10 Bahaya Mie Instan Bagi Tubuh, Lambung Jadi Sasaran Utamanya

Komentar

Mie instan via ulinulin.com

Mie instan berbahaya jika dikonsumsi dengan cara yang tidak benar. Digosipkan ada zat lilin dan lain sebagainya. Namun memang ibu hamil dan anak kecil sebaiknya tidak konsumsi mie instan. Berikut kami ungkap, kenapa mie instan berbahaya.

Mie instan memang sudah menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama anak kos di akhir bulan. Namun tahukah apa saja bahaya mie instan bagi tubuh? Dilansir dari healthline.com, mie instan memiliki kandungan monosodiun glutamat (MSG) yang dapat membahayakan kesehatan otak, ada juga isu yang menyatakan kalau mie instan itu mengandung zat lilin.

Selain itu, anda juga harus mengetahui mengenai bahaya mie instan bagi ibu hamil dan bahaya mie instan untuk anak kecil. Karena, bahaya dari mie instan ini tidak bisa disepelekan, dibawah ini merupakan penjelasan mengenai bahaya mie instan bagi tubuh maupun ibu hamil dan anak kecil.

Bahaya Mie Instan

Sebenarnya sudahbanyak yang paham bahwa Mie Instan adalah makanan yang memiliki bahaya dan tidak baik untuk dikonsumsi. Namun efek mengenyangkan juga harga yang murah menjadi alasan utama mengapa makanan yang mengancam kesehatan ini tetap laku terjual habis. Inilah 10 macam bahaya mie instan:

1. Kerusakan hati 
Mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering atau rutin dapat menyebabkan kerusakan hati. Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati.

2. Gagal Ginjal 
Kandungan Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.

3. Memicu tekanan darah tinggi 
Pada umumnya tekanan darah seseorang normalnya adalah 130/80. Tetapi Mie Instan akan menaikannya alias memicu tekanan darah tinggi terjadi karena zat kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat.

4. Menyebabkan kanker 
Siapa yang tidak merasa ngeri mendengar penyakit ini. Penyakit kanker memang mudah menghampiri banyak orang dengan tidak memandang usia. Dan Mie Instan menjadi salah satu jalan penyakit ini dapat menghampiri kita.

Dengan segumpal aneka ragam zat kimia yang ditambahkan dengan bahan berbahaya lain salah satunya Mie Instan yang di dalam Styrofoam, kanker dapat saja dengan senang hati menghampiri. Stryfoam yang diberi air panas sangat tidak baik karena menambah zat kimia berbahaya di dalam Mie Instan.

5. Mengalami Keguguran
Zat kimia di dalam mie instan serta zat pengawetnya bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Zat dalam mie instan itu bisa menembus ke dalam plasenta dan menyebabkan keguguran.


Kandungan mie instan via belanga.id

6. Menganggu Pertumbuhan Janin
Bahaya ibu hamil makan mie instan juga karena adanya kandungan MSG atau vetsin yang bisa menyebabkan perkembangan janin terganggu. Sama halnya dengan kandungan berbahaya dalam mie instan, MSG ini juga bisa masuk ke dalam plasenta dan menyebabkan janin terganggu pertumbuhannya.

 7. Mengganggu Kecerdasan Otak Janin
Kandungan berbahaya dalam mie instan dan juga kandungan MSG dalam mie instan bisa mengganggu kecerdasan otak janin. Bahaya MSG bagi ibu hamil dan kandungan berbahaya tersebut bisa masuk ke dalam tubuh janin dan merambat ke otak, jika sudah terganggu dengan MSG serta bahan kimia tersebut akibatnya adalah janin akan mengalami gangguan kecerdasan otak.

8. Menghambat penyerapan nutrisi.
Tidak sedikit orang tua yang selalu menuruti keinginan naknya untuk makan mie agar karena anak bisa makan dengan lahap bila makan mie instan. padahal mie instan akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak. Apalagi bagi anak-anak dibawah usia 6 tahaun.

