Meski Rajin Sholat, Amalan Orang Seperti Ini Tak Akan Dicatat Malaikat

Komentar

Gambar: melaksanakan sholat, dilansir dari dream.co.id

Karena kebodohan kita, seringkali kita meremehkan perbuatan tertentu.

Padahal perbuatan tersebut sangat besar dosanya di sisi Allah Ta’ala. Hingga amal baik yang setiap hati kita lakukan akan sia-sia.

Rasulullah SAW pernah menyampaikan kekhawatiran tentang sesuatu yang di kemudian hari bisa menjangkiti umatnya.

Beliau bersabda, "Sesungguhnya ada sesuatu yang aku takutkan di antara sesuatu yang paling aku takutkan menimpa umatku kelak, yaitu syirik kecil". Para sahabat bertanya, "Apakah syirik kecil itu?" Beliau menjawab, "riya".

Dalam sebuah hadis diceritakan pula bahwa di akhirat kelak akan ada sekelompok orang yang mengeluh, merangkak, dan menangis.

Mereka berkata, "Ya Allah di dunia kami rajin melakukan shalat, tapi kami dicatat sebagai orang yang tidak mau melakukan shalat."

Para malaikat menjawab, "Tidakkah kalian ingat pada waktu kalian melakukan shalat kalian bukan mengharap ridha Allah, tapi kalian mengharap pujian dari manusia, kalau itu yang kalian cari, maka carilah manusia yang kau harapkan pujiannya itu."

Beberapa bentuk syirik ashghar (SYIRIK KECIL) sangat berkaitan dengan amalan hati, sehingga mungkin tidak tampak secara nyata dalam bentuk amal lahiriyah yang bisa dilihat.

Bisa jadi seseorang tanpa sadar terjatuh ke dalam syirik ashghar karena tidak memperhatikan ke manakah hatinya condong, kepada Allah atau kepada selain Allah.

BACA JUGA: Nampak Biasa-Biasa Saja, Namun Orang Seperti Ini Dijamin Masuk Surga Oleh Rasulullah

Kesyirikan adalah perbuatan dosa yang sangat samar dan tersembunyi. Bisa jadi kita telah terjerumus ke dalam perbuatan syirik tanpa kita sadari, seperti dilansir dari muslimah.or.id.

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan,

الأَنْدَادُ هُوَ الشِّرْكُ أَخْفَى مِنْ دَبِيبِ النَّمْلِ عَلَى صَفَاةٍ سَوْدَاءَ، فِي ظُلْمَةِ اللَّيْلِ

(Menjadikan) ‘andaad’ [sekutu-sekutu] adalah berbuat syirik, (dosa) yang lebih samar daripada jejak semut yang merayap di atas batu hitam dalam kegelapan malam.”

Memang syirik ashghar (syirik kecil) tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam, meskipun mengurangi derajat tauhid seseorang.

Syirik ashghar hanya menghapus amal yang tercampur dengan syirik ashghar tersebut (bukan semua amal) dan tidak terancam kekal di neraka. Namun tidak ada seorangpun ingin masuk neraka karena hal ini.

Oleh karena itu usaha yang harus kita lakukan adalah dengan mempelajari rincian dosa syirik ashghar sehingga kita senantiasa waspada dan tidak terjerumus ke dalamnya.

Demikian, Wallahu A'lam.
Top