10 Daftar Nama Penyakit yang Disebabkan Virus dan Banyak Dialami

Komentar

nama penyakit via intisari.grid.id

Yang namanya hidup tidak ada manusia satupun yang tidak pernah mengalami sakit. Banyak sekali daftar nama penyakit yang dapat diderita seseorang. Salah satunya adalah penyakit yang disebabkan virus.

Virus adalah mikroorganisme terkecil yang tidak memiliki sel dan hanya memiliki kode genetik. Virus hidup sebagai parasit obligat yang menginfeksi sel pejamu. Di luar sel-sel dari organisme.

Kehidupan virus sebagai benda mati tanpa tanda-tanda kehidupan, tapi bergitu menginfeksi sel, virus akan berubah menjadi makhluk hidup terkecil ganas, dimana sel inang dapat membunuh dan menyebabkan penyakit karena ini disebut sebagai Virus patogen Virus Struktur, yaitu mikroorganisme penyebab penyakit.

Virus memiliki beberapa bentuk, ada berbentuk batang, berbentuk bola peluru dan ada beberapa bentuk virus dari huruf T, Shape virus dipengaruhi oleh mantel protein atau kapsidnya, capsids terbuat dari banyak subunit protein yang disebut kapsomer, kapsid protein memainkan peran penting dalam proses menginfeksi sel melalui mekanisme kunci dan gembok.

Berbicara soal penyakit yang disebabkan virus, disini kami akan memberikan beberapa informasi tentang daftar nama panyakit tersebut. Di bawah ini adalah ulasannya.

Baca Juga : Penyakit Tidak Menular yang Malah Banyak Jadi Penyebab Kematian

10 Nama Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus

Berikut adalah beberapa 10 daftar nama penyakit yang disebabkan oleh virus :

1. Flu


ilustrasi flu via hellosehat.com

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Biasanya flu memilki gejala yang lebih serius dibanding gejala pilek. Demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, meriang, mual, dan muntah adalah beberapa contoh gejala flu. Flu umumnya menyebar lebih mudah di kala musim hujan, karena iklim yang lembap dapat menunjang penyebaran virus flu dengan baik

2. Pilek

Pilek adalah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus. Pilek bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

3. Cacar air

ilustrasi cacar air via infoalami.com

Penyakit cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster ini umumnya ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari. Bagian-bagian tubuh yang biasa ditumbuhi bintil cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, dada, perut, lengan, serta kaki.

Baca Juga : Semua Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Penyakit Cacar Air

4. Demam berdarah dengue

Demam dengue atau yang dikenal secara umum oleh masyarakat Indonesia sebagai demam berdarah merupakan penyakit yang dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat tinggi dan pada umumnya disertai sakit kepala, nyeri sendi, otot, dan tulang, serta nyeri di bagian belakang mata.

Penyakit ini umum ditemukan pada daerah yang hangat dan lembap. Wabah demam berdarah dengue merebak di musim hujan dengan gejala-gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, ruam, nyeri otot dan sendi, serta muntah.

5. Chikungunya


ilustrasi chikungunya via royaljellygamatqnc.blogspot.com

Chikungunya adalah penyakit virus yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk ini berperan sebagai perantara atau vektor yaitu organisme yang membawa virus chikungunya di dalam tubuhnya tanpa terjangkiti. Keduanya adalah jenis nyamuk sama yang menyebabkan demam berdarah.

Virus chikungunya disebarkan oleh nyamuk yang sama dengan nyamuk penyebar virus demam berdarah dengue dan virus zika. Virus ini juga bisa menyebar melalui darah.

6. Hepatitis viral

Hepatitis adalah peradangan (pembengkakan) pada hati atau liver. Penyakit hepatitis dapat disebabkan oleh infeksi, virus, bahan kimia, alkohol, penggunaan obat-obatan dan faktor lainnya. Sesuai dengan penyebabnya ada berbagai jenis hepatitis virus yaitu hepatitis A, B, C, D dan E.

Virus hepatitis B dan C menyerang organ hati Anda dan biasanya menyebar melalui cairan tubuh seperti darah dan sperma penderita yang telah terinfeksi virus ini. Penderita hepatitis virus ada yang tidak menunjukkan gejala hingga bertahun-tahun lamanya. Diagnosis biasanya didapatkan setelah Anda melakukan tes darah.

Baca Juga : Apa Itu Penyakit Hepatitis? Ketahui Penyebab, Gejala, Resiko, Pencegahan dan Pengobatannya

7. Rabies

ilustrasi rabies via baritoko.blogspot.com

Rabies atau umumnya dikenal sebagai penyakit anjing gila adalah penyakit serius yang menyerang otak dan sistem saraf. Penyakit ini digolongkan sebagai penyakit mematikan yang harus ditangani dengan cepat.

Penyakit ini bisa menjangkiti seseorang yang terkena gigitan hewan yang terinfeksi virus rabies. Gejalanya termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, kebingungan, halusinasi, dan kelumpuhan.

8. Rubella

Rubella atau campak Jerman adalah infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit. Rubella umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Menurut data WHO, pada tahun 2016 di Indonesia terdapat lebih dari 800 kasus rubella yang sudah terkonfirmasi melalui pemeriksaan laboratorium.

Penyakit ini sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan, karena bisa menyebabkan keguguran dan cacat bawaan. Gejala rubella atau campak Jerman ini termasuk demam ringan dan ruam yang dimulai dari area wajah lalu menyebar ke seluruh tubuh.

9. Zika Virus

ilustrasi zika virus via youtube.com

Virus Zika adalah virus yang penyebarannya terjadi melalui perantara gigitan nyamuk, terutama spesies Aedes aegypti. Jenis nyamuk ini adalah jenis nyamuk yang sama dengan nyamuk penyebar virus dengue, chikungunya, dan demam kuning. Virus Zika menyebabkan penyakit Zika (Zika disease) atau demam Zika (Zika fever).

Virus ini umumnya menyebar melalui gigitan nyamuk, namun bisa juga menyebar melalui hubungan seksual atau ditularkan dari ibu kepada janin dalam kandungannya. Gejalanya termasuk demam, ruam, nyeri sendi dan konjungtivitis.

10. HIV/AIDS

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.


ilustrasi hiv/aids via newnownext.com

Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara menghancurkan sel darah putih yang tugasnya melawan infeksi. AIDS adalah tahap akhir dari infeksi HIV, biasanya menyebar melalui hubungan seksual berisiko dan berbagi pakai jarum suntik dengan orang yang terinfeksi HIV.

Baca Juga : Kenali Penyakit HIV Sejak Dini, Karena Gejalanya Begitu Tersembunyi dan Samar

Demikian ulasan tentang daftar nama penyakit yang disebabkan oleh virus. Senantiasalah menjaga kesehatan tubuh Anda. Ingat penyakit bisa datang kapan saja. Semoga bermanfaat.
Top