Cara Cegah Angin Duduk, Kondisi Mematikan yang Bisa Renggut Nyawa Siapa Saja

Komentar

angin duduk via depokpos.com

Penyakit mematikan yang bisa merenggut siapa saja dan kapan saja.

Apakah angin duduk bisa menyebabkan kematian? Masyarakat sering beranggapan bahwa kematian mendadak berkaitan dengan angin duduk. Apakah benar? Yuk simak penjelasannya disini.

Agar dapat bekerja dengan baik, jantung membutuhkan asupan darah yang kaya akan oksigen secara cukup. Darah untuk organ ini akan dialirkan melalui dua pembuluh besar yang disebut sebagai pembuluh koroner. Angin duduk terjadi ketika pembuluh koroner tersebut mengalami penyempitan.

Kenapa disebut angin duduk? Perlu diketahui, angin duduk bukan merupakan sebuah penyakit. Bukan juga disebabkan karena masuk angin lalu Anda bisa mengobatinya dengan cara kerokan. Angin duduk merupakan sebuah gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Angin duduk menurut dokter disebut dengan istilah angina. Angin duduk adalah nyeri pada dada yang disebabkan karena berkurangnya aliran darah ke jantung. Ini artinya, jantung akan kekurangan pasokan oksigen dan mengganggu kerja jantung.

Angin duduk mematikan, anggapan ini seringkali kita dengar. Meskipun demikian, masyarakat tetap saja menganggap penyakit angin duduk ini sebagai masuk angin biasa.

Baca Juga : Penting! Kamu Harus Tahu Ciri-ciri Sakit Jantung, Agar Dapat Mengobatinya Sejak Awal

Angin Duduk dan Cara Mengatasi


ilustrasi angin duduk mematikan via dailymoslem.com

Sebenarnya angin duduk bisa disembuhkan, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini jika angin duduk tiba-tiba datang.
  1. Angin duduk dan cara mengatasi yang pertama adalah dengan mengoleskan minyak angin di bagian perut, pinggang, dada, serta bagian punggung si penderita angin duduk. Selanjutnya tempelkan 2 botol yg diisi air hangat di bagian ulu hati atau di bagian perut depan tempat di mana angin duduk tak bisa keluar. Sedangkan untuk botol yg diisi air hangat yang ke dua di tempatkan pada telapak kaki. Posisi yg pas adalah dengan rebahan supaya tubuh terasa santai.
  2. Jikalau angin di dalam tubuh terus tidak mau keluar juga, pakailah jaket tebal dan hangat serta selimut tebal supaya tubuh mengeluarkan keringat dingin. Tunggu sampai bisa buang angin.
  3. Apabila langkah di atas belum bisa sembuh, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan nitroglycerin. Zat ini memiloiki fungsi mengendurkan pembuluh darah serta bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh.
  4. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat Antiplatelet (sel pembeku darah) untuk melonggarkan sumbatan. Obat Antiplatelet yg paling murah serta paling mudah dijumpai adalah Aspirin. Selain bisa membantu melonggarkan penyumbatan, aspirin juga bermanfaat serta berfungsi untuk mengatasi nyeri yang terjadi akibat angin duduk.

Angin Duduk dan Cara Mencegahnya

ilustrasi cegah angin duduk via seribusatuartikel.wordpress.com

Semua orang tentu tidak ingin terkena angin duduk. Karena angin duduk berkaitan dengan penyakit jantung, ini artinya Anda harus mengetahui angin duduk dan cara mencegahnya terlebih dahulu. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah angin duduk adalah:

1. Mengontrol tekanan darah
Hipertensi adalah salah satu faktor risiko atau penyebab angin duduk. Pasalnya, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar dan menekan dinding pembuluh darah. Lama-lama, pembuluh darah bisa tersumbat dan rusak hingga memicu angina.

Bila Anda memiliki keluhan hipertensi, sebaiknya lakukan pengukuran tekanan darah secara rutin dan batasi konsumsi makanan asin. Dengan demikian, tekanan darah Anda lebih mudah dikendalikan dan mencegahnya terus naik.

2. Membatasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi
Makanan yang mengandung kolesterol tinggi dapat memicu timbunan plak yang dapat menyumbat aliran darah. Akibatnya, aliran darah menjadi tidak lancar dan bisa menyebabkan angina.

Sebagai gantinya, tukar makanan tinggi kolesterol dengan makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, dan susu bebas lemak atau rendah lemak. Semua jenis makanan ini dijamin sehat dan membantu mencegah angina.

3. Rutin olahraga
Olahraga diyakini dapat membantu mencegah serangan angina dan menurunkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, olahraga dapat membantu mengurangi berat badan berlebih, mengendalikan gula darah dan kolesterol, serta meredakan stres.

Ya, semua itu merupakan faktor risiko angina. Jadi, kalau Anda berhasil menurunkan faktor risiko angina, maka sudah jelas pula kalau Anda akan terhindar dari angina.

Meski begitu, Anda tidak bisa sembarang olahraga. Salah olahraga jusru dapat memicu dan memperparah angina. Lakukan olahraga yang ringan hingga sedang misalnya berjalan kaki, jogging, meditasi, yoga, atau jenis olahraga lainnya yang cocok untuk Anda. Yang terpenting, pastikan Anda sudah mengantongi izin dokter terlebih dahulu sebelum mulai olahraga.

4. Menjaga berat badan tetap sehat
Orang yang mengalami obesitas berisiko tinggi terkena angina. Bila Anda termasuk salah satunya, sebaiknya lakukan penurunan berat badan dengan cara sehat untuk mengindari risiko angina. Misalnya dengan olahraga rutin, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan istirahat yang cukup.

5. Mengendalikan gula darah
Diabetes merupakan salah satu faktor risiko atau penyebab angin duduk. Maka itu, bagi Anda yang memiliki masalah diabetes, Anda dianjurkan untuk segera membatasi konsumsi makanan manis supaya gula darah Anda tetap stabil.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksakan gula darah secara rutin untuk mengendalikan kadar gula darah Anda. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari risiko terkena angina atau penyakit jantung lainnya.

6. Berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol
Jika Anda terbiasa merokok dan mengonsumsi alkohol hingga saat ini, ada baiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini. Pasalnya, dua kebiasaan tersebut dapat memicu timbunan plak di pembuluh darah dan merusaknya secara perlahan.

Bila Anda tidak segera berhenti merokok atau minum alkohol, ini artinya Anda membiarkan zat berbahaya pada kedua bahan tersebut untuk menggerogoti pembuluh darah Anda.

Baca Juga : Waspada, Sering Alami Sakit Perut Sebelah Kiri, Bisa Jadi Tersimpan Penyakit ini

Demikian penjelasan tentang angin duduk dan cara mengatasi serta angin duduk dan cara mencegahnya. Jagalah kesehatan Anda agar terhindar dari serangan angin duduk. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Top