Simak Ciri-ciri Maag Kronis yang Malah Sering Disepelekan Padahal Berbahaya!

Komentar

ciri ciri maag kronis via jellygamatwalatra.com

Sakit maag yang tidak mendapatkan penanganan yang baik lama kelamaan akan berkembang menjadi kronis. Ciri Ciri Maag Kronis pun juga sering disepelekan namun bahayanya dapat menimbulkan komplikasi berbahaya bagi tubuh dan kesehatan jangka panjang. 

Sakit maag yang tidak mendapatkan penanganan yang baik lama kelamaan akan berkembang menjadi kronis, bagaimana mengenali ciri ciri maag kronis ini? Artikel berikut ini akan menyajikannya secara tuntas.

Anda mungkin pernah mendengar tentang istilah maag akut dan maag kronis, lalu apa perbedaannya? Maag akut diartikan sebagai sakit maag yang timbul secara mendadak dan terjadi sementara waktu atau dalam waktu yang relatif singkat.

Walaupun berlangsung singkat, orang yang menderita maag akut biasanya mengalami rasa sakit atau nyeri yang cukup hebat. Sedangkan maag kronis diartikan sebagai sakit maag yang diderita dalam waktu yang sangat lama (bertahun-tahun), dan biasanya penderitanya sering mengalami kekambuhan.

Maag akut dan maag kronis memiliki gejala dan faktor penyebab yang hampir sama. Hanya saja pada maag kronis gejala yang dialami cenderung melekat pada penderitanya dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan penyebab maag kronis biasanya disebabkan oleh faktor yang kompleks (tidak hanya satu penyebab saja) dan terjadi penumpukan sumber paparan yang berlangsung lama.

Terjadinya maag kronis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain akibat infeksi bakteri (helicobacter pylori), produksi asam lambung yang berlebih, penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat memicu peradangan di lambung, degenerasi (penurunan fungsi) organ pencernaan, adanya paparan zat racun, efek penyakit kronis lain, dan dapat juga disebabkan oleh faktor stres.

Baca Juga : Pantangan Asam Lambung yang Berbahaya Jika Dilanggar Penderita Maag

Berbagai Ciri Ciri Maag Kronis yang Perlu untuk Diwaspadai

Ada beberapa ciri ciri maag kronis terjadi. Berikut ini ciri ciri maag kronis yang harus diketahui :

1. Sakit Perut Atas

Sakit perut atas memang paling sering terjadi pada penderita penyakit maag. Rasa sakit bisa terjadi seperti melilit, perih dan sangat tidak nyaman.

Ini terjadi akibat adanya pembengkakan yang muncul pada bagian selaput perut. Terkadang rasa sakit bisa menjadi lebih parah karena perut sama sekali tidak mau menerima makanan. Tubuh bisa menjadi sangat lemah dan juga kekurangan kebutuhan nutrisi manusia.

2. Tubuh Sangat Lemah

Orang yang menderita gastritis kronis juga akan mengalami kondisi tubuh yang sangat lemah. Tubuh sama sekali tidak bisa beraktifitas karena rasa sakit perut yang hebat.

Bahkan tubuh menjadi lebih lemah jika tidak mendapatkan makanan yang baik. Sementara peradangan pada bagian lambung dan selaput perut menyebabkan penderita tidak bisa makan.

Kondisi ini harus membuat penderita perlu perawatan yang sangat intensif seperti rawat inap di rumah sakit.

3. Kembung

Perut kembung bisa membuat penderita maag kronis menjadi tidak nyaman. Penyebab perut kembung ini bisa terjadi akibat adanya peradangan yang terjadi pada lambung.

Selain itu, lambung yang terlalu banyak menghasilkan asam akan membuat asam naik ke bagian perut atas. Hal ini juga bisa memicu perut kembung. Perut kembung secara otomatis akan menyebabkan perut tidak nyaman.

