Menegangkan, Beginilah Tanda-tanda Orang Mendekati Sakaratul Maut yang Menyakitkan

Komentar

Sakaratul maut via ada-kita.com

Sakaratul maut merupakan hal yang ditakuti semua orang, sakaratul maut bisa datang kapan saja tanpa kita mengetahuinya. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah dan selalu berjalan dijalannya.

Sebagai umat Islam, kita harus senantiasa mengingat Allah SWT agar dalam sakaratul maut nanti, kita dimudahkan oleh Allah SWT. Maksud sakaratul maut adalah kedahsyatan, tekanan, dan himpitan kekuatan kematian yang mengalahkan manusia dan menguasai akal sehatnya. Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga : Doa Sholat Taubat Nasuha Sesuai Sunnah Nabi Muhammad, Lengkap dengan Artinya

Ketika kita melihat orang yang sedang sakaratul maut, sering kali kita mendapati orang tersebut menatap ke atas. Karena pada saat manusia Sakaratul Maut, ia akan mengingat semua kejadian yang pernah dialaminya semasa hidup di dunia.

Sakaratul maut bisa menimpa siapa saja tanpa peduli usia, bahkan tidak pula menimpa orang yang sakit saja. Cepat atau lambat, setiap orang pasti akan berjumpa dengan sakaratul maut. Hanya saja tak ada seorang manusia pun mengetahui kapan sakaratul akan menjemputnya. Inilah tanda tanda orang mendekati sakaratul maut.


kematian via inovasee.com

Tanda Tanda Mendekati Sakaratul Maut dalam Islam

Adapun tanda tanda mendekati kematian atau sakaratul maut dalam agama Islam ini sudah banyak diceritakan dan ada dalam hadist. Dan dalam Islam, kematian itu pasti datang tetapi di rahasiakan waktunya.

Untuk itu, sebagai umat Islam, kita harus senantiasa mengingat Allah SWT agar dalam sakaratul maut nanti, kita dimudahkan oleh Allah SWT.

Sebelum meninggal, biasanya ada tanda-tanda pada diri seseorang yang hendak meninggal, biasanya tanda-tandanya adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Tata Cara dan Doa Sholat Mayit Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

100 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian ini muncul lazimnya setelah masuk waktu Ashar, yaitu seluruh tubuh akan terasa menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Tanda-tanda kematian ini akan terasa nikmat dirasakan, dan bagi orang yang tingkat keimanannya tinggi, langsung dapat menerima bahwa ini isyarat dari Allah bahwa ajal sudah dekat.

Tapi bagi yang tingkat keimanannya rendah, terkadang mereka bingung, dan bahkan ada yang tak sadar bahwa ini isyarat kematian dari Allah SWT.

Untuk itu, marilah kita tingkatkan amal dan ibadah kita agar kita dapat menyadari tanda-tanda tersebut jika ajal kita sudah dekat.

40 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian ini juga muncul setelah masuk waktu Ashar, bagian pusat dari tubuh kita akan berdenyut. Itu pertanda bahwa daun yang tertulis nama kita dari pohon yang terletak di Arshy Allah SWT telah gugur.

Lalu malaikat maut mengambil daun tersebut dan segera membuat persiapan di antaranya mulai mengawasi kita setiap saat. Dan sesekali malaikat maut menampakkan dirinya kepada orang yang akan dicabut nyawanya dalam wujud manusia, dan seketika itu pula orang itu akan terasa terkejut dan bingung melihat malaikat maut.

Walaupun malaikat maut wujudnya hanya satu, tapi atas izin Allah SWT dia mampu mencabut nyawa seseorang dalam waktu yang bersamaan.

7 Hari Sebelum Kematian

Tanda ini muncul setelah masuk waktu Ashar, tanda-tanda kematian ini hanya diberikan Allah SWT terhadap orang yang diuji Allah dengan sakit. Biasanya orang yang sedang sakit tak berselera makan, tiba-tiba ingin makan. Ini merupakan isyarat dari Allah bahwa kematian memang benar-benar sudah dekat.


Taubat via islam-millenium.blogspot.com

3 Hari Sebelum Kematian

Pada suatu saat akan terasa denyutan di tengah dahi kita, yaitu antara dahi kanan dan dahi kiri. Jika tanda-tanda kematian ini dapat dirasakan, maka sebaiknya berpuasalah kita setelah itu.

Supaya perut kita tak mengandung banyak najis, dan ini akan memudahkan orang lain untuk memandikan jasad kita.

Baca Juga : Zina Puluhan Kali? Berikut Amalan Penghapus Dosa Berzina Sebelum Menikah

Setelah itu pula mata hitam kita tak bersinar lagi, dan bagi orang yang sakit, hidungnya perlahan akan masuk ke dalam, ini dapat terlihat jelas kalau dilihat dari sisi tubuh kita.

Telinga akan layu dan berangsur-angsur masuk ke dalam. Tapak kaki tegak berangsur-angsur lurus ke depan dan sukar untuk ditegakkan lagi.

1 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda kematian ini juga terjadi setelah waktu Ashar, kita akan merasakan denyutan dibagian ubun ubun, ini menandakan kita sudah tak sempat lagi melihat waktu Ashar di keesokan harinya.

Tanda Terakhir

Kita akan merasakan sejuk di bagian pusat, lalu turun ke pinggang dan akan terus naik ke bagian halkum. Pada masa ini hendaknya kita sering beristighfar memohon ampun pada Allah SWT, dan sering-sering membaca syahadat.

Menata hati, memfokuskan fikiran kita hanya kepada satu arah yaitu Allah SWT. Semoga dengan sedikit pengetahuan menjelang kematian, kita punya kesiapan untuk menghadapinya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Top