Kisah Nabi Sulaiman yang Memiliki Mukjizat Mengagumkan

Komentar

kisah nabi sulaiman via pilarislam.com

Kisah Nabi Sulaiman selalu saja menarik untuk dibaca. Tentang kisah Nabi Sulaiman, tentu hampir semua orang sudah mengetahuinya. Nabi Sulaiman atau Solomon diberi kekuatan yang menakjubkan oleh Allah Ta'ala.

Ya, beliau ini adalah seorang Nabi dan juga raja yang kekayaannya luar biasa. Masih banyak mukjizat dan kisah nabi sulaiman yang jarang diketahui orang. Kisah Nabi Sulaiman yang dibahas Lengkap mulai dari beristrikan bilqis hingga wafat dan wasiatnya. Yuk simak kisah nabi sulaiman.

Kisah para nabi merupakan hal yang perlu diketahui oleh setiap kaum muslim. Karena di dalam ajaran agama islam sendiri harus mempercayai kepada nabi dan rasul. Hal ini juga termasuk dalam rukun iman yang ke-empat.

Baca Juga : Sepenggal Kisah Wali Songo dan Asal Usulnya, Lengkap

Pada ajaran agama islam terdapat 25 nabi yang wajib untuk diimani dan juga diketahui oleh seluruh kaum muslim. Sebenarnya jumlah dari nabi sepanjang kehidupan dari umat manusia kurang lebih ada 124.000 orang. Namun di dalam aqidah yang wajib untuk diketahui hanya 25 nabi saja.

Dari semua nabi yang berjumlah 25 orang tersebut memiliki kisah masing-masing dan berbeda dalam memperjuangkan agama islam serta melawan kaum kafir yang tidak percaya terhadap Allah. Selain itu, setiap nabi diberikan oleh Allah mukjizat masing-masing.

Mukjizat sendiri merupakan suatu kejadian atau kelebihan yang diberikan oleh Allah kepada para nabi dan rasul.

Kejadian tersebut berada di luar akal dari manusi serta tidak dimiliki oleh siapapun juga. Hal ini diberikan oleh Allah untuk dapat membuktikan kebenaran kenabian serta keabsahan dari risalahnya.

Diantara 25 nabi yang wajib diimani, salah satunya ada Nabi Sulaiman as. Nabi Sulaiman merupakan anak kandung dari Nabi Daud as. Setelah ayah dari Nabi Sulaiman meninggal, beliau kemudian mewarisi kerajaan yang dimiliki oleh ayahnya.

Allah memberikan banyak anugerah dan kenikmatan kepada Nabi Sulaiman. Sehingga membuat Nabi Sulaiman menjadi nabi dan juga raja terkaya dengan memiliki berbagai kekayaan yang melimpah.

Kekayaan yang dimiliki tersebut seperti permata dan logam yang semuanya mahal. Nabi Sulaiman terkenal sangat bijaksana, cerdas karena ilmu yang dimiliki dan juga adil. Berbeda dari sang ayah, Nabi Sulaiman bukan hanya menjadi raja bagi manusia tetapi juga menjadi raja bagi jin dan juga binatang.

Kerajaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman merupakan hasil gotong royong manusia, binatang dan juga jin. Dinding dari kerajaan tersebut berasal dari batu pualam.

Sedangkan untuk pintu dan tiangnya terbuat dari tembaga dan juga emas. Ukiran dan hiasan berasal dari intan dan juga mutiara. Dan atapnya terbuat dari perak.

Selain kekayaan yang dimiliki tersebut, kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya juga harus diketahui untuk mendapatkan hikmah yang sangat bermanfaat.

Nabi Sulaiman as diberikan oleh Allah karunia berupa mukjizat yang sangat banyak. Inilah mengapa kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya sangat menarik sekali untuk disimak dengan seksama. Berikut ini akan disajikan beberapa mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman as.

1. Rakyat yang Patuh, Bukan Hanya Dari Kalangan Manusia

Nabi Sulaiman dianugerahi kekuasaan sebagai raja dan memiliki rakyat yang berasal dari bangsa hewan, jin, dan manusia. Mereka semua tunduk dan patuh terhadap perintah beliau.

Mereka pun terancam mendapatkan hukuman jika lalai atau terlambat dalam melaksanakan tugas.

2. Nabi Sulaiman Dapat Berkomunikasi dengan Jin dan Berbagai Jenis Hewan

Dalam kisah Nabi Sulaiman dan semut, beliau dapat mendengar pemimpin koloni semut yang memerintahkan pasukannya untuk bersembunyi, agar tidak terinjak oleh tentara Nabi Sulaiman.

Mukjizat ini juga dapat disaksikan dalam kisah burung hudhud, yang melaporkan kemusyrikan penduduk negeri Saba’ kepada sang nabi. Adapun, komunikasi Nabi Sulaiman dengan jin bisa ditemukan dalam kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis.

3. Tentara dari Berbagai Makhluk, Berbaris Sesuai Pangkat

Nabi Sulaiman juga memberdayakan burung, jin, dan manusia sebagai tentara. Sebagaimana diceritakan dalam Alquran surah An-Naml ayat 17-19, mereka berbaris dengan tertib.