Bahkan gangguan lain seperti sulit buang gas dan perut perih akan membuat penderita menjadi sangat tidak nyaman.

4. Mual dan Muntah

Mual dan muntah paling sering terjadi akibat dari penyakit maag. Kondisi ini sering disebabkan karena perut menjadi lebih cepat kenyang ketika baru sedikit makan sementara itu hanya kondisi efek maag.

Penyebab sering mual dan muntah juga karena asam yang berlebihan pada lambung dan sudah naik ke perut atas. Kondisi ini akan membuat penderita tidak bisa menerima makanan dengan baik dan sering harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

5. Sendawa

Bersendawa juga paling sering terjadi pada penderita maag. Sendawa merupakan akumulasi dari perasaan penumpukan angin yang berlebihan di dalam perut.

Ketika bersendawa maka perut menjadi lebih nyaman namun juga akan memancing untuk sering bersendawa. Bahkan penyebab sering bersendawa ini sering menyebabkan mual dan muntah.

6. Berat Badan Menurun

Penderita maag kronis biasanya akan terlihat lebih kurus. Hal ini terjadi ketika maag kronis sudah membuat penderita tidak bisa makan dengan baik.

Tidak mendapatkan nutrisi yang cukup karena perut selalu menolak makanan serta tubuh yang sangat lemah. Kondisi komplikasi paling sering terjadi pada penderita maag yang membuat badan menjadi lebih kurus.

7. BAB Berdarah

Dalam kondisi yang sangat kritis maka bisa menyebabkan penderita mengalami pendarahan lambung dan usus. Pendarahan ini bisa disebabkan karena infeksi peradangan pada lambung sering menyebabkan luka pada lambung dan usus.

Jika tidak diperhatikan maka kondisi akan terus memburuk kemudian muncul darah dalam tinja. Perawatan harus segera dilakukan untuk mengatasi komplikasi yang lebih buruk seperti kanker lambung.

8. Muntah Darah

Muntah darah bisa terjadi pada penderita maag kronis yang sudah sangat buruk. Penderita mungkin sudah tidak bisa menerima makanan karena selalu merasa sakit perut, mual dan muntah berlebihan.

Lambung membutuhkan makanan untuk diserap sementara luka sudah muncul. Hal ini akan menyebabkan penderita mengalami mual dan muntah darah. Selain itu, pertanda ini bisa menjadi gejala dari kondisi yang lebih berbahaya seperti kanker lambung.

Perawatan untuk Maag Kronis

  • Perawatan untuk maag kronis harus sesuai dengan kondisi penyakit yang terjadi. Penderita maag kronis yang sudah tidak bisa mengkonsumsi makanan karena sakit perut yang parah biasanya disarankan untuk dirawat di rumah sakit. Pemberian obat dan cairan infus akan membantu tubuh untuk pulih lebih cepat.
  • Hindari kebiasan makan terlalu cepat. Lebih baik jika makan sedikit-sedikit namun sering. Perbanyak air putih setelah makan dan jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung bahaya kafein.
  • Hindari semua jenis makanan yang bisa menyebabkan iritasi perut seperti bahaya makanan pedas dan asam.
  • Hindari menggunakan obat yang bisa menyebabkan efek samping peradangan karena bisa membuat kondisi penyakit maag menjadi lebih buruk.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol karena alkohol akan menyebabkan efek yang sangat buruk untuk lambung.
  • Hindari kebiasaan merokok, karena bahaya merokok akan membuat tubuh tidak bisa menerima makanan yang baik dan meningkatkan kadar asam dalam perut.

Maag kronis masih sering dianggap sebagai penyakit yang biasa. Namun ternyata pada kondisi tertentu penyakit maag kronis bisa menyebabkan kematian dan penyakit komplikasi yang lebih buruk. Untuk mengatasi hal ini maka perawatan maag harus dilakukan dengan tepat dan menghindari semua pemicu sakit maag.
Top