Doa Memakai Pakaian Serta Adab Berpakaian Menurut Sunnah Rasul

Komentar

doa memakai pakaian via artikelpengusahamuslim.blogspot.com

Islam mengajarkan untuk memebaca doa setiap aktivitas yang dilakukan manusia. Tak terkecuali memakai baju. Doa memakai pakaian dan melepas pakian ini sering dilupakan orang. Padahal doa memakai pakaian dan melepas pakaian ini pendek lho. Inilah bacaan doa memakai kapaian dan melpas pakaian serta adab nya.

Apapun aktitifitas yang kita lakukan hendaknya diawali dengan doa, tak terkecuali saat akan memakai baju. Berpakaian merupakan kegiatan sehari-hari seperti memakai baju, celana, sarung, jilbab dan yang lainya, baik itu pakaian baru maupun yang sudah lama.

Doa memakai pakaian atau akan memakai baju agar kita selalu diberikan kebaikan oleh Allah swt karena pakaian atau baju yang akan kita pakai. Bacaan doa memakai pakaian dan doa melepas pakaian lengkap teks bahasa arab, tulisan latin dan artinya.

Kali ini akan dibahas tentang teks bacaan doa memakai pakaian dan doa melepas pakaian lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa memakai pakaian dan melepas pakaian ini hendaknya dibaca ketika kita mengganti dan melepas baju sehingga keberkahan akan menyertai kita.

Islam mengajarkan kita untuk membaca doa di hampir tiap aktivitas, termasuk juga saat berpakaian. Pakaian merupakan salah satu dari tiga kebutuhan primer manusia, yaitu sandang, pangan dan papan.

Beberapa fungsi pakaian adalah melindungi tubuh dari cuaca panas atau dingin atau pun gangguan lainnya. Pakaian atau baju akan memberi kesan sopan dan pantas bagi orang yang mengenakannya.

Dalam Islam, pakaian juga berfungsi untuk menutup aurat. Tiap muslim memang diwajibkan untuk menutup aurat mereka yang dibedakan antara laki-laki dan perempuan.

Agama Islam pun mengatur mengenai adab berpakaian dalam Islam. Sebelum mengenakan baju, hendaknya kita membaca doa memakai pakaian dan melepas pakaian sesuai dengan ajaran agama Islam.

Baik baju baru maupun baju lama, kita dianjurkan untuk mengucapkan doa memakai pakaian. Kita harus bersyukur atas pemberian Allah SWT yaitu baju yang kita kenakan untuk melindungi tubuh kita.

Selain itu juga ada doa melepas pakaian yang diucapkan saat kita akan melepas pakaian yang kita gunakan.

Berikut akan kami tampilkan info mengenai doa memakai pakaian dan melepas pakaian sesuai sunnah yang benar dalam islam, baik doa memakai pakaian baru atau pun doa memakai pakaian lama yang sudah ada serta bacaan doa melepas pakaian.

Doa memakai pakaian dan melepas pakaian akan ditampilkan dalam tulisan Arab, teks latin serta arti terjemahan bahasa Indonesia. Berikut doa memakai pakaian dan melepas pakaian selengkapnya.

Baca Juga : Kumpulan Doa-doa Pendek yang Bisa Dengan Mudah dan Cepat Anda Hafalkan

Doa Memakai Pakaian

Doa memakai pakaian berikut ini dibaca jika akan mengenakan baju sehari-hari yang biasa dipakai atau baju yang sudah lama. Berikut doa memakai pakaian lama selengkapnya.

اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ ِمنْ خَيْرِهِ َوخَيْرِ مَاهُوَلَهُ, َوأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَاهُوَ لَهُ

Alloohumma innii as-alukal min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa a'uudzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya :
“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dari kebaikan pakaian ini dari kebaikan sesuatu yang dipakai ini dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang dipakai ini dibuat untuknya.”

Doa Memakai Pakaian Baru

Doa ini diucapkan saat akan memakai baju baru yang baru dibeli atau yang baru dipakai. Berikut merupakan bacaan doa memakai pakaian baru selengkapnya.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya :
"Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku"

Doa Melepas Pakaian

Doa ini diucapkan saat akan melepaskan pakaian/baju yang kita pakai. Berikut bacaan doa melepas pakaian selengkapnya beserta terjemahannya.

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ

Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya:
“Dengan nama Allah, tiada tuhan selain Dia.”

Selain itu ada juga video doa memakai pakaian dan melepas pakaian berikut ini.


Adab-adab Berpakaian 

Selain dengan mengamalkan doa memakai pakaian serta melepas pakaian di atas, sebagai seorang umat Nabi Muhammad hendaknya kita juga mengikuti sunnah atau adab-adab berpakaian yang diajarkan oleh Rasululloh. Berikut ini adab-adab berpakaian yang dapat Anda amalkan.
  • Tidak dibolehkan seorang laki-laki memakai pakaian dari bahan kain sutera dan menggunakan emas. 
  • Tidak dibolehkan seorang laki-laki memakai pakaian melebihi mata kaki. Sementara diwajibkan bagi wanita memakai pakaian yang menutupi mata kakinya, serta menggunakan kerudung yang menutupi leher dan dada. 
  • Dilarang menutup kain ke seluruh tubuh tanpa memberi tempat keluarnya tangan. 
  • Laki-laki tidak boleh mengenakan busana muslimah, dan wanita muslimah tidak boleh mengenakan busana laki-laki. 
  • Hendaknya membaca doa memakai pakaian sebelum dan sesudah berpakaian sebagai wujud serah diri dan dijauhkan dari sikap sombong. 
  • Ketika hendak memakai pakaian atau perlengkapan lain, hendaknya mendahulukan bagian tubuh yang kanan.

Nah, demikianlah kumpulan doa memakai pakaian seta melepas pakaian dan artinya beserta adab adab berpakaian yang sebaiknya kita amalkan sebagai seorang muslim.

Semoga bermanfaat dan pakaian yang kita kenakan dapat selalu membawa kebaikan kepada kita, baik pada kebaikan ahlak maupun kebaikan penampilan. Semoga bermanfaat!
Top