Dapat Diolah Bermacam Sajian, Ini yang Membedakan Apel Malang Dengan yang Lain

Komentar

Apel via id.wikipedia.org

Mungkin jika Anda membeli apel dari kebun di Jakarta sama - sama buah apelnya. Tapi Apel Malang memang memiliki karakteristik yang berbeda. Ini kelebihannya dibanding buah apel dari tempat lain.

Kurang tepat bila orang mengartikan lambang cinta dengan love. Karena ternyata love itu merupakan lambang yang diambil dari bentuk apel. Ketahui filosofi apel malang dan fakta apel malang.

Kota Batu dan Kota Malang adalah kota yang identic dengan kota buah apel, sehingga sering dijuluki bahwa Malang dan Batu sebagai Kota apel, selain itu oleh-oleh yang bisa kita dapat dikota ini adalah keripik apel malang enak, rasanya tak kalah dengan kripik yang lain. Apa manfaat apel malang serta apa khasiat apel malang hijau? Simak penjelasannya dibawah ini.

Filosofi Apel Malang

Hanya ada dua pilihan, diuang ke tempat sampah atau melancong ke tempat yang jauh.. Buah apel yang bila dipetik tetapi busuk maka akan langsung menuju tempat sampah, dan buah apel yang masak, halus kulitnya.. sangat menarik bentuknya, maka buah apel itu akan dapat pergi ke tempat-tempat yang jauh.. Tarohlah si apel malang, dia bisa sampai ke kota solo, ke amerika, ke eropa, si Aple New Zealand bisa sampai ke supermarket² di kota solo.

Nah itu haya sebiji buah apel.. Buah yang tidak ber-otak, tidak ber-tangan dan kaki, namun dia bisa pergi ke tempat-tempat di seluruh dunia. Jika hanya buah apel saja bisa, mengapa kita tidak. Kita manusia dibekali oleh Allah panca indra, fungsi² motorik kita pun lengkap, kita bisa mengembangkan pemikiran-pemikiran yang hebat. Sungguh luar biasa manusia itu. Bahkan Ketia Adam pertama kali di ciptakan, Malaikat pun sujud padanya. Sungguh tinggi derajat manusia, sungguh kita ini makhluk yang diciptakan nyaris sempurna, karena kesempurnaan itu hanyalah milik Allah semata.


Fakta apel malang via manfaatbuahalami.com

Fakta dan Manfaa Apel Malang

Ada banyak vitamin yang terdapat di buah apel Malang, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C. Sedangkan, mineral yang terkandung dalam buah apel Malang antara lain kalsium, magnesium, potassium, zat besi, dan zinc. Berikut sederet manfaat apel Malang yang jarang diketahui.

Mencegah obesitas dan diabetes
Christopher Adams dari University of Iowa menemukan fakta bahwa di dalam kulit apel terdapat asam ursolat yang begitu efektif untuk membakar kalori tubuh dan tentunya baik untuk mencegah obesitas dan diabetes.

Manfaat  buah apel ana juga memiliki manfaat yang banyak yaitu untuk membantu kerja usus halus, pencernaan tidak bisa lepas dari kerja usus halus yang berfungsi sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisi yang ada  pada makanan yang dikonsumsi.

Mencegah asma
Kemudian bertujuan untuk mengurangi resiko gangguan pernapasan, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi  jus apel secara rutin setiap hari dapat menekan resiko terjadinya penyakit pernapasan yaitu asma.

Selain itu, wanita yang sedang hamil, dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif mencegah terjadinya gangguan pernafasan pada bayi yang ada dalam kandungannya.

Mencegah kanker
Memiliki manfaat lagi yaitu untuk mencegah dan mengobati kanker, Manfaat buah apel ini terdapat  senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui kulit apel mampu menghambat tumbuhnya  sel kanker pada tubuh yang dapat menimbulkan gejala kanker payudara, kanker hati dan gejala kanker usus besar.

Mempercantik kulit
Selain pemanfaatan buah apel anna sebagai kesehatan, buah apel juga bermanfaat bagi kecantikan. Manfaat pertama yaitu untuk mencerahkan kulit wajah, karena terdapat kandungan Asam hydroxyl yang terdapat di dalam buah apel memiliki fungsi untuk membantu proses mengelupas kulit yang tua atau kulit mati.

Selain itu juga bermanfaat untuk  mempercepat proses perkembangan regenerasi sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan menjadi  lebih halus, cerah, dan cantik.


Apel malang via reginatiatiara.com

Khasiat Apel Malang

Kota Malang yang dijuluki dengan kota apel ini memang menyuguhkan pemandangan pohon apel yang bisa dengan mudah kita temukan di berbagai jalan pada daerah Malang tersebut. Apel Malang ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh meskipun jenis apel ini kalah populer jika dibandingkan dengan jenis apel lainnya. Berikut adalah khasiat apel Malang:

1. Mengurangi Resiko Kanker Usus
Kandungan di dalam apel malang jauh lebih tinggi dari apel lain yang umumnya berwarna merah, salah satunya adalah untuk mengurangi resiko kanker usus dan bahkan membunuh sel kanker tersebut.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Dalam apel malang mengandung kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Serat ini akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Dengan menurunnya kadar kolesterol, maka akan terhindar dari beberapa penyakit seperti jantung dan stroke.

3. Tinggi Kandungan Antioksidan
Apel malang mempunyai kandungan antioksidan lebih tinggi dibandingkan apel berwarna merah sehingga bisa menangkal segala macam radikal bebas dari luar tubuh. Antioksidan ini akan sangat berguna dalam pencegahan kanker dan juga kerusakan RNA dalam tubuh yang disebabkan radikal bebas.

4. Menjaga Kesehatan Gigi
Kandungan kalsium yang tinggi pada apel malang akan membuat gigi semakin kuat dan sehat. Kalsium ini juga sekaligus akan menyehatkan tulang sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis.

5. Mengatasi Anemia
Orang yang menderita anemia membuktikan jika tubuh kekurangan zat besi sebagai unsur utama dalam pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi apel malang secara rutin maka sel darah merah akan lebih banyak terbentuk sehingga mengatasi penyakit kekurangan sel darah merah atau anemia.

6. Penambah Stamina Tubuh
Agar tubuh selalu dalam keadaan bugar untuk menjalani aktivitas sehari-hari, maka dibutuhkan stamina yang bagus. Stamina ini bisa diperoleh dalam buah apel malang yang akan mencukupi kebutuhan energi tubuh sekaligus membuat tubuh tidak mudah lelah.

7. Menurunkan Berat Badan
juga sangat baik untuk anda yang sedang menjalani program diet. Serat tinggi yang terkandung di dalam buah ini akan membuat sistem pencernaan secara rutin membuang berbagai zat berlebih di dalam tubuh seperti lemak.

Demikian pembahasan mengenai apel Malang, apel ini memang tak sepopuler apel lain. Tetapi, apel Malang juga memiliki banyak manfaat dan khasiat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sekian dari kami, bila ada salah kata kami mohon maaf, semoga bermanfaat.
Top