6 Langkah Cuci Tangan Sesuai Standart WHO, No 5 Sering Dilewatkan

Komentar

6 langkah cuci tangan via hellosehat.com

Menjaga kesehatan merupakan kewajiban setiap orang. Salah satu caranya adalah dengan mencuci tangan. WHO juga telah menetapkan standart 6 langkah cuci tangan yang bisa kamu terapkan.

Cuci tangan adalah membasuh kedua telapak tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah melakukan tindakan dengan tujuan untuk menghilangkan kuman. Membiasakan cuci tangan sejak dini merupakan langkah awal untuk mencegah masuknya kuman dan resiko tertularnya penyakit.

Lalu, bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar agar terhindar dari kuman penyakit? Yuk simak 6 langkah cuci standart menurut WHO.

Baca Juga : Lakukan 10 Cara Sederhana Ini, Kesehatan Tubuh Kamu Pasti Terjaga dengan Baik

6 Langkah cuci tangan menurut WHO

Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman. Namun bila tidak tersedia, Anda dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60% sebagai gantinya. Kendati demikian, penggunaan hand sanitizer tidak dibenarkan jika tangan Anda terdapat kotoran yang sangat kotor dan sulit bersihkan.

Sebelum mencuci tangan, pastikan Anda memiliki sabun dan sumber air mengalir. Alirkan air terlebih dahulu, lalu letakkan sabun (dapat sabun cair atau sabun batang) pada tangan. Jauhkan tangan dari air selama mencuci tangan. Berikut 6 langkah cuci tangan menurut WHO :


ilustrasi 6 langkah cuci tangan sesuai who via khairatunnisa295.blogspot.com


  1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Setelah selesai, bilas kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih. Lakukan selama 15-30 detik. Kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau hand dryer. Anda juga dapat menerapkan langkah yang sama saat menggunakan hand sanitizer.

Mudah bukan untuk dilakukan. Sebenarnya kesadaran adalah kunci utama dalam mengaplikasikannya. Selain terlihat ribet dan terkesan sepele, kegiatan di atas berdampak cukup besar dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita tidak tahu dari mana musibah penyakit akan menyerang, dan tugas kita adalah mencegah serangan penyakit tersebut.

Baca Juga : Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Paling Tepat

Demikian informasi mengenai 6 langkah cuci tangan sesuai standart WHO yang kami ambil dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat dan kesehatan Anda selalu terjaga.
Top