7 Resep Olahan Daging Sapi Terfavorit

Komentar

olahan daging sapi via malang.merdeka.com

Masakan apa yang akan kamu buat di hari idul adha nanti? saat idul adha pasti melimpah daging sapi dan kambing dong. Inilah inspirasi olahan daging sapi yang disukai anggota keluarga.

Lebaran Idul Adha, pasti banyak daging kambing dan daging sapi melimpah di rumah. Daging sapi selalu menjadi salah satu bahan makanan favorit keluarga, karena kaya akan protein, zat besi, dan nutrisi lainnya yang berguna bagi pertumbuhan.

Mengolah daging sapi menjadi aneka resep masakan tentu bukan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Jika diolah dengan baik, daging hewan berkaki empat ini dapat menjadi makanan dengan cita rasa lezat.

Indonesia memang terkenal dengan banyak sekali ragam macam budaya dan kekayaan alamnya. Sehingga banyak pula ragam masakan atau kulinernya.

Setelah pada tahun lalu, CNN merilis 50 masakan terlezat di dunia melalui 35.000 voting lewat facebook, pada tahun ini seperti di lansir dari nationalgeographic.co.id "Rendang" kuliner khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama dari 50 daftar masakan terlezat di dunia.

Selain Rendang, Nasi Goreng dan Sate juga masuk dalam 50 Daftar tersebut, dan yang lebih membanggakannya lagi, Rendang yang menduduki peringkat pertama, disusul lagi oleh "Nasi Goreng" diperingkat kedua.

Nah, dikesempatan kali ini saya akan membagikan inspirasi olahan daging sapi agar kamu tidak bosan juga dengan cara pengolahan yang sama yang itu-itu saja.

Selama Hari Raya Idul Adha, atau Hari Raya Qurban, biasanya stok daging qurban di kulkas melimpah yang tidak akan habis dalam satu hari, sehingga tidak jarang banyak orang ingin agar daging qurban nya diolah atau dimasak menjadi beberapa macam jenis masakan agar tidak bosan.

Inspirasi Olahan Daging Sapi 

Berikut Masakan Olahan Daging Sapi, yang saya ambil dari berbagai sumber:

1. Rendang

rendang via seruni.id

Berbicara soal olahan daging sapi, rendang salah satu juaranya. Olahan daging sapi khas Indonesia ini bahkan sudah diakui secara internasional sebagai salah satu masakan terlezat di dunia! Rendang adalah salah satu olahan daging sapi yang memiliki cita rasa pedas.

Masakan ini kaya bumbu dan rempah-rempah. Masakan khas Minang ini dimasak dalam waktu cukup lama, yakni antara dua hingga empat jam. Ada dua jenis rendang yang terkenal dari daerah asalnya yaitu rendang kering dan rendang basah.

2. Semur

semur sapi via ramesia.com

Bagi yang menyukai hidangan manis-gurih, semur bisa jadi pilihan olahan daging sapi yang tepat. Diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh, semur menjadi hidangan daging sapi rebus khas Indonesia.

Dimasak secara perlahan dalam rebusan, semur menghasilkan olahan daging sapi yang lembut dan sedap.

3. Tongseng

tongseng sapi via falony.com

Mau olahan daging sapi dengan rasa yang lebih legit? Tongseng jawabannya. Tongseng terbuat dari daging yang masih melekat pada tulang, seperti tulang iga dan tulang belakang.

Bahan-bahan ini kemudian dimasak bersama sayuran seperti kol, bawang putih, tomat dan kecap. Kombinasi rasa manis, gurih dan asin dari tongseng sangat tepat untuk dinikmati bersama-sama keluarga.

4. Sate

sate via bonanza-beef.co.id

Olahan daging sapi khas nusantara yang tak boleh ketinggalan adalah sate. Daging sapi dipotong kecil-kecil, lalu ditusuk dan dibakar. Sate bisa dihidangkan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Hmm, pasti sedapnya tak tertandingi.

5. Sup

sup sapi via nyokmasak.blogspot.com

Semua bagian daging sapi bisa diolah menjadi masakan, bahkan buntutnya. Olah buntut sapi menjadi sop buntut, hidangan hangat, kaya cita rasa yang pasti akan membuat keluarga ketagihan.

Variasi lainnya adalah sup iga, dengan kombinasi daging yang lebih besar. Dimakan bersama nasi hangat, nikmatnya tak tertandingi.

6. Dendeng


dendeng via ngasih.com

Selain rendang, dendeng juga salah satu olahan daging sapi yang awet, sehingga bisa disimpan dalam waktu lama. Daging sapi yang diiris-iris tipis lalu dikeringkan ini memiliki rasa yang berbeda dari olahan daging sapi lainnya.

Daging yang kering dan renyah, berpadu dengan rasa manis. Sungguh khas Indonesia.

7. Iga Bakar

iga bakar via ulinulin.com

Olahan makanan yang terbuat dari iga sapi ini memiliki ciri khas rasa gurih, pedas dan manis. Iga bakar ini banyak disukai karena rasanya lezat. Terlebih jika dilengkapi dengan baluran kecap dan sambal.

Dijamin, setelah lihat beberapa inspirasi olahan daging sapi ini, rasanya sayang kalau daging sapi yang ada ‘hanya’ diolah jadi masakan yang itu-itu saja. Selamat berkreasi dan selamat makan daging!
Top