9. Mengganggu sistem pencernaan
Mie instan juga dapat mengganggu pencernaan anak. Karena mie instan menghambat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, ini juga menjadikan pencernaan terganggu. Karena pencernaan yang baik memerlukan bantuan nutrisi dan mineral yang banyak.

Biasanya anak-anak akan mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar. Dan bahkan bisa menyebabkan lambung serta usus bocor.

10. Bisa menyebabkan konstipasi
Mie instan memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi, dengan kandungan serta yang sedikit. Hal tersebut bisa mengakibatkan konstipasi atau mengalami kesulitan sistem pencernaan. Dan biasanya mie instan bisa mengakibatkan perut menjadi kembung sampai konstipasi yang bisa memperparah keadaan usus atau organ dari sistem pencernaan.


Bahaya mie instan via undas.co

Apa saja kandungan dan bahaya mie instan? Dibawah ini merupakan 4 kandungan yang terdapat didalam mie instan, anda wajib tahu.

Kandungan dan Bahaya Mie Instan

Berikut sejumlah fakta bahaya mie instan yang dapat membahayakan kesehatan.

1. Kandungan lilin
Dalam proses pembuatan mie, pengawetan dilakukan dengan deep frying yaitu penggorengan dalam minyak panas pada suhu 120-160 derajat celcius selama kurang lebih dua menit sampai kering dan diperoleh kadar air kurang dari 4% sehingga mikroorganisme nggak dapat berkembang biak.

Bentuk mie yang masih kering masih belum menimbulkan kecurigaan. Tapi nih saat anda membuatnya, kok mie bisa nggak lengket gitu ya? Menurut penelitian ternyata di dalam mi instan terdapat kandungan lilin yang berbahaya bagi kesehatan. Kandungan lilin dalam mie instan berguna untuk membuat mie tidak lengket satu sama lain. Inilah bahaya zat lilin pada mie instan.

2. Kandungan nipagin
Sudah nggak asing lagi kalau dalam proses pembuatan bumbu-bumbu mi instan menggunakan bahan kimia sebagai pengawet. Pengawet yang paling umum digunakan yaitu asam benzoat dan nipagin.

Nipagin biasa digunakan sebagai pengawet dalam pembuatan kecap. Kombinasi dari penggunaan asam benzoat dan nipagin sebagai pengawet dalam makanan dapat meningkatakan daya tahan makanan karena peningkatan efek antimikrobanya.

3. Pengawet TBHQ (tertiary-butyl hydroquinone)
TBHQ merupakan bahan kimia yang sering disebut memiliki fungsi sebagai antioksidan. Tapi, TBHQ ini bukanlah berasal antioksidan alami tapi berasal dari bahan kimia sintesis. Zat ini berfungsi untuk mencegah oksidasi lemak dan minyak, sehingga dapat memperpanjang masa simpan makanan olahan, atau biasa disebut bahan pengawet. Inilah kenapa mi instan bisa awet disimpan dalam waktu yang lama.

4. MSG (monosodium glutamat)
Memang nggak bisa dipungkiri kalau bumbu mi instanlah yang bisa membuat makanan ini menjadi nikmat dan gurih. Itu semua karena bumbu mi instan mengandung bahan penyedap rasa seperti MSG atau vetsin yang dapat membahayakan untuk kesehatan.

MSG dapat menyebabkan disfungsi otak dan kerusakan berbagai organ. Selain itu, zat ini juga dapat menimbulkan sejumlah penyakit, seperti alzheimer, parkinson, dan bahkan penyakit kesulitan belajar.

Nah, itulah fakta terkait kandungan yang terdapat didalam mie instan. Mie instan memang enak, apa lagi harganya juga murah, namun jangan sepelekan juga fakta mengenai mie instan ini. Boleh saja mengkonsumsi mie instan, tetapi jangan terlalu sering karena bahaya mie instan jika dikonsumsi terus menerus bisa anda rasakan.

Demikian penjelasan ini kami sampaikan, semoga bisa menambah pengetahuan serta bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah membacanya, kami mohon maaf jika ada salah kata.
Top