Ditanya Siapa Wanita Terbaik di Dunia? Jawaban Rasulullah Bikin Hati Bergetar

Komentar

Seperti apa sih wanita terbaik menurut Rasulullah? (foto; islamidia.com)

Wanita terbaik itu seperti apa sih?

Apakah yang kulitnya putih, hidungnya mancung, bibirnya seksi dan lain sebagainya?

Pernah ditanyakan kepada Rasulullah SAW, “Siapakah wanita yg paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yg paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.” (HR. An-Nasai dan Ahmad)

Menyenangkan jika dipandang suami

Menyenangkan jika dipandang suami bukanlah semata soal kecantikan fisik. Tetapi ini lebih pada inner beauty, kecantikan yang bersumber dari dalam jiwa.

Wajahnya memancarkan aura keteduhan karena sering kena air wudhu, dan semakin indah dengan senyum saat bertemu suami.

Dan pancaran keikhlasan di wajahnya, ada pancaran rasa syukur hidup sebagai istri bagi suaminya. Wajah yang tersenyum dan memancarkan keteduhan inilah yang menyenangkan suami.

Mentaati jika diperintah

Suami adalah pemimpin dan imam bagi istri.

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ

“Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita,” (QS. An Nisa’: 34)

Wanita yang paling baik adalah wanita yang mentaati istrinya ketika diperintah. Sepanjang perintah itu tidak bertentangan dengan syariat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Termasuk, saat suami mengajaknya bercinta. Wanita yang baik, ia tidak akan menolak ajakan ini tanpa alasan yang syar’i.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ أَنْ تَجِىءَ لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

“Jika seorang pria mengajak istrinya ke ranjang, lantas si istri enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu Shubuh,” (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: Suami Wajib Tahu, Istri yang Seperti Ini Adalah Bahaya Terbesar Bagi Pria Setelah Kekafiran

Di zaman modern ini, atas nama emansipasi dan kesetaraan gender, sering kali seorang istri tidak lagi mau mentaati suaminya.

Padahal diantara keutamaan istri yg taat pada suami adalah akan dijamin masuk surga.

Dari Ummu Salamah RA, Rasul SAW bersabda,

أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتِ الْجَنَّةَ .
.
“Wanita mana saja yg meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, Rasul SAW bersabda,

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِىالْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ .
.
“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat 5 waktu, juga berpuasa sebulan (dibulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) & benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yg memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dlm surga melalui pintu mana saja yg engkau suka.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Betapa beruntungnya seorang istri yang berhasil melepaskan segala egonya dan hidup bahagia bersama suaminya. Ia mentaati perintahnya dan tidak mendurhakainya.

Menjaga dirinya dan harta suaminya.

Ciri ketiga wanita terbaik adalah, ia menjaga kehormatan dirinya dan menjaga harta suaminya terutama ketika suaminya sedang pergi. Ia senantiasa menjaga pesan suami dan tidak melanggar hal-hal yang dibencinya.

Menjaga kehormatan diri sebagai muslimah dan sebagai seorang istri artinya juga menjaga tata pergaulan dalam Islam.

Menjaga harta suaminya berarti ia tidak menggunakan harta suaminya kecuali dengan izinnya atau dengan kesepakatan mereka berdua.

Dan jika engkau mampu memenuhi tiga hal ini; menyenangkan suami saat ia melihatmu, mentaatinya, dan menjaga kehormatan dirimu serta harta suaminya, insya Allah engkau adalah wanita terbaik sebagaimana disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Top