antara lain jantung.

6. Meningkatkan asam urat
Daun singkong tidak cocok bagi penderita asam urat apalagi dikonsumsi secara berlebihan, karena didalamnya mengandung zat purin yang dapat menyebabkan meningkatnya asam urat dipersendian yang menimbulkan rasa nyeri dan peradangan.

7. Meningkatkan tekanan darah
Seseorang yang menderita darah tinggi sebenarnya masih diperbolehkan mengkonsumsi daun singkong tetapi dalam takaran yang moderat (wajar) dan disarankan tidak ditambahkan santan dalam pengolahannya. lemak pada santan dapat mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.

Itulah daun singkong efek samping yang begitu membahayakan tubuh yang wajib anda waspadai. Selanutnya kita akan membahas apakah daun singkong penyebab asam urat tinggi ? Simak beriktu ini.

Baca Juga : Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Apakah Daun Singkong Penyebab Asam Urat ?

daun singkong penyebab asam urat via alodokter.com

Apakah daun singkong penyebab asam urat tinggi ? Berikut ini penjelasannya.

Kenaikan asam urat didalam darah salah satunya dapat disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung purin. Salah satu contohnya adalah sayuran daun singkong. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak meningkatkan kadar asam urat secara drastis karena termasuk kelompok yang mengandung rendah purin. Namun meskipun demikian, sebaiknya Anda tetap membatasi konsumsi daun singkong.

Nah pertanyaan apakah daun singkong penyebab asam urat telah terjawabkan ? Jangan konsumsi daun singkong berlebihan ya, bikin asam urat!

Kita sudah membahas apa saja manfaat daun singkong yang juga baik untuk tubuh serta membahas daun singkong efek samping yang juga membahayakan untuk tubuh. Lanjut kita kan membahas cara daun singkong berkembang biak. Buat kamu yang ingin membudidayakan daun singkong simak berikut ini.

Secara singkat, daun singkong berkembang biak dengan cara Vegetatif Alami dengan umbi akarnya, dan Vegetatif buatan dengan cara stek batang. Jadi, mudah banget kan membudidayakan pohon singkong ini. Selain banyak manfaat, daun singkong ini juga mudah ditanam.

Demikianlah artikel tentang daun singkong yang ternyata memiliki banyak manfaat dan efek samping bagi tubuh kita. Tanaman singkong sangat mudah ditemukan karena cara berkembang biaknya yang mudah. Semoga artikel ini bermanfaat!
Top