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menyebutkan bahwa mereka berbaris sesuai kedudukan masing-masing, dan tidak bisa saling mendahului.

4. Siasat Cerdik Sang Nabi untuk Menundukkan Kerajaan Saba’

Enggan menerima dakwah tauhid yang diserukan oleh Nabi Sulaiman, Ratu Balqis – pemimpin negeri Saba’ – pun bermaksud melunakkah hati sang nabi dengan mengirimkan hadiah. Saat hadiahnya ditolak, Ratu Balqis lantas menemui Nabi Sulaiman untuk menghindari peperangan.

Nabi Sulaiman pun memanfaatkan momen ini untuk menjukkan kekuasaan yang Allah berikan kepada beliau, yaitu dengan memindahkan istana Ratu Balqis beserta isinya ke negeri beliau dengan sekejap mata.

5. Istana Kaca yang Menakjubkan

Tidak cukup dengan memindahkan singgasana Ratu Balqis, Nabi Sulaiman juga memukau sang ratu dengan istana beliau, yang terbuat dari kaca hingga ke lantai-lantainya. Di bawah lantai istana, terdapat kolam yang sangat luas dan berisi aneka flora serta fauna laut.

Tidak mengira bahwa kolam tersebut tertutup kaca, Ratu Balqis pun menyingkapkan baju karena takut basah, sehingga tampaklah kedua betisnya.

6. Kekuatan Prima Nabi Sulaiman

Dalam hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, disebutkan bahwa Nabi Sulaiman memiliki 100 orang istri. Beliau pernah bersumpah untuk mendatangi seluruh istrinya dalam satu malam, sehingga akan terlahir pula 100 anak yang berjuang di jalan Allah.

Hanya saja, beliau tidak mengucapkan “Insya Allah”, sehingga hanya seorang istri yang hamil dan melahirkan anak yang cacat.

7. Kuda Bersayap Ternyata Bukan Sekadar Khayalan

Nabi Sulaiman memiliki kuda yang sangat banyak. Berdasarkan hadis sahih dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi Sulaiman mempunyai kuda yang bersayap.

Kesibukan mengurus mereka pernah membuat beliau lalai menunaikan salat, sehingga beliau pun menyembelih kuda-kuda tersebut.

8. Permadani Terbang Pun Bukan Hanya Fantasi

Allah mengganti kuda-kuda Nabi Sulaiman dengan sesuatu yang lebih baik, yaitu dengan memberikan kemampuan kepada sang nabi untuk mengendalikan embusan angin.

Apabila Nabi Sulaiman memerintahkan angin untuk menerbangkan permadaninya, beliau dapat mencapai tempat mana pun dengan sangat cepat. Perjalanan jauh – yang biasanya ditempuh dalam waktu sebulan – bisa dicapai dalam waktu beberapa saat saja.

9. Sungai Tembaga dan Beraneka Macam Bangunan Menakjubkan

Jika Allah menundukkan besi bagi Nabi Dawud untuk membuat baju besi, Allah pun menguasakan sungai tembaga kepada Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman juga diberi kuasa untuk memerintah para jin agar mau menyelam dan mengambil beraneka benda berharga dari lautan, membangun gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, serta piring-piring sebesar kolam yang tetap berada di atas tungku.

10. Raja Meninggal Tanpa Diketahui oleh Rakyatnya

Nabi Sulaiman meninggal dalam keadaan bersandar pada sebuah tongkat, namun tidak satu pun rakyatnya yang menyadari. Rakyat beliau – termasuk dari bangsa jin – terus bekerja dengan penuh ketundukan, merasa masih berada dalam pengawasan sang nabi.

Tatkala rayap telah merusak tongkatnya, Nabi Sulaiman pun jatuh tersungkur dan bangsa jin menyadari bahwa mereka tidaklah mengetahui sesuatu yang gaib.

Selain mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman tersebut, juga terdapat berbagai kisah yang patut diketahui.

Mulai dari kisah Nabi Sulaiman dengan jin, kisah Nabi Sulaiman dan seorang pemuda yang tinggal di dasar laut, kisah meninggalnya Nabi Sulaiman, kisah Nabi Sulaiman dan burung hud-hud, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis dan masih banyak lagi kisah yang lain.

Melalui kisah tersebut akan mengetahui betapa luar biasanya karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Sulaiman as.

Keagungan dari karunia tersebut menunjukkan bahwa Nabi Sulaiman as merupakan orang yang sholeh sama seperti dengan ayahnya.

Beliau tidak pernah melakukan sesuatu hal apapun selaun melakukan kebaikan yang memang sudah sesuai tuntutan dari risalah serta menyerukan kepada manusia untuk senantiasa menyembah dan bersyukur hanya pada Allah SWT.

Tentu kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya ini bisa diambil hikmah yang sangat luar biasa untuk dijadikan sebagai pelajaran hidup. Selain itu juga meneladani sikap terpuji yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman as.
Top