Cara Cari Uang yang Halal dan Banyak Sesuai Al Quran Hadist

Komentar

cari uang via darunnajah.com

Tidak sedikit orang yang susah cari uang untuk memenuhi kebutuhan. Hingga akhirnya mereka menggunakan cara yang kurang baik. Lantas, bagaimana cara cari uang yang halal sesuai Al Quran dan hadist?

Sebenarnya cari uang halal dan berkah bisa dilakukan dengan ihtiar yang baik seperti bekerja atau berdagang yang juga dengan cara-cara baik.

Mencari uang adalah hal yang ingin dilakukan oleh hampir semua orang. Ini mungkin menjadi hal yang mudah bagi orang-orang yang telah bekerja dan memiliki sejumlah penghasilan tetap.

Namun, banyak juga masyarakat yang kesulitan cari uang karena tidak mengenali karakter dari uang yang mereka miliki.

Baca Juga : Bisa Dicoba, 7 Mesin Uang yang Tersedia Pada Aplikasi Android
  

Cara Mencari Uang Halal & Berkah Menurut Islam

ilustrasi cari uang halal via qolbubooster.blogspot.com

Uang merupakan salah satu kebutuhan yang dapat mempengaruhi kesejahteraan seseorang. Tanpa adanya uang tentu seseorang akan merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Uang juga merupakan salah satu bentuk rezeki dari Allah yang harus kita perjuangkan dalam memperolehnya. Cara cari uang halal dan berkah bisa dilakukan dengan ihtiar yang baik seperti bekerja atau berdagang yang juga dengan cara-cara baik dan halal.

Cara cari uang bisa dilakukan di mana saja, kita sebagai manusia harus selalu berusaha mencarinya. Dan, dalam mencari uang inilah harus dilakukan dengan cara yang halal, sesuai dengan kehendak Allah.

Hindarkan dari diri Anda untuk cari uang dengan cara haram, seperti melakukan kriminalitas ataupun pesugihan meminta bantuan roh-roh yang bersifat musyrik. Semua cara tersebut dibenci oleh Allah. Lalu, seperti apa cara cari uang dengan halal?

Agama Islam mengajarkan kepada umat muslim untuk selalu cari uang halal karena manfaatnya positifnya akan dapat dirasakan oleh Anda dan seluruh keluarga. Di bawah ini ada beberapa acuan cara cari uang halal menurut Islam yang bersumber dari ayat Alquran dan hadist.

1. Cara mencari uang halal dengan menjauhi kedzaliman

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya [meminum] khamar, berjudi, [berkorban untuk] berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (Al Maidah 5 : 90)

2. Cara mencari uang halal dengan bekerja dan berusaha

“Kalau telah ditunaikan shalat Jum’at maka bertebaranlah di muka bumi dan ingatlah Alloh sebanyak-banyaknya agar kalian bahagia.” (QS. Al Jumu’ah : 10)

3. Cara mencari uang halal dengan meningkatkan taqwa

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. Ath Thala : 2)

4. Cara mencari uang halal dengan bertawakkahl kepada Allah

”Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaq : 3)

5. Cara mencari uang halal dengan selalu bersyukur dan bersabar

“Kalau seandainya kalian bersyukur, sungguh-sungguh Kami akan menambah untuk kalian (nikmat-Ku) dan jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya adzab-Ku sangat keras.” (QS. Ibrahim : 7)

6. Cara mencari uang halal dengan bersedekah/berinfaq/berzakat

“Dan apa-apa yang kalian infaqkan dari sebagian harta kalian, maka Allah akan menggantinya.” (QS. Saba: 39)

7. Cara mencari uang halal dengan berdoa dan beristghfar

“Ya Allah aku meminta kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.” (HR. Ibnu Majah dan yang selainnya)

“Barang siapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan, dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tiada disangka-sangka,” (HR Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’i, Ibnu Majah dan al-Hakim)

8. Cara mencari uang halal dengan bersilaturahmi

”Barangsiapa yang berkeinginan untuk dibentangkan rezeki baginya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung silaturohmi.” (HR. Bukhori Muslim)

9. Cara mencari uang halal dengan berbuat kebaikan

“Barang siapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, maka baginya (pahala) yang lebih baik daripada kebaikannya itu; dan barang siapa yang datang dengan (membawa) kejahatan, maka tidaklah diberi pembalasan kepada orang orang yang telah mengerjakan kejahatan itu, melainkan (seimbang) dengan apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS Al qashash: 84).

10. Cara mencari uang halal dengan berdagang

“Berniagalah, karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan.” (Riwayat Ahmad)

11. Cara mencari uang halal dengan biasa bangun pagi

“Allah membagikan rezeki setiap harinya pada waktu antara mulainya subuh sampai terbitnya matahari.” (HR. Al-Baihaqi)
cara mencari uang

Berusahlah menjemput rezeki Anda dengan ihtiar melalui jalan yang telah diperintahkan-Nya. Untuk memaksimalkan usaha Anda dalam cari uang, diperlukan peningkatkan kualitas diri dari dalam yang dapat mendukung kemampuan dan potensi Anda dalam bekerja.


ilustrasi cari uang halal via suaramuhammadiyah.id

Dengan cari uang halal, hidup Anda akan menjadi lebih tenang, tentram, sejahtera, dan bahagia dengan karunia rezeki yang diberikan Allah kepada Anda dan keluarga.

Baca Juga : 10 Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Bisa Anda Coba
  
Demikian beberapa cara cari uang halal menurut Islam. Semua cara di atas sangat baik untuk Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda.
Top