Muslim Harus Tahu, Ini Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia

Komentar

perbedaan malaikat jin dan manusia via islamidia.com

Sobat tahu tidak bahwa malaikat manusia dan jin diciptakan oleh allah ternyata ada bedanya lho. Perbedaan Malaikat, Jin dan Manusia adalah karena diciptakan dari materi yang berbeda. Yuk kenali perbedaanya.

Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia - Seperti yang kita ketahui, apabila mengulas mengenai 3 macam makhluk hidup tersebut, kita dengan mudah menjelaskannya secara gamblang.

Secara mendasar, malaikat dan jin merupakan makhluk hidup ciptaan Allah SWT yang mana mereka bersifat ghaib. Berbeda dengan manusia, manusia adalah nyata, karena memang bisa dilihat dan dipegang secara utuh.

Terlepas dari itu semua, ketiga macam makhluk hidup tersebut tentu memiliki banyak perbedaan. Mulai dari fisik, sifat, dan lain sebagainya.

Namun, ternyata, tujuan diciptakannya mereka itu sama, yakni untuk beribadah menyembah Allah SWT, yang telah menciptakan mereka semua. Sudah tahu secara mendasar, sekarang kita coba ulas lebih dalam mengenai perbedaan malaikat jin dan manusia.

Baca Juga : Benarkah Jin Memakan Darah Haid Wanita? Simak Penjelasanya

Sumber - Sumber Keterangan Tentang Malaikat dan Jin

Baiklah silahkan perhatikan ayat - ayat berikut ini :

keterangan tentang malaikat dan jin via masrozak.com

Artinya: “Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qurān) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitabkitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membedabedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, ya, Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”


ayat tentang malaikan dan jin via masrozak.com

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya (Muhammad saw.) dan kepada Kitab (al- Qurān) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah Swt., malaikat-malaikat-
Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh,
orang itu telah tersesat sangat jauh”

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa pada suatu hari Rasulullah saw. muncul di tengah orang banyak, lalu beliau didatangi oleh seorang laki-laki. Orang itu bertanya, ‘Wahai Rasulullah saw., apakah iman itu?’ Beliau menjawab, ‘Iman adalah kamu harus percaya kepada Allah Swt., malaikat-malaikat-Nya, kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kebangkitan di akhirat nanti...” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Artinya: “Dari Aisyah berkata: Rasulullah saw. bersabda, “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian.” (HR. Muslim)

“Segala puji bagi Allah Swt. pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah Swt. menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Swt. Mahakuasa atas segala sesuatu” (Q.S. Fātir/35:1)

Nah itulah beberapa sumber yang bisa kita gunakan untuk mengetahui keberadan Malaikat dan jin. Dari keterangan tersebut bisa kita simpulkan Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia menjadi sebagai berikut

Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia

Dari segi asal kejadian, malaikat berbeda dengan manusia dan jin, yaitu bahwa malaikat diciptakan dari nur atau cahaya sementara manusia dan jin masing - masing diciptakan dari tanah dan api. Dari sifat dan ciri-cirinya, perbedaan malaikat jin dan manusia adalah sebagai berikut :

MALAIKAT:

Malaikat adalah makhluk ciptaan allah yang bertugas untuk mengatur alam semesta dan  berikut adalah ciri- ciri malaikat :
  • Diciptakan dari cahaya (nur)
  • Wujudnya gaib, tidak tampak oleh indra manusia
  • Selalu taat dan patuh kepada Allah
  • Tidak mempunyai nafsu
  • Bertempat di langit dan dapat turun ke bumi dengan kehendak Allah
  • Tidak akan mencelakakan manusia selama manusia berbuat kebajikan


MANUSIA:

Manusia kita adalah manusia tapi apa itu manusia ? Sobat manusia adalah mahkluk allah yang paling sempurna dan sebagai penghuni bumi serta patuh dan taat.

Akan perintah allah manusia akan di tinggikan derajat nya jika dia benar-benar beriman dan bertakwa kepada allah. Berikut ciri-cirinya:
  • Diciptakan dari tanah
  • Wujud aslinya dapat dilihat dan diraba
  • Ada yang patuh dan ada yang ingkar kepada Allah
  • Mempunyai kehendak / nafsu
  • Bertempat / hidup di bumi

JIN:

Jin/setan juga termaksud makhluk allah tetapi ia inkar kepada perintah allah.karena kesombonganya ia di usir di dalam surga ,ia mengagap bahwa dirinya lebih baik dan tak mau menuruti perintah allah untuk bersujut pada nabi adam. Berikut adalah ciri cirinya:
  • Diciptakan dari api
  • Jin ada yang beriman dan ada pula yang ingkar kepada Allah
  • Jin ada yang taat dan ada pula yang membangkan kepada perintah Allah
  • Memiliki hawa nafsu
  • Selalu berusaha menjerumuskan manusia

Demikian tentang Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia semoga bermanfaat.
Top